Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Blogger, Froogler, Gmail, dan Google Groups

Tanggal: 2005-11-15
Kategori: Web

Ada beberapa Layanan Google yang lebih dari sekadar search engine. Layanan-layanan gratis ini sangat cepat berkembang. Hal ini didukung nama besar Google atau karena layanannya yang menarik. Tentu saja, gratis juga menjadi nilai tambah paling utama layanan-layanan ini.

Tidak banyak pemilik account di Blogger.Com yang menyadari bahwa Blogger.Com adalah milik Google. Cobalah Anda membuka alamat http://blog.google.com. Maka, halaman situs yang terbuka adalah Blogger.Com. Sebenarnya, hal ini sudah berlangsung lama. Tepatnya sejak awal tahun 2003 atau di usia keempat keberadaan Blogger.Com yang dibidani oleh Pyra Labs.

Beberapa fitur baru kemudian muncul, setelah perubahan kepemilikan ini berjalan setahun lebih. Tepatnya Mei 2004, Google segera merilis versi Blogger.Com terbaru dengan beberapa fitur tambahan. Misalnya adanya kemudahan update blog kapan dan di mana saja. Bahkan, update blog bisa dilakukan via e-mail. Bukan saja e-mail lewat PC atau komputer biasa, namun juga lewat e-mail yang dikirim via ponsel dan PDA. Hal ini memungkinkan, asalkan pengguna telah membuat alamat Mail-to-Blogger di halaman setting Blogger e-mail. Setelah data baru dikirim, maka Subject atau judul pesan akan menjadi judul berita dan pesan dalam e-mail menjadi isi posting dalam blog.

Ada juga fitur baru yang dihasilkan setelah Google turut serta dalam pengembangan Blogger.Com yakni penambahan template baru yang dihasilkan dari kerja sama dengan Adaptive Path serta perusahaan desain visual, Stopdesign.

Tidak ketinggalan, Google juga menyediakan Froogle -- layanan pencarian beragam produk. Situs yang menggunakan semboyan "Smart shopping through Google" ini beralamat di:
==> http://froogle.google.com Lebih dari sekedar sebuah mesin pencari produk, Froogle juga dilengkapi dengan pembanding harga dan spesifikasi masing-masing produk.

Tak kalah dengan situs-situs penyedia e-commerce, Froogle juga dilengkapi dengan berbagai fitur untuk kemudahan pemilihan produk. Mulai kategorisasi, daftar harga, hingga ke pencarian berdasarkan kategori misalnya berdasarkan range harga dan toko.

Froogle bukan hanya melayani pencari produk saja. Di sisi lain, Froogle juga membuka peluang bagi produsen untuk memajang produknya di Froogle. Tidak seperti situs etalase produk lainnya, Froogle memberikan layanan ini secara cuma-cuma. Produsen juga bisa mengawasi informasi produknya yang dipajang di Froogle. Tentu saja, produsen wajib untuk menjadi member dulu dengan membuat account di Froogle.

Layanan yang populer setelah mesin pencari, adalah GMail. Sebuah layanan e-mail tanpa bayar. Tidak tanggung-tanggung, kapasitas yang diberikan lebih dari 2 GB. Sebagai sebuah varian produk dari produsen mesin pencari, GMail dilengkapi pula dengan built-in Google search yang bisa membantu pencarian message dalam account GMail Anda. Dan juga disertai dengan link situs yang berkaitan dengan teks dalam sebuah message.

Kelebihan lain GMail adalah support POP sehingga memungkinkan user untuk mengakses Inbox dan mengirim e-mail menggunakan aplikasi e-mail client, nmisalnya Mozilta Thunderbird atau Outlook Express.

Layanan gratis lainnya adalah Google Groups -- sebuah layanan mailing list atau milis. Sebelum layanan ini keluar, kebanyakan orang masih menggunakan Yahoogroups -- sebuah Layanan mailing list dari Yahoo setelah mengakuisisi e-groups. Google Groups saat ini masih dalam versi beta dan bisa dilihat di:
==> http://groups-beta.google.com/

Bahan diedit dari sumber:
Judul Majalah: PC Media, Edisi 09/2005
Penulis : Ahmad Suwandi
Halaman : 66-67

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org