Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Situs Mesin Pencari

Tanggal: 2004-10-15
Kategori: Infonet

Pada bulan Oktober ini, topik Dunia Internet yang dibahas adalah "Mesin Pencari (Search Engine)". Sedangkan pada edisi berikutnya Redaksi akan melanjutkan dengan tulisan mengenai "Bagaimana Memasukkan Situs ke Mesin Pencari". Redaksi berharap, dua sajian ini akan dapat menolong pembaca ICW untuk tidak hanya mengenal situs mesin pencari yang saat ini sedang marak bak jamur di musim penghujan, tetapi juga agar para pembaca dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk mencari berbagai informasi ataupun bahan-bahan penting, baik mengenai kekristenan maupun umum.

Mesin pencari (search engine) merupakan senjata andalan bagi para pengguna internet yang ingin mencari berbagai bahan atau informasi yang tersebar di dunia cyber. Keberadaan mesin pencari ini menjadi sarana penuntun bagi para pengguna internet untuk menunjukkan Keberadaan suatu informasi yang mereka inginkan. Anda cukup melakukan tiga cara mudah untuk mendapatkan informasi tersebut. Buka sebuah situs search engine, ketik kata kunci, dan klik tombol untuk mencari. Setelah itu, beragam informasi ataupun bahan yang Anda perlukan sudah tersaji dan siap untuk Anda pilih, mana yang sesuai dengan keinginan Anda. Cara ini tentu saja lebih mudah dibanding jika Anda harus mencari informasi dengan membuka-buka buku yellow pages yang berisi beraneka daftar alamat internet.

Fakta bahwa mesin pencari sangat diperlukan sebagai pemandu dalam menyusuri dunia cyber inilah yang membuat beberapa situs (baik yang dikelola oleh perusahaan maupun perorangan) berlomba-lomba untuk membuat suatu mesin pencari yang terbaik. Apa yang ingin dicapai? Tentu saja untuk menjadi mesin pencari primadona bagi para pengunjung internet. Dengan kata lain, ketika pengunjung hendak mencari sesuatu, maka mesin pencari merekalah yang pertama kali dipakai.

Hanya saja, maraknya persaingan ini juga memunculkan jenis search engine yang berorientasi pada iklan. Jika Anda berusaha melakukan pencarian dengan memakai mesin pencari seperti ini, maka bersiap- siaplah untuk kecewa sebab situs-situs iklan akan selalu mendominasi pencarian Anda. Dominasi ini selalu dapat berupa diletakkannya iklan dalam jumlah yang besar di bagian paling atas, selalu muncul untuk kata kunci apa pun yang Anda masukkan, atau tidak ada perbedaan yang cukup menyolok antara iklan dengan hasil pencarian yang Anda inginkan. Keberadaan beraneka macam iklan ini tentu dapat dimaklumi sebab iklan masih menjadi sumber pendapatan utama bagi mereka yang bergerak dalam bidang layanan mesin pencari. Walaupun hampir semua situs mesin pencari kini dipenuhi dengan iklan, namun bukan berarti semua mesin pencari akan memberikan hasil yang mengecewakan seperti yang disebutkan di atas

Berikut ini, kami sajikan beberapa mesin pencari terbaik yang dapat Anda jadikan sebagai teman yang handal untuk mencari bahan-bahan maupun informasi di dunia cyber. Daftar mesin pencari ini kami sajikan berdasarkan abjad.

Alltheweb

Salah satu keunggulan Alltheweb adalah menyediakan fungsi pencarian pada server FTP. Fungsi pencarian lainnya ialah pencarian berita, gambar, video, audio, dan tentu saja pencarian halaman web. Perbedaan antara hasil pencarian asli dengan iklan yang terletak di atas hasil pencarian hanyalah dibatasi oleh sebuah garis.
==> http://www.alltheweb.com/

Altavista

Sebagai mesin pencari yang pertama kali ada, Altavista kini telah melengkapi dirinya bukan hanya sekedar sebagai pencari standar (halaman web, gambar, dan berita) melainkan juga audio dan video. Salah satu kehebatan Altavista ialah penyaringan hasil pencarian terhadap hal-hal yang berbau pornografi. Keberadaan iklan diletakkan di atas hasil pencarian dan ditandai dengan pemakaian teks berwarna.
==> http://www.altavista.com/

Excite

Excite melakukan pencarian dari beberapa mesin pencari yang telah ada kemudian menyajikan hasil yang telah disaring tersebut di Situs Excite. Pada halaman hasil pencarian, Anda justru tidak akan mendapatkan iklan, melainkan pengklasifikasian dari hasil pencarian yang terletak di samping kiri. Excite menyebutnya sebagai "Refine Your Results". Hal ini tentu saja akan menolong Anda untuk menemukan lebih cepat apa yang Anda inginkan.
==> http://www.excite.com/

Lycos

Lycos menyajikan hasil pencarian dengan mengambil data dari mesin pencari Alltheweb. Hal menarik dari Lycos adalah fungsi "Fun Search" yang lebih dikhususkan bagi kaum remaja dan 50 pencarian terbesar yang diletakkan di halaman depan.
==> http://www.lycos.com/

Google

Sebagai sebuah mesin pencari, Google menyediakan berbagai fasilitas menarik yang dapat digunakan untuk membantu pencarian. Beberapa fasilitas tersebut adalah kecepatan dalam pencarian, penerjemahan situs hasil pencarian ke berbagai bahasa utama di dunia, pencarian berdasarkan bahasa, serta sajian yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Iklan dipisahkan dari hasil pencarian dan diletakkan di bagian samping kanan. Walaupun sekarang hasil pencarian Google telah dipenuhi dengan situs spam, namun sampai saat ini, Google masih menjadi bintang mesin pencari.
==> http://www.google.com/

Yahoo

Ketika Anda memakai Yahoo sebagai mesin pencari, maka Yahoo akan menawarkan kata kunci sejenis dengan kata kunci yang Anda masukkan. Hal ini akan menolong Anda untuk melakukan pencarian dengan lebih detail. Waktu pencarian pun tidaklah memakan waktu yang lama. Adapun iklan, ditampilkan di bagian samping kanan, sama seperti Google.

Selain situs-situs tersebut di atas, masih banyak situs lain yang menyediakan fasilitas mesin pencari. Setiap situs tentu saja memiliki keunggulan dan juga kelemahan masing-masing. Oleh karena itu, search mana yang paling baik, kami serahkan pada penilaian pembaca.

[Dikumpulkan dari berbagai sumber oleh: Hardhono]

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org