Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Halaman Pertama yang Menarik

Tanggal: 2005-04-21
Kategori: Web

Halaman pertama situs yang Anda buat seringkali menjadi kontak pertama antara pengunjung dan situs Anda. Halaman pertama situs yang menarik menjadi salah satu faktor penting untuk mengubah sikap pengunjung yang hanya sambil lalu menjadi pengunjung tetap.

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menarik minat pengunjung terhadap situs Anda.

1. Jagalah Kesadaran para Pengunjung

Beberapa situs menyia-nyiakan ruang yang berharga di halaman pertama situs mereka dengan ucapan selamat datang dari pimpinan atau pernyataan tentang visi dan misi yang tak berkesudahan -- kadang- kadang keduanya -- sehingga membuat para pengunjung bosan untuk membacanya. Namun, pernyataan tentang visi dan misi Anda dapat menjadi berguna dalam satu hal. Gunakan itu untuk menyaring maksud tujuan situs Anda menjadi sebuah pernyataan yang menggugah yang mengandung beberapa kata kunci penting. Kemudian buatlah satu baris kalimat yang tampak menonjol pada halaman pertama situs Anda.

Gunakan pernyataan tersebut untuk menggelorakan minat para pengunjung Anda dan anjurkan mereka untuk membaca tulisan selanjutnya yang ada di halaman depan situs Anda untuk melihat dengan dengan lebih teliti apa yang sebenarnya Anda tawarkan.

2. Buatlah dengan Singkat dan Sederhana

Para pengunjung menginginkan informasi berguna yang dapat digunakan dengan segera. Para pengunjung memiliki harapan yang berbeda ketika mereka membaca secara online dengan ketika membaca halaman-halaman tercetak. Mengingat membaca secara online itu lebih melelahkan, maka sebaiknya buatlah halaman pertama dengan ringkas (kecuali bila menampilkan informasi umum) namun berisi berbagai link untuk informasi penting.

3. Mana yang Harus di-Klik -- Buat Mudah secara Visual

Dapat dimengerti, sistem navigasi yang mudah dilihat sangat penting karena para pengunjung tidak senang jika harus tersesat di sebuah situs. Para pengunjung yang frustrasi akan pergi dan tidak akan pernah kembali lagi.

Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk memastikan bahwa hal ini tidak terjadi pada situs Anda:

a. Navigasi yang Mudah Diakses Aturlah navigasi sedemikian rupa sehingga mudah untuk ditemukan dan juga diakses. Navigasi dengan menu-menu gambar atau JavaScript akan berfungsi dengan baik selama Anda selalu memasukkan navigasi teks dengan baik. Keyboard shortcuts juga sangat berguna bagi para pengunjung yang menggunakan navigasi keyboard daripada menggunakan mouse. Hanya perlu diingat tidak semua browser dapat menjalankan perintah javascript, hover, atau flash. Oleh karena itu pertimbangkan kembali jika Anda ingin mengunakan script tersebut. Atau Anda juga dapat menaruh navigasi lainnya dalam bentuk text biasa, selain dalam bentuk javascript.

b. Fungsi Pencari Para pengunjung akan senang jika dapat menemukan situs yang menyediakan fungsi pencarian untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Untunglah, Anda tidak perlu menjadi ahli kode untuk membuat mesin pencari bagi situs Anda. Terdapat beberapa situs yang menyediakan jasa mesin pencari khusus bagi situs Anda baik yang gratis maupun tidak. Situs tersebut antara lain:
==> http://www.google.com
==> http://www.freefind.com

c. Peta situs Ini adalah hal yang mutlak untuk situs-situs yang luas dan kompleks, namun, hal ini seringkali membantu bagi situs-situs kecil yang mencakup berbagai macam topik atau yang struktur pengorganisasiannya tidak jelas. Selain itu, spider dari mesin pencari (Google, Yahoo, MSN, dll) juga menyukainya karena peta situs akan membantu mereka untuk mengindeks seluruh situs.

Navigasi situs Anda harus mudah dilihat. Anda hanya akan membuang waktu untuk memikat para pengunjung dengan info yang memikat di halaman utama situs web Anda jika mereka tersesat ketika sedang mencoba untuk belajar lebih jauh.

4. Dapatkan Kepercayaan Mereka

Para pengunjung tidak dapat melihat Anda. Mereka mungkin tidak akan pernah bertemu Anda secara langsung, atau bahkan tidak pernah berbicara dengan Anda melalui telepon. Ini berarti mereka harus merasa nyaman dengan situs Anda sebelum mereka percaya kepada Anda. Bagaimana mereka mau melakukan apa yang Anda inginkan melalui situs Anda jika mereka sudah tidak percaya dengan situs Anda?

5. Jangan Rusak apa pun

Pastikan halaman pertama situs Anda harus tampil semuanya sewaktu para pengunjung me-loading-nya. Anda boleh memiliki animasi Flash yang paling keren, namun jangan berharap para pengunjung akan mendownload plug-in-nya hanya untuk melihat animasinya. Hal ini dapat terjadi karena tidak semua browser mendukung animasi flash. Jika Anda benar-benar ingin membuat halaman situs Anda tampak bagus, hindarilah penggunaan teknologi-teknologi tercanggih. Kecuali jika target pengunjung situs Anda adalah mereka yang telah memiliki seluruh perangkat canggih untuk membuka situs.

Sebagian besar dari pengunjung hanya ingin melihat halaman situs yang cepat dibuka, tampak menarik, dan berisi informasi yang berguna. Untuk dapat memenuhi kriteria ini, maka Anda dapat menjalankan 3 hal sebagai berikut:

1. Pilih Warna yang Tepat

Kombinasi warna yang tepat membuat kontras dan menegaskan poin-poin penting. Hindari perpaduan antara warna merah/hijau -- warna-warna ini bermasalah bagi para pengunjung yang buta warna. Warna-warna link standar membuat navigasi menjadi lebih mudah.

2. Gunakan Gambar-gambar dengan Bijaksana

Pastikan apakah gambar-gambar yang ada benar-benar meningkatkan tujuan dari situs Anda. Kebanyakan para pengunjung ingin membaca informasi, bukan melihat gambar-gambar indah yang hanya menambah waktu download yang tidak diperlukan saja. Optimisasi gambar-gambar Anda dengan menggunakan software untuk meng-edit gambar seperti Adobe Photoshop.

3. Perbaiki Kesalahan-kesalahan

Perhatikan setip kode HTML yang Anda gunakan, sebab kesalahan pemberian kode html yang sederhana pun dapat merusak halaman Anda. Browser Netscape tidak dapat menampilkan table sama sekali jika Anda lupa menutup tag tablenya. Untuk mengecek apakah kode HTML Anda sudah benar atau tidak, gunakan fasilitas yang tersedia di situs Anybrowser
==> http://www.anybrowser.com/
Ini akan memberitahu Anda jika terdapat masalah-masalah yang terjadi pada kode dan bahkan memperbaiki kode Anda.

Para webmaster pemula menghabiskan banyak energi, mencoba untuk memikat para pengunjung. Sayangnya, beberapa tidak memperhatikan apa yang para pengunjung lihat sewaktu mereka membuka situs. Ya, Anda pasti ingin mengundang para pengunjung datang ke situs Anda, tapi yang lebih penting, Anda ingin mereka tetap berada di situ dan menjadi pelanggan Anda.

Halaman depan situs web Anda adalah garda depan Anda. Buatlah se-informatif mungkin dan menimbulkan rasa ingin tahu.

Sumber diedit dari:
Sumber : http://www.bjoconsulting.com/artikel/cm/frontpage.htm
Penulis : Bob Julius Onggo
Judul Asli : Membuat Halaman Pertama Situs Web Membangkitkan Minat
Pengunjung

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org