Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Mendidik Anak Ber-Internet

Tanggal: 1999-08-18
Kategori: Other

Berikut ini ada beberapa langkah praktis mendidik anak-anak saat berinternet:

  1. Sebaiknya anda berdiskusi dengan anak anda untuk menyusun beberapa aturan berinternet seperti: jadwal kapan boleh menggunakan internet, berapa lama, dan Situs-situs apa saja yang boleh dikunjungi. Jangan lupa untuk selalu mendampingi mereka pada waktu-waktu tersebut.
  2. Jelaskan secara praktis pada anak tentang manfaat ber-internet dan tujuan-tujuan penting apa yang dapat dicapai melalui internet. Biasakan untuk lebih sering mengajak anak berkunjung ke Situs-situs yang bermanfaat, seperti Situs ilmu pengetahuan, sejarah, geografi, biografi para penemu, dll.
  3. Berikan reward atau komentar-komentar yang mendorong seperti: "Kalau kamu sering berkunjung ke Situs IPTEK ini maka tidak percuma Ayah/Ibu membayar mahal rekening telepon dan internetnya" , atau "jangan habiskan waktu dan uang untuk berkunjung ke Situs-situs yang tidak perlu atau merusak", dll.
  4. Bagi anda yang mengakses internet dari rumah, anda dapat memanfaatkan beberapa perangkat lunak filter seperti Cyber- Patrol, Cyber Snoop, Net Nanny, atau filter-filter lainnya. Perangkat-perangkat ini bermanfaat sekali dalam "menghalangi/ membatasi" akses putra-putri anda ke Situs "tertentu" di Internet (simak ulasannya di kolom LIPUTAN DUNIA INTERNET kali ini).
  5. Memanfaatkan Situs-situs yang berisi pelajaran untuk orang tua dan pengajar tentang cara-cara "aman" menjelajahi internet. Dengan begitu anda dapat memandu anak-anak anda saat berinternet (FOKUS).
  6. Berikan teladan yang baik pada anak-anak anda dengan tidak mengakses Situs-situs yang negatif. Karena mendidik dan memberi contoh yang baik pada anak dirasa lebih bermanfaat daripada melarangnya belajar internet.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org