Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Mencadangkan Data Komputer

Tanggal: 2012-04-23
Kategori: Pc

Dirangkum oleh: Gunung, Kusumanegara

"Mencadangkan berkas data" (file backup) adalah tindakan menggandakan berkas data dari suatu media ke media yang baru, biasanya dari cakram keras (hard drive) komputer ke piringan cakram (CD) atau cakram keras yang lain. Pencadangan data perlu kita lakukan secara rutin untuk mengamankan data, terutama data-data yang berharga, yang belum dibuat salinannya (misalnya foto-foto, arsip-arsip pekerjaan, dll.), sehingga jika komputer utama kita rusak atau terkena virus, kita masih memunyai cadangan data di tempat yang lain, yang bisa kita salin kembali setelah kita memperbaiki komputer kita atau membeli komputer yang baru.

Beberapa hal yang perlu diingat ketika kita akan mencadangkan data:

1. Kumpulkan data-data penting Anda di satu direktori saja, misal: C:\Users\Saya\My Documents. Disiplin seperti ini akan sangat memudahkan Anda dalam melakukan pencadangan data, karena data Anda tidak tersebar di mana-mana.

2. Seberapa seringkah kita perlu mencadangkan data kita? Hal ini tergantung seberapa banyak data baru yang ada di komputer Anda, sejak terakhir kali Anda mencadangkan data Anda. Jadi, jika data di komputer Anda tidak pernah bertambah, atau sangat sedikit bertambah, maka mungkin satu bulan sekali saja sudah cukup. Namun, jika setiap hari selalu ada penambahan data, maka dianjurkan untuk mencadangkan data maksimal setiap 3 hari sekali.

3. Tes cadangan data Anda! Tidak ada gunanya Anda memiliki puluhan cadangan data, kalau semuanya tidak bisa diakses.

Berikut ini adalah berbagai cara untuk mencadangkan data komputer Anda.

A. Mencadangkan ke Cakram Keras Lainnya

Jika komputer Anda memiliki lebih dari satu cakram keras, ini adalah cara pencadangan data yang paling memungkinkan; karena selain cepat, juga murah (Anda tidak perlu membeli tambahan peralatan). Jika komputer Anda tidak memiliki cakram kedua, Anda masih dapat melakukan cara ini dengan membeli cakram keras eksternal, yang dijual di toko-toko komputer.

Caranya, kumpulkan data penting Anda di sebuah direktori di cakram pertama (misalnya di drive C:), dan secara rutin duplikasi direktori tersebut ke cakram kedua (misalnya di drive D:) atau cakram eksternal. Catatan: bedakan antara satu komputer dengan dua cakram keras, dengan satu komputer dengan satu cakram keras yang dipartisi (dibagi-bagi). Jika Anda tidak pasti, tanyalah kepada toko komputer Anda.

Kelebihannya, proses ini sangat mudah dilakukan, karena kedua cakram berada pada komputer yang sama. Selain itu, kapasitasnya yang relatif besar (mulai dari beberapa GB hingga beberapa TB), juga membuatnya menjadi pilihan untuk mencadangkan data-data yang berukuran besar, seperti video dan program-program komputer.

Kekurangannya, untuk satu komputer dengan dua cakram keras, data Anda masih tetap terkumpul di komputer yang sama. Jadi, problem seperti lonjakan arus listrik, bisa mengakibatkan kedua cakram tersebut rusak secara bersamaan.

B. Mencadangkan ke Cakram Optik (CD atau DVD)

Dengan makin menjamurnya drive CD dan DVD, maka walaupun Anda tidak memiliki alat penulis CD/DVD, namun kemungkinan besar ada teman Anda yang punya. Anda tinggal memasukkan CD/DVD ke alat penulis CD/DVD, kemudian dengan bantuan program khusus, seperti Nero, Anda dapat "membakar" data Anda ke keping-keping cakram optik tersebut. Kemudian untuk membaca/mengakses data yang sudah Anda cadangkan tersebut, Anda cukup dengan memasukkan CD/DVD tersebut ke alat pemutar CD/DVD di komputer mana saja seperti biasa.

Manfaatkan teknologi tersebut untuk mencadangkan data Anda; karena kelebihan-kelebihannya seperti harga yang murah (CD-R kosong kurang dari Rp 10.000 per keping), tahan lama (data di keping CD dapat bertahan beberapa tahun jika disimpan sesuai anjuran dari pabriknya), dan kapasitasnya juga cukup besar kalau hanya untuk sekadar menyimpan data-data teks (640 MB untuk CD dan 4 GB untuk DVD).

Kekurangannya adalah kecepatan penyalinan data yang agak lambat, kapasitas yang terbatas, yang tidak memungkinkan pencadangan data dalam jumlah besar, sangat mudah rusak, tergores, kotor, hilang, dan harga alat penulis CD/DVD yang mahal (saat ini sudah banyak toko komputer yang menerima servis pencadangan data ke CD/DVD).

C. Internet

Ini adalah alternatif mencadangkan data yang baru, berkat munculnya berbagai website yang menyediakan jasa penyimpanan data secara cuma-cuma di Internet, dan kecepatan internet (terutama di Indonesia) yang semakin cepat. Dengan cara ini, kita tinggal mengunggah (upload) data kita dari komputer ke situs kita (kalau kita memiliki situs sendiri), atau ke salah satu layanan situs penyimpanan data gratis, dan ketika kita membutuhkan data tersebut, kita tinggal mengaksesnya dan mengunduhnya (download) ke komputer kita.

Beberapa situs yang menyediakan penyimpanan gratis di internet antara lain:

Selain itu, ada pula situs-situs lain yang menyediakan jasa penyimpanan untuk jenis-jenis data tertentu, terutama yang berukuran kecil, misalnya video-video Anda dapat diunggah ke situs seperti YouTube atau Facebook, foto atau gambar-gambar Anda dapat diunggah ke situs Flickr atau Picasa, dan dokumen-dokumen Anda ke Google Docs.

Kelebihan: gratis, cadangan data Anda bisa diakses dari seluruh dunia (selama ada koneksi internet), dan beberapa penyedia jasa layanan menyediakan tempat penyimpanan dalam jumlah besar (hingga puluhan GB). Untuk lebih besar dari itu, biasanya Anda harus membayar biaya bulanan.

Kekurangan: lambat (tergantung koneksi Anda), tidak cocok untuk menyimpan data-data rahasia, dan untuk penyimpanan yang bukan situs Anda sendiri, data-data Anda dapat sewaktu-waktu hilang. Terlepas dari janji yang diberikan oleh penyedia jasa layanan, kita harus ingat bahwa kita menyerahkan data kita untuk disimpan oleh pihak ketiga, yang kemungkinan besar tidak kita kenal. Selain itu, beberapa situs juga akan otomatis menghapus data Anda, jika Anda tidak mengunjungi situs itu selama beberapa waktu. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati, baca kebijakan situs masing-masing, dan terutama kita harus memiliki cadangan di tempat yang lain.

Referensi:

1. OKE (Open Knowledge and Education). "Tips Backup Data Komputer". Dalam http://www.oke.or.id/2011/02/tips-backup-data-komputer/

2. Practical eComerce."15 Cloud Storage Sites. Dalam http://www.practicalecommerce.com/articles/2969-15-Cloud-Storage-Sites

3. Wikipedia, The Free Encyclopedia "Comparison of online backup services". Dalam http://en.wikipedia.org/w/index.php?oldid=486399422

4. Wikipedia, The Free Encyclopedia."Comparison of file hosting services". Dalam http://en.wikipedia.org/w/index.php?oldid=486995085

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2018
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org