Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Koneksi Internet Via Radio

Tanggal: 1999-08-24
Kategori: Infonet

Mungkin anda hobi berlama-lama di depan komputer untuk akses ke internet, tapi tanpa sadar anda sudah mengeluarkan biaya yang... membuat kita terkejut. Lalu, adakah alternatif baru untuk sedikit menghemat biaya saat kita akses di internet?

Jika anda ingin akses internet dengan biaya relatif murah anda dapat mencoba salah satu teknologi koneksi baru, yakni teknologi Radio Paket. Teknologi ini setara dengan koneksi internet via telepon, sama-sama menggunakan ISP (ISP khusus untuk Radio yang berfungsi sebagai penghubung/gateway ke internet), modem dan transceiver. Bedanya adalah Radio Paket memakai modem (dengan kecepatan 300bps, 1200bps atau 9600 ke atas) yang menggunakan media udara dan tranceiver yang mudah didapat dan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan modem biasa. Tranceiver-nya bisa memakai Radio HT (Handy Talky) biasa. Melalui Radio Paket anda dapat menjalankan beberapa aplikasi antara lain: electronic mail, news, transfer file dan telnet. Kemampuan masing-masing aplikasi tergantung dari kecepatan transfer data dari modem dan radio yang digunakan. Ada beberapa keuntungan bila anda akses dengan cara ini, diantaranya adalah:

  1. Jika anda sudah menjadi anggota Radio Amatir (ORARI) tentu saja jalur komunikasi yang anda gunakan untuk berkomunikasi Radio Paket ini adalah jalur yang selama ini anda gunakan di ORARI. Jadi tidak ada biaya per pulsa atau semacamnya. Tentu saja dengan teknologi ini anda akan memperoleh keuntungan karena biayanya jauh lebih murah daripada interlokal telepon.
  2. Tidak ada keharusan untuk tergantung pada perusahaan jasa telekomunikasi yang ada di Indonesia.
  3. Biaya operasional yang jauh lebih murah daripada menyewa leased line telepon 24 jam,
  4. Hardware, software, dan dokumentasi praktis terbuka dan sebagian bahkan dapat diperoleh cuma-cuma.
  5. Secara teknologi, Radio Paket memungkinkan untuk bekerja pada kecepatan tinggi sekali (beberapa Mbps) dengan biaya yang sangat murah.
  6. 6
  7. Jarak jangkauan sangat relatif, sebagai gambarannya frekuensi 100 MHz-400 MHz bisa menjangkau jarak sampai dengan 100-200 km (dipermukaan bumi), 3-30 MHz bisa menjangkau jarak ribuan Km. Salah satu teknik yang digunakan untuk memperpanjang jarak adalah memanfaatkan satelit PALAPA atau menggunakan node Radio Paket sebagai relay.
  8. Radio Paket dapat berdampingan dengan hampir semua jenis media komunikasi. Radio Paket bisa bekerja sama dengan ISDN, Ethernet (10 Mbps), telepon (s/d 19,2 Kbps), satelit, kabel serial dan Novell Netware. Untuk komputer sementara ini sebatas PC. Sebenarnya UNIX lebih bagus karena menggunakan TCP/IP. Untuk PC-LAN yang menggunakan Novell Netware versi 3.xx ke atas mempunyai fasilitas untuk berbicara dengan jaringan komputer TCP/IP.

Radio Paket di Indonesia masih terus berkembang dan jaringan Radio Paket ini akan terus berkembang dengan bertambahnya paket radio- Internet gateway di setiap kota di Indonesia. Apabila makin banyak orang menyediakan gateway seperti ini maka makin banyak orang mendapatkan koneksi yang murah, dan makin banyak orang yang belajar, dan jaringan radio paket akan lebih berkembang lagi. Salah satu perkembangan jaringan Radio Paket adalah penggunaan kartu suara sebagai modem radio. Hanya dengan menjalankan program yang diperlukan, kartu suara yang ada pada komputer anda dapat dijadikan modem Radio Paket dengan dua kecepatan, yaitu 1200bps dan 9600bps. Penggunaan modem kartu ini diperkirakan akan memacu perkembangan dan popularitas jaringan Radio Paket. Di bawah ini ada beberapa alamat yang dapat anda kunjungi bila anda memerlukan informasi lebih jauh lagi tentang perkembangan Radio Paket di Indonesia.

INFORMASI AKSES INTERNET VIA RADIO PAKET
http://www.lp.itb.ac.id/~ycldav/ham/ybnet.htm
http://www.tapr.org

VENDOR PENYEDIA MODEM RADIO
http://www.paccomm.com
http://www.katronics.com
http://hydra.carleton.ca

Dari berbagai sumber.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org