Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | 2018 (0 edisi) | 2019 (0 edisi) | 2020 (0 edisi) | 2021 (0 edisi) | 2022 (0 edisi) | 2023 (0 edisi) | 2024 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383


ICW -- Teologia
Edisi 1216/Juni 2013 Vol. 15

DAFTAR ISI
ULASAN: DELAPAN SITUS SEPUTAR TEOLOGIA
APLIKASI: SOFTWARE SABDA
MULTIMEDIA: APA ITU TEOLOGI PERJANJIAN LAMA?
STOP PRESS: PEMBUKAAN KELAS PESTA GURU SEKOLAH MINGGU (GSM) PERIODE JULI/AGUSTUS 2013

Sahabat ICW,

Teologi merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan
Tuhan dan agama. Dengan mempelajari teologi, kita bisa belajar dan mengenal siapa Tuhan itu. Dalam edisi kali, ICW menyajikan ulasan situs-situs yang memuat bahan-bahan mengenai topik teologi. Melalui situs-situs yang kami ulas ini kiranya bisa menambah pengetahuan Anda, terutama yang berkaitan dengan Tuhan, dan memberikan sesuatu yang berguna bagi kehidupan Anda.

Selamat berselancar.

Pemimpin Redaksi ICW,
Gunung gunung@in-christ.net
< http://icw.sabda.org >


ULASAN: DELAPAN SITUS SEPUTAR TEOLOGIA

1. PESTA: http://www.pesta.org/

Situs PESTA (Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam) memiliki visi untuk memperlengkapi orang Kristen awam dengan pendidikan teologi agar mereka semakin memahami panggilan hidup mereka sebagai orang Kristen yang ditempatkan Tuhan dalam dunia pekerjaan di mana mereka berada. Oleh karena itu, situs ini menyediakan banyak modul kursus pelajaran teologi yang bisa Anda dapatkan dengan gratis. Modul-modul kursus tersebut bisa Anda unduh dalam bentuk HTML, TEXT, maupun PDF. Selain itu, Anda juga bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti kelas kursus yang dibuka dalam PESTA ini. Untuk mendaftar kursus, caranya sangat mudah. Anda tinggal mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan dan mengirimkannya. (Gunung)

2. SOTERI: http://www.reformed.sabda.org/

SOTERI (Situs Online Teologi Reformed Injili) merupakan situs yang berisi tentang kumpulan artikel, yang dibagi ke dalam empat kategori utama. Kategori tersebut meliputi Biblika, Sistematika, Praktika, dan Historika. Selain kategori utama tersebut, ada beberapa kategori lainnya yaitu Artikel, Renungan, dan Buku.
Untuk kategori artikel, berisi artikel-artikel yang diringkas maupun disadur dari buku atau majalah. Dalam kategori buku, Anda bisa membaca buku karya Pdt.
Dr. Stephen Tong dengan judul "Gerakan Reformed Injili: Apa? dan Mengapa?", dan
"Enam Belas Dokumen Dasar Calvinisme". (Gunung)

3. TOP Reformed: http://reformed.co

Situs TOP Reformed merupakan situs yang menyajikan informasi seputar bahan-bahan tentang gerakan Reformed yang berupa situs-situs Reformed serta sumber-sumber bahan Reformed lainnya. Situs ini menjadi salah satu situs yang terpercaya memuat bahan-bahan yang berkualitas. Ketika berkunjung ke situs ini, Anda akan diperkaya dengan referensi situs yang memiliki ciri khas ajaran teologi reformed seperti artikel, gereja, dan bahan lainnya. Anda juga bisa mengambil kesempatan untuk berinteraksi dengan komunitas-komunitas Kristen yang sudah dihimpun dalam komunitas Top Reformed. (Gunung)

4. YABINA: http://www.yabina.org

Situs YABINA (Yayasan Bina Awam) merupakan situs yang berisi materi-materi pembinaan teologi bagi orang awam. Situs ini membuka kelas Pendidikan Teologi secara online. Di samping itu, melalui situs ini, YABINA juga menerbitkan sejumlah e-book yang didistribusikan dalam bentuk CD. Situs YABINA sendiri memiliki sejumlah bahan renungan, artikel, makalah dan diskusi. Semua bahan ini ditujukan bagi orang-orang awam yang ingin mendalami teologi Kristen. Sayangnya, navigasi halaman dalam situs ini agak membingungkan. (Yegar)

5. Kebenaran bagi Dunia: http://id.truthfortheworld.org/

Merupakan sebuah situs yang menyediakan berbagai artikel dan pelajaran teologi.
Pada bagian Sabda Hidup, Anda dapat menemukan banyak artikel teologia yang dapat menuntun hidup Anda. Pada bagian yang lain, Anda juga bisa mendapatkan pelajaran tentang dasar-dasar iman Kristen dan pelajaran tentang Alkitab. Situs ini juga menyediakan artikel yang berisi rangkaian ayat Alkitab untuk mempelajari bagaimana menjadi orang Kristen, dan hidup sebagai orang Kristen. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memperoleh trakta-traktat yang dapat Anda unduh. (Lusia)

6. Blog Dede Wijaya: http://dedewijaya.blogspot.com/

Blog yang dibuat oleh Dede Wijaya, yang memuat artikel-artikel tentang isu-isu teologi kekristenan. Anda juga bisa melihat rekaman video beberapa seminar teologi dalam blog ini. Blog yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2006 ini telah memiliki lebih dari enam ratus artikel tentang teologi dan juga informasi lainnya yang berhubungan dengan kekristenan. (Gunung)

7. Milis Metamorphe: http://groups.yahoo.com/group/metamorphe/

Milis Metamorphe merupakan komunitas dari penginjilan dan pembinaan rohani melalui internet. Milis yang telah memiliki 6.328 anggota ini terbuka untuk umum dan dikhususkan bagi mereka yang memiliki beban untuk bertumbuh dalam kasih dan kebenaran. Milis yang berdiri sejak tahun 1999 ini masih aktif sampai sekarang.
Sayangnya, keaktifan dari anggota-anggotanya sudah menurun dalam dua tahun terakhir ini. (Gunung)

8. Facebook https://www.facebook.com/sabdareformed

Facebook e-Reformed yang dikelola oleh Yayasan Lembaga SABDA ini merupakan sebuah komunitas dari publikasi e-Reformed. Facebook Halaman ini memiliki penggemar lebih kurang 1.600 orang. Admin Facebook ini juga aktif dalam mengirimkan postingan artikel yang dimasukkan ke dalam halaman Catatan.

Untuk berlangganan publikasi e-Reformed, Anda bisa mengunjunginya di http://www.sabda.org/publikasi/e-reformed, dan mengikuti Twitter mereka di http://twitter.com/sabdareformed. (Gunung)

Tanggal akses: 24 Mei 2013

* Catatan Redaksi: Karena dunia internet adalah dunia dinamis yang terus-menerus berubah, informasi ulasan situs, blog, forum, milis, dan Facebook di ICW adalah akurat sesuai dengan yang kami lihat pada saat kami menuliskan ulasannya.


APLIKASI: SOFTWARE SABDA

Software SABDA merupakan online bible versi Indonesia yang membantu kita untuk mempelajari Alkitab dengan lebih baik. Software Alkitab yang disebarkan secara gratis oleh Yayasan Lembaga SABDA ini memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak ditemukan di software Alkitab lain. Software dengan antarmuka Bahasa Indonesia ini terintegrasi dengan bahan-bahan biblika. Bahan biblika ini meliputi buku-buku, kamus, tafsiran, peta, leksikon, dan masih banyak lagi. Software Alkitab ini bisa dipasang di berbagai macam sistem operasi komputer, seperti Windows maupun Linux. Sayangnya, software ini belum dapat diterapkan pada sistem
Android. Fitur-fitur yang ada pun sangat lengkap sehingga memudahkan pengguna mengoperasikannya. Pengguna juga bisa mendengarkan audio Alkitab dalam versi
Terjemahan Baru dan menambah modul sendiri jika menginginkannya. Untuk menambah modul baru lainnya, pengguna bisa mengunduh langsung dari situsnya.

Untuk mendapatkan software ini, Anda bisa mengunjungi dan mengunduh di alamat yang tertera di bawah ini. (Gunung)

==> http://www.sabda.net./
Tanggal akses: 12 Mei 2013


MULTIMEDIA: APA ITU TEOLOGI PERJANJIAN LAMA?

Slide presentasi yang diunggah oleh Kirenius Wadu ini menampilkan dua belas slide tentang teologia. Slide ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu, "Letak
Teologi Perjanjian Lama", "Sejarah Perkembangan Teologi Perjanjian Lama", dan
"Zaman Renaisans, Rasionalisme, dan Romantik". Setiap bagian memiliki sedikit penjelasan yang bisa membantu kita untuk memahami presentasi ini.

Selain mengunggah presentasi "Apa itu Teologi Perjanjian Lama?", Kirenius Wadu juga mengunggah slide lain yang berisi empat dokumen artikel teologi dan dua buah presentasi lainnya. Empat dokumen yang diunggah, yaitu: "Menjadi Serupa dengan Allah" yang ditulis oleh Pdt. Erastus Sabdono, M.Th, "Allah adalah
Kebutuhan", "Karunia Kesembuhan" yang juga ditulis oleh Kirenius Wadu, dan
"Cinta Kasih". Sedangkan tiga presentasi yang diunggah, yaitu: "Kebutuhan akan
Konseling Kristen" yang dibuat oleh Yuda Morado Marbun dan "Kemarahan" yang dibuat oleh Kirenius Wadu sendiri. (Gunung)

Alamat URL: http://www.slideshare.net/qrenxw1/apa-itu-teologi-perjanjian-lama
Judul presentasi: Apa itu Teologi Perjanjian Lama?
Tanggal unggah: 30 Oktober 2012
Jumlah halaman: 12 halaman
Nama pemateri: Kirenius Wadu
Nama pengunggah: Kirenius Wadu


TOPIK SELANJUTNYA

Berikut ini adalah tema ICW hingga akhir 2013. Juli: Lansia, Agustus: Misi,
September: Keluarga, Oktober: Microbloging, November: Layanan Medis, Desember:
Natal. Apabila Anda memiliki situs yang cocok untuk kami ulas tentang topik-topik tersebut, silakan kirimkan kepada redaksi ICW, dan kami akan mengulasnya untuk diterbitkan di bulan yang sesuai. Terima kasih.


STOP PRESS: PEMBUKAAN KELAS PESTA GURU SEKOLAH MINGGU (GSM) PERIODE JULI/AGUSTUS 2013

Anda guru sekolah minggu? Anda terbeban dalam pelayanan anak? Anda ingin terus diperlengkapi dalam melayani di sekolah minggu? Anda rindu mengembangkan talenta
Anda dalam bidang pelayanan anak untuk kemuliaan nama Tuhan?

Yayasan Lembaga SABDA kembali membuka kelas Guru Sekolah Minggu (GSM) periode
Juli/Agustus 2013 melalui program Pendidikan Studi Teologi Awam (PESTA) bagi
Anda yang terlibat dan terbeban dalam pelayanan anak. Diskusi akan dilakukan melalui milis diskusi (email) dan akan berlangsung mulai tanggal 15 Juli -- 23
Agustus 2013.

Daftarkanlah diri Anda sekarang juga ke Admin PESTA di < kusuma(at)in-christ.net
>.
Pendaftaran ditutup pada tanggal 10 Juni 2013. Jangan lewatkan kesempatan ini karena kelas terbatas hanya untuk 20 orang peserta saja. Tidak dipungut biaya!

Untuk melihat materi yang akan dipelajari dalam kelas PESTA GSM ini, silakan mengakses URL berikut ini.

==> http://pesta.sabda.org/gsm_sil


Kontak: icw(at)sabda.org
Redaksi: Gunung, Kusuma Negara, dan Lusia
Berlangganan: subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org
Berhenti: unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org
Arsip: http://sabda.org/publikasi/icw/arsip/
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
(c) 2013 Yayasan Lembaga SABDA < http://ylsa.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org