Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Perangkat Lunak Filter

Tanggal: 1999-08-18
Kategori: Other

Anda sangat ingin mendampingi anak anda saat berinternet, tapi banyak tugas dan kegiatan yang menanti anda setiap hari. Kondisi ini mendorong beberapa perusahaan software mengeluarkan suatu Perangkat Lunak Filter yang berfungsi sebagai "pengaman" bagi anak-anak yang berselancar di internet tanpa didampingi oleh orang tua maupun pengajar mereka. Meskipun diproduksi secara komersil perangkat ini sangat membantu kita dalam mengawasi dan membatasi mereka saat ber-internet.

Cara kerja dari masing-masing perangkat berbeda-beda, tapi pada dasarnya semua perangkat berfungsi sama. Cyber Snoop dari Pearl Software dengan otomatis bekerja bila komputer terkoneksi dengan internet. Cyber Snoop bekerja dengan memonitor setiap aktifitas yang dikerjakan anak saat mereka menjawab e-mail, mengunjungi Situs, ataupun melakukan chatting. Cyber Snoop akan melacak tempat-tempat mana saja yang sedang dikunjungi. Hasil pelacakan ini oleh Cyber Snoop disusun pada suatu list/daftar sehingga orang tua maupun pengajar dapat mengevaluasi/memeriksa apa saja yang dikerjakan anak-anak selama ber-internet. Cyber Snoop juga membantu orang tua dan pengajar untuk memilah atau memisahkan alamat-alamat yang tidak tepat untuk anak-anak. Selanjutnya Cyber Snoop dapat diprogram untuk menyeleksi atau bahkan membatasi semua kemampuan Internet untuk akses di tempat-tempat tsb.

Selain Cyber Snoop, Net Nanny juga merupakan perangkat lunak alternatif untuk filtering. Di samping menerima "bad list" dari orang tua, Net Nanny juga memiliki list sendiri dan list itu di perbarui secara berkala. Anda tinggal men-download list dari Situs Web Net Nanny, lalu mengimportnya ke Net Nanny anda. Berbeda lagi dengan Cyber Patrol. Perangkat ini bekerja melalui beberapa cara seperti membatasi waktu akses anak-anak, membatasi situs yang dikunjungi dengan memeriksa keyword, dan mencegah anak-anak memberikan terlalu banyak informasi.

Bagaimanapun istimewanya, perangkat-perangkat diatas juga tidak dapat lepas dari keterbatasan. Tapi paling tidak perangkat- perangkat ini dapat menghindarkan anak-anak berkunjung ke Situs- situs yang negatif/keras, mengawasi aktifitas chatting anak-anak, memperkecil kemungkinan masuknya "Cyber Stranger" maupun "Cyber Criminal", dan banyak hal negatif lainnya. Setiap usaha maupun jerih payah dari sang pembuatnya tentu tidak akan sia-sia. Anda dapat mengunjungi beberapa Situs Web yang mengulas perangkat- perangkat ini dengan lengkap di alamat-alamat berikut:

Cyber Snoop http://pearlsw.com/csnoop3/snoop.htm

Net Nanny http://www.netnanny.com

Cyber Patrol http://www.cyberpatrol.com

Child Protection Net Tools http://www.livjm.ac.uk/~mccscubi/student98a/mccaobee6.html

/viTinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org