Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Newsletter - Terobosan Baru !!

Tanggal: 2000-03-14
Kategori: Email

Minggu yang lalu kita telah belajar beberapa hal yang penting dalam merangkai suatu Situs Web. Mungkin anda telah mencobanya dan bisa jadi Situs anda sudah sangat bagus. Maksudnya, anda sudah cukup mampu memelihara Situs anda hingga selalu tersaji berita yang aktual bahkan mungkin anda berhasil menaikkan peringkat Situs tsb, atau Situs anda memiliki penampilan yang enak ditonton dan informatif. Hal-hal di atas sepertinya sudah memenuhi harapan anda akan sebuah Situs Web yang baik dan berhasil. Namun itu belumlah cukup. Setiap pembuat Situs pasti ingin Situsnya dikunjungi berkali-kali. Bukan sekali dan setelah itu tidak datang-datang lagi.

Untuk masalah itu, anda dapat menggunakan newsletter sebagai sarana interaksi dengan pengunjung, dengan jaminan mereka pasti memperolehnya setelah mereka mengisi buku tamu atau ajak mereka berlanggganan, hingga tiap ada sesuatu yang baru, bisa diberitahukan lewat email. Namun tentu saja tidak gampang membuat para pengunjung Situs anda bersedia mendaftar sebagai anggota Milis tersebut. Nah, ada beberapa kiat khusus dari Webmaster http://www.itjurnal.com :
(Edi Purnomo)

  1. Relevansi
    Info yang dikomunikasikan harus tetap relevan dengan visi, misi dan tujuan dari Situs yang dibuat.

  2. Manfaatkan mail software yang berfungsi otomatis Untuk menangani lalu-lintas email yang banyak jumlahnya anda tidak perlu melayani secara manual. Salah satu contohnya: setiap email yang meminta agar didaftar sebagai anggota harus segera memperoleh respon tanpa menunggu lebih lama karena harus di baca lebih dulu dan dijawab secara manual.

  3. Pertahankan penampilan yang profesional Yang dimaksud di sini adalah terlihat rapi. Tatabahasa yang terjaga, mudah dipahami secara umum. Sediakan sebuah indek dan pisahkan antara topik satu dengan yang lain, untuk memudahkan pembaca memilih. Sediakan link-link yang menyediakan informasi tambahan. Jangan lupa memberikan penghargaan atas partisipasi pelanggan.

  4. Persiapkan newsletter tsb dengan sebaik-baiknya Memang untuk ini diperlukan perhatian yang lebih dan menyita banyak waktu sebab kita sedang berusaha agar pengunjung "terikat" dengan Situs Web kita. Perlu diingat juga, pembuatan newsletter ini adalah bagian penting dari strategi untuk mempromosikan Situs anda.

Newsletter dapat menjadi penunjuk keberadaan Situs anda sekaligus indikasi seberapa jauh profesionalitas Situs anda. Dan boleh jadi itu adalah bagian dari kelebihan Situs anda dibanding Situs-situs lainnya.

Berikut ini adalah link ke beberapa Situs tentang Newsletter:

Newsletter Training
http://www.rfrankwarner.com/training.html

Ezine & Newsletter Publishing Online Education Resources
http://www.worldwidelearn.com/ezine-publishing.htm

AA! Newsgroups & Newsletter Advertising
http://www.pegasoweb.com/newsgroupletters.html

A Manager's Guide to Newsletters
http://managersguide.com

Sumber: Komputek

[Cat. Redaksi: bagi anda yang memiliki Situs Kristen dan ingin buka dan memulai newsletter/publikasi elektronik (atau forum diskusi), anda dapat menggunakan infrastruktur dan fasilitas GRATIS dari sistem I-KAN. Silakan menghubungi: I-KAN(at)xc.org ]

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org