Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Memilih Situs Penyedia Blog Gratis

Tanggal: 2004-08-11
Kategori: Net

Pada ICW edisi 1020 lalu, Redaksi telah mengulas mengenai Blog. Secara ringkas, Blog merupakan suatu situs yang seringkali diidentikkan dengan diary online, di mana pemilik situs tersebut dapat dengan mudah memasukkan bahan-bahan maupun sumber informasi ke dalam situs tersebut. Sebagian besar blogger (sebutan bagi pemilik situs blog) mengisi situsnya dengan berbagai peristiwa yang pernah mereka alami atau opini mereka mengenai suatu peristiwa yang sedang terjadi. Dari fakta itulah, maka blog seringkali diidentikkan dengan diary online. Hanya saja, diary biasa selalu dijaga ketat oleh yang empunya agar tidak sampai ketahuan oleh orang lain, tetapi diary online yang satu ini justru sering diperlihatkan kepada orang lain. Ada satu kebanggaan pada para blogger, jika situs mereka dapat menarik banyak pengunjung setiap harinya dan dapat mereka update secara rutin. Penjelasan lebih lengkap mengenai Situs Blog dapat Anda baca pada ICW edisi 1020/2004 di:
==> http://www.sabda.org/publikasi/icw/1020/

Saat ini memiliki situs blog bukanlah pekerjaan yang sulit. Anda tinggal mengunjungi situs penyedia blog gratis kemudian mendaftar dengan memasukkan username, e-mail, password, dan informasi lain yang diperlukan seperti judul blog, template/design untuk blog Anda, dan alamat blog. Setelah itu Anda sudah dapat menggunakan blog tersebut. Mudah, bukan?

Selain mudah dalam mendaftar, menemukan situs penyedia blog gratis pun bukan lagi merupakan pekerjaan yang sulit. Saat ini, telah ada begitu banyak situs yang bermurah hati menyediakan layanan blog secara gratis. Namun, karena gratis, maka Anda harus merelakan tempat pada situs Anda untuk disisipi iklan dari mereka. Selain itu, dengan adanya begitu banyak situs penyedia layanan blog gratis, maka Anda harus memperhatikan beberapa faktor sebelum memutuskan untuk mendaftar ke situs mana. Jangan sampai di kemudian hari Anda menyesal karena situs tersebut tidak memiliki fasilitas yang Anda kehendaki atau lebih gawat lagi situs tersebut mulai menarik bayaran untuk semua anggotanya.

Setidak-tidaknya ada 4 hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mendaftar ke situs penyedia blog gratis. Keempat hal tersebut adalah:

1. Pengalaman Situs

Banyak sekali situs yang juga ikut menyediakan jasa blog secara gratis. Namun, setelah berjalan beberapa waktu situs tersebut mulai menarik bayaran bagi para anggotanya. Biasanya alasan yang diajukan adalah masalah biaya kelangsungan situs dan agar mereka dapat memberikan yang terbaik bagi anggotanya. Selain itu, ada juga beberapa situs yang kelihatannya bagus, tetapi seringkali bermasalah ketika user mencoba untuk mengaktifkan beberapa fungsi di dalamnya. Oleh karena itu pengalaman suatu situs penyedia blog gratis merupakan hal mutlak yang tidak dapat Anda lewatkan. Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah situs tersebut telah memiliki pengalaman yang cukup dalam urusan blogging ialah dengan bertanya kepada para blogger atau melihat seberapa banyak blogger pemakai situs tersebut.

2. Kemudahan Mengubah Desain

Kemudahan tampilan/desain menjadi salah satu syarat wajib bagi situs penyedia blog gratis karena selain melalui tulisan beberapa blogger juga sering mengekspresikan diri mereka melalui tampilan situs. Bagi mereka yang paham dalam membuat situs, mengganti tampilan situs blog tidaklah menjadi suatu perkara yang rumit. Namun, bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki pengalaman membuat situs? Hal inilah yang kemudian mendorong penyedia blog gratis menyediakan template untuk situs blog anggotanya. Anda tinggal memilih template yang Anda inginkan dan melakukan settingan seperlunya. Sebagai catatan, tidak semua blogger senang mengganti-ganti tampilan Situs Blog mereka. Mereka lebih memilih situs mereka tampak sederhana, namun memiliki isi yang berkualitas.

3. Fasilitas Umpan Balik

Yang dimaksud ialah fasilitas yang memungkinkan pengunjung menghubungi pemilik situs atau meninggalkan pesan pada blog. Adanya umpan balik (pesan) dari pengunjung ini tentunya dapat membantu pemilik situs untuk memperbaiki isi situs agar semakin memikat. Keuntungan lain dari fasilitas umpan balik ini ialah sebagai sarana untuk berinteraksi antara pemilik situs dengan pengunjung maupun antar pengunjung itu sendiri. Beberapa fasilitas umpan balik yang sering ditemui pada blog adalah: Comment (komentar) yang biasa ditemukan pada setiap postingan, Tagboard/Shoutbox atau Chatting Box yang menjadi sarana bagi pengunjung untuk meninggalkan pesan mereka, dan Guest Book atau Buku Tamu.

4. Sindikasi

Sindikasi merupakan sebuah teknologi dalam dunia cyber yang akan memberitahukan kepada pengunjung kapan suatu situs di-update. Saat ini banyak blog menawarkan teknologi RSS (Really Simple Syndication) sebagai salah satu alat sindikasi. Dengan menggunakan piranti lunak yang dinamakan RSS, pengunjung tidak perlu susah-susah tiap hari mengunjungi blog favoritnya untuk mengetahui apakah ada posting baru yang masuk. Mereka cukup memasang agregator RSS tersebut pada situs mereka. Teknologi lain yang juga sering dimanfaatkan untuk sindikasi adalah e-mail. Dengan mendaftarkan diri pada blog, e-mail akan dikirim pada pengunjung tiap kali pemilik blog meng-update Situs Blognya.

Contoh Situs Penyedia Layanan Blog Gratis

Beberapa situs penyedia layanan blog gratis yang layak Anda coba:

  1. Blogger
    ==> http://www.blogger.com/
  2. Blogdrive
    ==> http://www.blogdrive.com/
  3. Blog-City
    ==> http://www.blog-city.com/
  4. TBlog
    ==> http://www.tblog.com/

[Dari berbagai sumber]

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org