Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Komunitas Berdoa Online

Tanggal: 2001-11-15
Kategori: Other

Salah satu bentuk pelayanan yang diuntungkan dengan hadirnya teknologi internet adalah pelayanan doa. Mengapa? Karena internet sanggup menciptakan satu tempat (dalam dunia maya) dimana orang- orang dari berbagai tempat sepakat untuk sehati dan berdoa bersama- sama atau saling mendoakan. Jika orang-orang yang sepakat untuk berdoa ini berkumpul dan membentuk komunikasi kepada Tuhan maka tidak sulit untuk menyebutnya menjadi "komunitas" orang-orang berdoa yang sifatnya online.

Moderator dari sebuah Milis yang bernama "The Monday Morning Reality Check" yaitu Justin Long, pernah membahas topik tentang "Masa Depan Gereja Online". Salah satu bagian yang dibicarakan adalah pembahasan tentang: apakah yang dimaksud dengan "komunitas". Berikut ini pendapat beliau yang kami terjemahkan:

Adalah hal yang sangat penting sekaligus juga sulit untuk memahami apa itu sebenarnya "komunitas". Komunitas akan menjadi suatu bagian penting di abad mendatang dan, untuk sementara ini, banyak orang yang menanyakan tentang "Bagaimana kita membangun komunitas?, Bagaimana membuat suatu komunitas tersebut berjalan dengan baik?, dan apa yang membuat orang tertarik untuk masuk dalam suatu komunitas?"

Salah satu cara untuk memahami komunitas adalah dengan menghilangkan unsur-unsur yang tidak penting dalam komunitas, yaitu misalnya, keberadaan bangunan tempat komunitas tersebut bertemu atau hiburan yang menarik orang dalam komunitas tersebut. Jika kita mengupas secara lebih mendalam, hingga unsur paling dasar yang mendorong sekelompok orang untuk berinteraksi, maka kita akan memahami inti dari komunitas.

Dari penjelasan di atas kita melihat bahwa dalam membentuk komunitas orang-orang yang berdoa bersama, sebenarnya tidak diperlukan fasilitas gedung atau hiburan yang seringkali dipakai untuk menarik orang untuk datang ke komunitas tsb. Di dalam berdoa bersama, kita bahkan tidak dituntut untuk secara fisik harus ada di tempat yang sama. Elemen dasar dari "komunitas berdoa" adalah unsur "kesatuan hati"; hati umat yang percaya kepada Tuhan telah dipersatukan dalam persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus. Melalui kesatuan hati inilah kita masing-masing umat-Nya menikmati hubungan dengan Tuhan. Di dalam kesatuan hati umat percaya inilah Roh Kudus bekerja dan kuasa-Nya akan dinyatakan melalui doa-doa umat-Nya.

Alangkah indahnya jika umat Tuhan dari berbagai tempat dan latar belakang dapat bersatu hati dan berdoa memuji Tuhan seperti yang diceritakan oleh Justin Long ketika ia ada di sebuah Chat Room Doa:

Jumat dan Sabtu lalu, kami mengadakan persekutuan bersama yang merupakan ibadah penyembahan virtual yang pertama kalinya dan dipimpin oleh seorang pemimpin penyembahan. Selama ini saya belum pernah mendengar ada ibadah serupa yang dilakukan di internet. Namun demikian, respon yang kami terima sungguh sangat mengejutkan. Pada malam pertama, kami berdoa bersama secara online selama 40 menit dan transkripnya ada sejumlah 53 halaman, dimana banyak orang yang mengakui kebesaran Tuhan, melakukan pengakuan dosa dan ingin dibebaskan dari keterikatan mereka, dan saling mendoakan satu sama lain.

Rindukah anda melihat umat Tuhan dipersatukan dalam doa, dengan tidak memandang pada ras/bangsa dan dari negara mana mereka berasal? Mungkinkah "komunitas berdoa" seperti ini dilaksanakan? Ditambahkan oleh Justin Long:

Hal ini bukanlah hal yang mustahil. Saat ini telah banyak orang- orang Amerika, Inggris dan Australia yang bersekutu dengan kami untuk berdoa bersama. Hanya masalah waktu yang akan menentukan perkembangan komunitas bentuk baru ini yaitu komunitas online.

Inilah yang menjadi kerinduan Yayasan Lembaga SABDA ketika memulai sebuah milis publikasi yang kita namakan: Milis e-DOA (lihat review di kolom Milis Publikasi). Sebuah "komunitas berdoa" online telah lahir (sekalipun baru satu arah), untuk mempersatukan masyarakat Kristen Indonesia untuk bersama-sama menikmati persekutuan dengan Tuhan Tritunggal kita, yang telah mempersatukan kita dan menyelamatkan kita.

Terpujilah Allah yang kekal selama-lamanya!

Sumber: The Monday Morning Reality Check
Edited by Justin Long
==> http://www.justinlong.org
==> Subscribe:

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org