Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Blogging di Ponsel

Tanggal: 2006-07-13
Kategori: Web

Pernah mendengar istilah blog? Atau Anda sendiri adalah seorang blogger? Weblog (dari kata web dan log) atau blog adalah suatu website yang diisi atau di-posting secara teratur lalu ditampilkan dengan posting-an terbaru diletakkan di bagian paling atas. Si pemilik atau pengisi blog biasa disebut blogger. Isinya umumnya catatan-catatan harian atau catatan dengan topik khusus yang diminati blogger tersebut.

Berminat menjadi blogger? Anda hanya perlu masuk ke internet supaya bisa mengakses layanan blog atau web hosting yang kini sudah banyak tersedia. Tapi bagaimana kalau Anda kebetulan sedang berada jauh dari PC (Personal Computer) yang berinternet padahal ingin segera menumpahkan unek-unek? Pakai saja ponsel.

Berkat statusnya yang mobile, ponsel merupakan perangkat yang sangat sesuai untuk ber-blogging-ria. Apalagi fitur kamera juga diadopsinya. Jika ada obyek yang menarik, tinggal jepret saja lalu langsung posting di blog.

Berikut ini beberapa layanan mobile blog.

Pyra Labs

Layanan ini bersaudara dengan situs blog beken www.blogger.com. Selain mem-posting via Internet di PC, para bloggernya bisa mengirimkan teks atau foto melalui MMS atau e-mail ke <go(at)blogger.com>. Secara otomatis, posting-an baru ini akan dimuat di blog mereka. Layanan ini tidak mengenakan tarif apa pun, sehingga pelanggannya hanya perlu membayar tarif MMS dan internet standar dari operator.

Tidak sekadar gambar, blogger juga bisa melakukan posting suara (AudioBlogger) dengan cara menelepon nomor tertentu dan meninggalkan pesan yang kemudian akan diposting dalam bentuk file MP3. Sayang, layanan ini baru berlaku untuk pelanggan operator di Amerika Serikat.

WaveMarket

Lewat aplikasi bernama StreetHive, blogger bisa mengetahui siapa saja yang sedang aktif, mencari mereka di peta, serta meninggalkan pesan atau foto di tempat-tempat menarik yang telah dikunjungi. Jadi, dengan melihat-lihat peta blogger akan mengetahui siapa pergi ke mana, mengecek lokasi-lokasi favorit, apa saja komentar mengenai tempat tersebut, hingga membaca curhat sesama blogger. Untuk melakukan semua aktivitas ini via ponsel, WaveMarket menyediakan fitur StreetHive Mobile.
==> http://streethive.com

Sony Ericsson

Berkolaborasi dengan Google, pada bulan Februari 2006 lalu Sony Ericsson mengumumkan rencananya mengintegrasikan fitur "web search" dan Blogger milik Google ke ponselnya. Aplikasi semacam ini disebut- sebut baru pertama kali dirilis di dunia. Handset Sony Ericsson yang bakal mengadopsi fitur ini adalah ponsel 3G K610-nya, seri K800, dan K790.

Nokia

Sejak tahun 2004, vendor asal Finlandia ini sebenarnya `telah merilis software bernama Lifeblog yang akan menyinkronkan pesan, gambar, serta klip video dan audio yang ada di ponsel ke PC atau sebaliknya secara mudah dan cepat. Proses ini bisa dilakukan via kabel data, inframerah, atau Bluetooth. Di PC maupun di ponsel, Lifeblog kemudian secara otomatis akan mengatur semua file tersebut berdasarkan kronologinya sehingga asyik untuk dinikmati. Pengguna juga bisa mengedit atau mengirimkan file tersebut lewat e-mail atau mem-posting-nya ke weblog via ponsel.

Tertarik? Saat ini, baru beberapa ponsel Nokia saja yang bisa men- download-nya yakni seri 7610, 6682, 6681, 6680, 6670, 6630, 6260, dan 3230, juga Nokia seri N (N70, N71, N80, N90, N91, N92). Lifeblog versi 2.0 bisa diunduh secara gratis di situs nokia di:
==> http://www.nokia.com/lifeblog.

IM3

Indosat telah merilis layanan moblog bagi pelanggan IM3-nya yang diberi nama M3-Blog. Aplikasi ini tidak jauh beda dengan layanan blog pada umumnya. Tapi selain memiliki URL (Uniform Resource Locator) pribadi sesuai keinginannya, pelanggan juga boleh mempunyai maksimal 5 blog yang berbeda dengan satu account login yang sama.

Tapi hal yang paling menarik dari layanan ini, yaitu alternatif aksesnya. Selain lewat web, pelanggan IM3 juga bisa mengisi blog-nya via WAP atau SMS. Jadi, ada tiga pilihan jalur yang bisa dimanfaatkan, yakni GPRS, SMS, dan MMS. Untuk bergabung, pelanggan IM3 mesti mendaftarkan diri dulu sebagai anggota IM3-access, lalu melakukan login ke M3-Blog.
==> http://blog.m3-access.com

KC/SINYAL

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org