Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Mengembalikan File yang Terhapus Dengan Menggunakan Pandora

Tanggal: 2012-05-28
Kategori: Pc

Dirangkum oleh: Kusuma Negara

Pernahkan Anda dengan tidak sengaja menghapus file-file (berkas-berkas) penting Anda? Atau komputer Anda terkena virus sehingga file-file tersebut hilang? Berikut adalah cara untuk mengembalikan file-file tersebut.

Langkah paling pertama, coba cari file-file Anda terlebih dahulu di Recycle Bin. Jika ada, Anda tinggal mengembalikan file tersebut dengan cara klik kanan pada file tersebut, dan pilih "restore". Namun jika ternyata tidak ada, artinya file tersebut telah terhapus permanen, dan harus menggunakan program khusus untuk mencoba mengembalikannya.

Secara teknis, file-file yang terhapus secara permanen sebenarnya belum hilang dari harddrive Anda, selama Anda belum menambahkan file baru ke komputer Anda.

Langkah-langkah yang diberikan di bawah ini adalah mengembalikan file-file yang terhapus permanen dengan program Pandora Recovery. Silakan ikuti langkah-langkah berikut: [Catatan: kunjungi URL aslinya untuk instruksi yang disertai dengan gambar].

  1. Download Pandora Recovery dari http://www.pandorarecovery.com/ dan simpan pada USB (flash disk) Anda. Ingat untuk menyimpan pada USB, bukan langsung pada komputer. Atau gunakan komputer lain untuk melakukan download, dan kopi program tersebut ke dalam USB.

  2. Pada komputer yang bermasalah, instal Pandora pada USB juga.

  3. Setelah Pandora terinstal, jalankan Pandora dari USB.

  4. Pada Pandora Recovery Wizard ini, klik "Next".

  5. Pada bagian berikutnya, Anda akan diminta untuk kembali memeriksa Recycle Bin untuk memastikan bahwa file-file Anda tidak ada di sana.

  6. Jika file-file Anda tetap tidak ditemukan, pilih "No, I did not find my files", lalu klik tombol "Next".

  7. Pilih drive tempat file-file Anda berada sebelum file-file tersebut hilang. Sebagai informasi, secara default lokasi "My Documents" ada pada drive "C:\" komputer Anda, lalu klik tombol "Next".

  8. Selanjutnya pilih "Search: I want to search for one of the following:", lalu klik tombol "Next".

  9. Pencarian akan berlangsung beberapa waktu, setelah itu hasil pencarian akan muncul.

  10. Cari file dan/atau direktori Anda yang terhapus. (Untuk memilih lebih dari satu file, tekan tombol "Control" pada mouse). Setelah file terpilih, klik kanan mouse Anda, lalu pilih "Recover To".

  11. Pilih lokasi untuk melakukan recovery (menyimpan file-file yang terselamatkan). Peringatan: Jangan memosisikan lokasi recovery pada direktori yang sama dengan lokasi asli file yang terhapus karena dapat menyebabkan file lama tertumpuk. Gunakan USB atau harddisk eksternal atau partisi yang terpisah (misal: drive D:\), lalu klik "Recover Now".

  12. Tunggu hingga proses recovery selesai.

  13. Pesan "File recovery has finished sucessfully" akan muncul setelah proses recovery selesai. Klik tombol "Close" untuk menuju lokasi file yang sudah diselamatkan, atau navigasi langsung dari Windows Explorer ke lokasi tersebut.

  14. Proses ini dapat Anda ulang untuk menyelamatkan file-file yang lain, atau Anda juga dapat memilih "Deep (Surface) Scan" untuk pencarian yang lebih detail. (Lihat poin 8).

  15. Semoga file-file Anda yang hilang dapat kembali.

Dirangkum dari:

Nama situs: SABDA Labs
Alamat URL: http://labs.sabda.org/pandora_recovery
Judul asli artikel: Pandora recovery
Penulis: Tidak dicantumkan
Tanggal akses: 27 April 2012
Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2018
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org