Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Tips Promosi Blog

Tanggal: 2006-01-23
Kategori: Net

Bete juga ya rasanya, jika blog yang sudah kita buat ternyata sepi- sepi saja. Rasanya percuma kalau semua yang sudah kita ekspresikan melalui blog kita tidak dibaca orang, bukan? Jika hal tersebut yang kita alami, mungkin kita perlu melakukan promosi dengan maksimal. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan supaya blog Anda dikenal di dunia luas:

1. Daftarkan di Blog Directory

Daftarkan blog Anda ke berbagai direktori blog (blog directory). Sedikitnya, daftarkan di tiga blog directory terbesar dan terpopuler, yaitu:
(a) Technorati
==> http://www.technorati.com

(b) Freeburner
==> http://www.feeburner.com

(c) Blogshares
==> http://www.blogshares.com

Ikuti seluruh petunjuk pada ketiga blog directori tersebut ketika mendaftar. Blog-blog directori ini nantinya secara otomatis akan mengirim data blog dan posting-posting Anda ke berbagai search engine, termasuk tiga search engine besar yaitu:
* Google
==> http://www.google.com

* MSN
==> http://www.msn.com

* Yahoo
==> http://yahoo.com.

2. Link-trade atau Link Exchange

Ajak teman Anda yang memiliki blog untuk saling tukar link. Bujuklah agar ia mau memasang link URL Anda di blognya, dan jangan lupa sebagai imbalannya Anda juga memasukkan link blog teman Anda tadi di blog Anda. Dalam dunia blog, hal ini dikenal dengan istilah BLOGROLL. Dan blogroll ini juga yang menjadi salah satu penyebab naiknya popularitas blog di seluruh dunia, mengalahkan website yang biasa. Blogroll atau link-exchange tidak harus melalui permintaan, bisa juga dengan saling suka rela. Umpamanya, ada seseorang blogger (pemilik blog) yang memasang link Anda di blog dia, apabila Anda tahu, maka Anda juga "berkewajiban" menambah link blog miliknya di blog Anda. Apabila tidak dilakukan, maka Anda akan dicap sebagai "blogger pelit". Di dunia maya pun, sebagaimana di dunia nyata, orang pelit akan selalu tereliminasi. Dengan kata lain, sedikit "tamu" nya. :) Nah, bagaimana cara mengetahui ada yang me-link blog Anda?

Caranya mudah: tulis di Google seperti ini:
link:http://alamatbloganda.com

Setelah menekan search, Anda akan tahu siapa saja yang me-link ke blog Anda.

3. Berkunjung ke Blog Lain

Untuk menambah teman dalam melakukan blogroll, sempatkan berkunjung ke blog-blog lain, dan berkomentar di bukutamu atau tagboard mereka atau meninggalkan komentar di tulisan mereka sambil jangan lupa memasang alamat blog Anda di blog mereka. Dalam waktu tidak lama, mereka akan "bertamu balik" ke "rumah" atau blog Anda.

4. Aktivitas Posting

Usahakan sedikitnya satu kali posting setiap harinya. Posting yang teratur di blog, akan membuat tamu datang secara teratur juga.

5. Alamat Blog di Signature Email

Tulis alamat blog Anda di signature email (tanda tangan email). Sehingga setiap Anda menulis email ke pribadi atau ke milis, alamat blog Anda akan selalu muncul, dan "menggoda" orang untuk berkunjung. Mem-posting ringkasan tulisan di blog Anda ke milis juga akan sangat menggoda anggota milis untuk datang ke blog Anda. Teknik yang cukup ampuh dalam mempromosikan blog. Tapi cara ini tidak akan ampuh jika Anda tidak mengikuti dunia milis yang ramai.

Perlu diingat juga, akan lebih baik jika Anda menaruh permalink dari tulisan terakhir saja, bukan alamat blog secara global. Lumayan, teknik ini menjadi RSS reader buat orang lain.

7. Lewat Status Yahoo Messenger

Cara ini kurang efektif. Karena banyak juga yang malas jika status yang ditulis hanya alamat blog saja, tanpa kata-kata yang kurang menarik.

8. Lewat SMS

"Aku sudah nulis yang baru" begitu tulisannya. Hahaha ... ini seharusnya rahasia, tapi biarlah. Saya suka melakukan hal ini, promosi lewat SMS.

9. Lewat Kartu Nama

Kalau Anda cukup bermodal, bolehlah cara ini dipakai. Tapi perlu diingat, ini tak cukup menarik banyak orang untuk mengunjungi blog Anda, walaupun sudah puluhan kartu nama dicetak.

10. Lewat Ucapan

Nah, dalam hal ini, akan menjadi kesulitan jika alamat blog Anda banyak mengandung karakter huruf yang tidak jelas. Maka dari itu, pemilihan alamat blog adalah sangat penting. Jadi, selain jadi penulis blog, tentunya kita juga bisa menjadi tenaga marketing yang baik.

[Kiriman: Novi, ringkasan dari berbagai sumber]

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org