Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Sepuluh Tip Menjauhi Efek Buruk Penggunaan Komputer

Tanggal: 2011-01-10
Kategori: Other

Setiap aktivitas atau pekerjaan yang kita lakukan memunyai efek buruk jika tidak dilakukan secara benar, termasuk dalam menggunakan komputer.

Penggunaan komputer yang salah bisa mengakibatkan beberapa keluhan kesehatan. Adapun keluhan kesehatan itu antara lain: mata lelah, sakit kepala, nyeri leher, dan sakit punggung. Jika masalah tersebut tidak segera diatasi, hal ini bisa semakin parah hingga mengakibatkan kerugian pada tubuh Anda.

Untuk itu, ada beberapa tip yang bisa kita lakukan untuk menghindari efek buruk penggunaan komputer, di antaranya:

  1. Pilihlah jenis monitor yang tepat. Jenis monitor tabung mempunyai radiasi yang buruk bagi mata, lebih besar daripada monitor LCD. Oleh karena itu, jika Anda sekarang masih menggunakan monitor tabung, mungkin sudah saatnya mempertimbangkan untuk beralih ke monitor LCD.

  2. Pastikan ruangan kerja Anda memunyai pencahayaan yang cukup. Ruangan yang terlalu gelap akan mengakibatkan mata cepat lelah, karena mata kita cenderung fokus pada satu sinar yang dihasilkan dari monitor saja.

  3. Atur pencahayaan monitor senyaman mungkin melalui seting yang disediakan. Pencahayaan tidak boleh terlalu terang maupun terlalu redup. Cahaya yang terlalu terang menyebabkan mata silau, sementara cahaya yang terlalu redup menyebabkan mata bekerja ekstra, sehingga mata akan cepat lelah. Solusi lainnya adalah Anda bisa menggunakan filter khusus yang bisa menyerap cahaya berlebihan dari layar monitor.

  4. Letakkan monitor pada posisi yang tepat. Artinya, posisi monitor tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah. Posisi monitor yang dianjurkan berada lebih rendah dari ketinggian mata, atau bagian tengah monitor berada antara 10 -- 23 cm di bawah mata. Dengan begitu, akan didapatkan kenyamanan pada bahu dan leher.

  5. Jagalah jarak pandangan mata Anda dengan layar monitor. Jarak yang dianjurkan berkisar antara 50 -- 70 cm.

  6. Jangan segan-segan melakukan zoom (pembesaran layar) bila obyek yang Anda kerjakan terlalu kecil. Ini dimaksudkan agar mata Anda tidak terlalu kesulitan untuk melihatnya.

  7. Biarkan mata Anda beristirahat sejenak. Mata yang terus-menerus terkena cahaya akan menyebabkan mata kering. Untuk itu, Anda disarankan sesering mungkin mengedipkan mata. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengarahkan pandangan ke arah yang jauh setiap beberapa menit. Tanaman hijau dan langit biru bisa jadi alternatif pandangan Anda agar mata rileks.

  8. Hindari menggunakan layar monitor yang mengalami gangguan, misalnya berkedip-kedip atau bergaris.

  9. Posisi tubuh harus benar. Letakkan tangan sejajar dengan lengan bawah. Posisikan bahu Anda dengan santai, usahakan kaki bertumpu pada lantai, dan sandarkan dengan tegak punggung Anda pada kursi.

  10. Lakukan peregangan, agar otot-otot pada leher, lengan, tangan, punggung, dan pinggang tidak menegang yang bisa berakibat nyeri atau pegal-pegal.

Demikian 10 tip menggunakan komputer yang bisa Anda lakukan selama bekerja. Jika sudah Anda terapkan dengan benar, semoga keluhan-keluhan yang biasa Anda alami tidak datang lagi. Selamat bekerja!

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Nama situs: Anneahira
Alamat URL: http://www.anneahira.com/penggunaan-komputer.htm
Judul artikel: 10 Tips Menjauhi Efek Buruk Penggunaan Komputer
Penulis: AnneAhira.com Content Team
Tanggal akses: 10 Januari 2011
Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org