Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Mengimpor Alamat Email Teman-Teman Anda di Facebook

Tanggal: 2010-11-22
Kategori: Web

Per November 2010, Facebook banyak dikritisi karena mereka tidak memberikan akses baik kepada pengguna Facebook maupun para pengembang aplikasi untuk memperoleh daftar alamat email teman-teman si pengguna. Di satu sisi Facebook beralasan bahwa mereka melakukan hal itu untuk melindungi penggunanya dari pihak-pihak yang mencari daftar email untuk dikirimi spam, mereka juga mengatakan bahwa layanan mereka tidak sama seperti layanan email sehingga pengguna Facebook tidak berhak untuk mendapatkan daftar email teman-teman mereka.

Di pihak lain, Google menyerukan bahwa yang dilakukan oleh Facebook tidaklah sportif. Facebook terus-menerus mengambil data berupa daftar alamat email dari Gmail dan layanan email gratis lainnya untuk semakin melengkapi jaringan sosial yang mereka ciptakan, sementara mereka sama sekali tidak menyediakan cara untuk Google dan layanan yang lain melakukan hal yang sama dengan informasi yang dimiliki Facebook.

Nah, sebenarnya ada suatu cara yang dapat kita lakukan untuk memperoleh daftar alamat email teman-teman kita di Facebook. Caranya adalah melalui Yahoo Mail. Facebook melakukan kerja sama dengan Yahoo dan Microsoft (namun tidak dengan Google) yang mengizinkan kedua raksasa teknologi itu untuk mengakses data pengguna mereka. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan daftar alamat email teman-teman Facebook Anda:

  1. Jika Anda sudah memiliki akun Yahoo Mail < nama(at)yahoo.com >, Anda dapat log masuk ke email tersebut dan langsung lompat ke langkah ke-3.
  2. Jika belum, buatlah terlebih dahulu akun email di < http://mail.yahoo.com >
  3. Jika Anda membuat email baru, Anda akan diminta untuk mentransfer daftar kontak Anda. Jika Anda sudah punya email Yahoo, masuk ke Buku Alamat (Contacts), lalu pilih impor (atau langsung ke alamat < http://address.yahoo.com/ >)
  4. Pilih "Facebook"
  5. Izinkan Facebook untuk mengekspor data ke Yahoo Mail Anda
  6. Anda akan membaca tulisan misalnya: "5000 kontak baru telah diimpor".
  7. Download daftar email teman-teman Anda dengan klik "Tools"->"Export", lalu pilih format CSV atau format lain yang Anda inginkan.

Sederhana bukan? Bagikan dengan ICW jika Anda mengetahui cara lain untuk mendapatkan daftar email teman-teman Anda atau jika Anda memiliki pertanyaan untuk tips ini melalui Facebook ICW < http://fb.sabda.org/icw > (KN)

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org