Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Banner ADS

Tanggal: 1999-05-04
Kategori: Web

Banner ads merupakan alat yang paling efektif untuk meningkatkan kepopuleran Situs Web. Anda dapat menggunakan fasilitas 'Banner Exchange' semacam 'Link Exchange (LE)'. Cara kerja LE adalah sbb: anda harus memasang banner yang disediakan oleh LE. Setiap kali Situs Web anda menampilkan 2 banner LE maka banner anda akan ditampilkan satu kali ke Situs Web yang lain. Anda bisa memilih kategori banner yang ditampilkan di Situs dan juga bisa mengatur banner anda ditampilkan di kategori tertentu. Jika anda mempunyai anggaran iklan yang besar, anda dapat menggunakan 'Banner Ads' dari Situs terkenal semacam Yahoo, Geocitites dan lainnya.

Berikut ini adalah rate 'Banner Ads' yang ada disejumlah Situs terkenal. Geocitites , penyedia layanan situs gratis, menarik minat 90 juta pengunjung dan 574 'page view' tiap bulan. Sementara itu, Yahoo , adalah 'Web Directory' terbesar di dunia. Sedangkan Windows 95 , situs yang menyediakan bermacam-macam software Windows memiliki 250.000 pengunjung tiap hari, 7-8 juta hit (akses) setiap hari.

Anda juga dapat menggunakan agen 'Banner Ads' semacam ValueClick, FlyCast, Safe Audit, dll. Langkah efektif berikutnya adalah melalui 'Doorway Search Engine'. Situs Web anda akan meningkat tajam trafiknya jika anda mempunyai rangking 1-30 pada 'Search Engine' dengan keywords tertentu. Caranya?

  1. Membuat 'Link Web' sebanyak mungkin.
  2. Populerkan Situs Web anda ke sejumlah newsgroup atau milis.
  3. Jika perlu Situs Web anda membagi hadiah tertentu semacam kaos atau cindera mata atau 'free service'.
  4. Publikasikan Situs Web anda ke surat kabar melalui fasilitas paket e-mail. Beberapa layanan menyediakan fasilitas untuk mengirimkan posting anda ke ratusan ribu mail.

Omong-omong, bagaimana sih kriteria Situs Web yang baik itu? Situs Web dapat dikatakan memiliki kriteria yang baik apabila:

  1. Cepat untuk download. Karena itu, hindari penggunaan gambar/ image yang tidak perlu. Bila dapat, gambar/image tersebut digantikan text.
  2. Untuk Situs yang memiliki lebih dari 200 halaman diperlukan mekanisme "search" yang baik.
  3. Punya struktur yang baik dan navigasi yang mudah.
  4. Sedapat mungkin menghindari scrolling.
  5. Isi informas adalah 'raja'.
  6. Perlu pikirkan penampilan pertama Situs Web anda.
  7. Usahakan desain standar untuk Situs Web anda.

Termasuk baikkah Situs Web anda? Kalau memang minat, mengapa anda tidak mencoba Banner Ads atau ikuti milis e-WebAuthor yang khusus membicarakan masalah desain Situs Web.

Sumber: Tabloid "KOMPUTEK" No. 108 Minggu II April 1999 dengan modifikasi seperlunya.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2018
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org