Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Melindungi Diri Anda dari Spyware

Tanggal: 2005-05-27
Kategori: Net

Spyware atau adware merupakan aplikasi parasit yang terinstal diam- diam bersama dengan software free atau ad-sponsored yang telah Anda download. Spyware dan adware yang lebih ramah hanya memonitor dan mencatat situs yang Anda kunjungi sehingga pemasang iklan dapat mengetahui kebiasaan browsing pengguna mereka dan mencoba memfokuskan usaha marketing mereka. Namun, banyak spyware yang lebih dari mencatat, karena mereka sebenarnya juga memonitor penekanan tombol dan menangkap password dan fungsi lainnya.

Bagaimana Anda melindungi diri Anda dari program kecil yang membahayakan ini? Berikut adalah lima langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari dan jika tidak menghindari, paling tidak mendeteksi dan menghapus program tersebut dari sistem Anda:

1. Perhatikan di mana Anda men-download

Program jahat seringkali datang dari situs jahat. Jika Anda mencari program freeware atau shareware untuk keperluan tertentu, cobalah untuk mencari di situs terkenal seperti tucows.com atau download.com.

2. Baca EULA (End User License Agreement)

Ini merupakan "omong kosong" yang terdapat di dalam kotak di atas tombol radio "No, I do not accept" atau "Yes, I have read and accept the terms". Sebagian besar orang menganggap ini gangguan dan mengklik "yes" tanpa membaca kata-katanya. EULA merupakan perjanjian hukum yang Anda buat bersama vendor software. Tanpa membacanya, Anda mungkin tanpa sadar setuju untuk menginstalasi spyware atau berbagai hal yang mungkin tidak berguna untuk Anda. Kadang-kadang, jawaban yang terbaik adalah "No, I don`t accept".

3. Baca sebelum Anda Mengklik

Kadang-kadang, pada waktu mengunjungi situs web muncul kotak teks. Seperti EULA, banyak user menganggapnya sebagai gangguan dan mengklik begitu saja supaya kotak tersebut hilang. User akan mengklik "Yes" atau "OK" tanpa berhenti dulu untuk melihat pertanyaan di kotak tersebut yang berbunyi "Would you like to install our spyware program?" Perlu diakui bahwa sebagian besar mereka umumnya tidak memberitahukannya secara langsung, tetapi itulah alasan mengapa Anda harus meluangkan waktu untuk membaca pesan tersebut sebelum mengklik "OK".

4. Lindungi Sistem Anda

Entah bagaimana software antivirus telah salah diartikan sekarang ini. Virus tidak lain adalah bagian kode dari program yang dijauhkan dari Anda. Antivirus telah diperluas ke worm, trojan, eksplotasi kelemahan, lelucon dan tipu daya, dan bahkan spyware dan adware. Jika produk antivirus Anda tidak mendeteksi dan memblokir spyware, coba gunakan AdAware Pro yang akan melindungi komputer Anda dari spyware atau adware secara real time.

5. Scan Sistem Anda

Bahkan dengan antivirus software, firewall, dan protektor lainnya beberapa spyware atau adware pada akhirnya dapat menyusup ke sistem Anda. Produk seperti AdAware Pro akan memonitor sistem Anda secara real time untuk melindunginya, tetapi ada biaya yang harus dikeluarkan. Untuk itu, Lavasoft juga mempunyai versi gratis yang bisa Anda peroleh di:
==> http://www.lavasoft.com
Pilihan lain adalah Spybot Search Destroy yang juga tersedia gratis dan dapat Anda download di:
==> http://www.safernetworking.com

Bahan diedit dari sumber:
Judul Majalah: PC Media, Edisi April 2005
Judul Artikel: Melindungi Diri dari Spyware
Penulis : Gunung Sarjono
Halaman : 92

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org