Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Memasukkan Situs ke Mesin Pencari

Tanggal: 2006-10-24
Kategori: Web

Fungsi utama mesin pencari adalah mengumpulkan (meng-index) berbagai alamat situs yang ada di internet ke dalam suatu database dan menyajikan berbagai daftar situs tersebut sesuai dengan kata kunci yang sedang dicari oleh pengunjung. Hanya saja, suatu mesin pencari tidak akan melacak keberadaan situs-situs baru ataupun lama yang belum didaftarkan pada mesin pencari tersebut. Baru, setelah situs tersebut didaftarkan pada suatu mesin pencari, maka si mesin pencari tersebut akan meng-index keseluruhan isi situs berdasarkan izin yang diberikan oleh si empunya situs. Berdasarkan fakta tersebut, maka penting bagi kita untuk memasukkan situs-situs yang kita miliki jika kita ingin situs kita muncul di suatu mesin pencari.

Saat ini mendaftarkan situs ke sebuah mesin pencari sangatlah mudah. Bahkan, ada beberapa situs yang menyediakan jasa untuk mendaftarkan situs ke beberapa mesin pencari sekaligus. Ada yang gratis ada juga yang tidak. Sebelum mendaftarkan situs ke sebuah mesin pencari, ada beberapa hal penting yang perlu untuk diketahui.

Isi Situs

Adakalanya, beberapa mesin pencari menolak sebuah situs yang isinya tidak lengkap (masih banyak halaman kosong ataupun belum jadi), banyak link yang tidak berfungsi atau bahkan situsnya sudah mati. Selain itu, kualitas isi suatu situs juga dapat menentukan posisi dari situs tersebut di suatu mesin pencari.

Robots.txt

Hampir semua mesin pencari akan mencari keberadaan file robots.txt di sebuah situs yang sedang mereka index. File ini merupakan petunjuk bagi mesin pencari mengenai bagian-bagian mana saja yang boleh di-index dan bagian-bagian mana yang tidak boleh mereka ambil datanya.

Cara membuat file ini tidaklah sukar. Pertama, bukalah notepad dan tuliskan

    User-agent: *
    Disallow: admin.php
    Disallow: /images
  
Setelah itu, simpan file tersebut dengan nama robots.txt dan upload ke bagian home dari situs Anda.

Perintah "User-agent" ialah izin yang diberikan untuk suatu mesin pencari. Jika Anda memberi tanda * berarti Anda mengizinkan semua mesin pencari meng-indeks situs Anda. Adapun perintah "Disallow" berfungsi untuk membatasi akses dari suatu mesin pencari. Dengan menulis "Dissalow: nama file atau /nama folder" berarti suatu mesin pencari tidak diperkenankan meng-index bagian tersebut.

Meta Tags

Meta Tags adalah sekumpulan kode tersembunyi yang diletakkan pada bagian HEAD dari kode-kode html dalam halaman situs. Pemberian kode Meta Tags merupakan salah satu cara yang akan membantu sebuah situs agar dapat tampil dan mendapatkan rangking yang tinggi di sebuah situs mesin pencari. Namun demikian, adanya Meta Tags ini tidak menjamin situs Anda akan mendapatkan posisi utama di sebuah situs mesin pencari. Selain Meta Tags, kualitas isi situs, dan keterkaitan informasi di Meta Tags dengan isi situs menjadi beberapa syarat sebuah situs untuk menduduki posisi tinggi dalam suatu mesin pencari. Anda dapat membuat Meta Tags secara cepat dan mudah dengan memanfaatkan fasilitas Meta Tags Generator di situs:
==> http://www.submitexpress.com/metatags.html

Situs Penyedia Submit Gratis

Berikut beberapa situs yang menyediakan jasa untuk memasukkan situs Anda ke beberapa mesin pencari sekaligus.

Free search engine submission -- 1 Hit
==> http://www.1-hit.com/free-search-engine-submit.php

I Need Hits
==> http://www.ineedhits.com/add-it/free/

Submit Express
==> http://www.submitexpress.com/

Scrub The Web
==> http://www.scrubtheweb.com/addurl.html

Sebagai catatan, beberapa situs mesin pencari akan mengirimkan e-mail kepada Anda untuk konfirmasi apakah benar Anda memasukkan suatu situs ke mesin pencari mereka. Oleh karena itu, pastikan Anda juga memasukkan alamat e-mail yang benar ketika mendaftarkan situs Anda ke situs-situs tersebut.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org