Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Diskusi Melalui Mailing List di Internet (... Adakah Manfaatnya??)

Tanggal: 2001-07-16
Kategori: Email

Ono W. Purbo dalam salah satu tulisannya yang berjudul DISKUSI MELALUI MAILING LIST DI INTERNET menyatakan bahwa pada dasarnya mailing list bekerja dengan konsep yang sangat sederhana: seorang pengguna cukup mengirimkan e-mail ke satu alamat e-mail untuk kemudian disebarkan ke semua member mailing list yang tergabung/berlangganan ke alamat e- mail tersebut. Namun hal yang sederhana ini telah membuat Milis menjadi sarana yang sangat ampuh untuk melakukan komunikasi, diskusi, tukar menukar informasi, promosi, dsb. Dalam hal membangun komunitas yang aktif berinteraksi, Milis memiliki kelebihan dibanding dengan Web yang pada umumnya sifatnya lebih pasif.

Selain itu, Ono memberikan 2 gambaran dari kemungkinan yang dapat terjadi jika para anggota Milis berdiskusi secara aktif dan terus-menerus dalam sebuah Milis:

  1. Milis dapat menjadi sebuah sebuah media efektif untuk proses pendidikan. Jika seseorang secara serius dan aktif mendiskusikan suatu topik dalam Milis yang diikutinya selama jangka waktu yang lama (beberapa bulan bahkan tahun), maka dapat diharapkan orang itu akan menjadi "ahli" dalam topik yang didiskusikannya tersebut.

  2. Milis dapat menjadi media promosi/marketing. Dengan adanya Milis, proses marketing & PR -- untuk organisasi/lembaga/yayasan/ perusahaan yang ada 'dibalik' Milis tersebut -- dapat dilakukan secara interaktif & terus-menerus tanpa henti selama 24 jam sepanjang tahun. Dapat dibayangkan bahwa dengan konsistensi PR seperti itu maka image & eksistensi organisasi/lembaga/yayasan/ perusahaan akan menjadi lebih kuat di mata client-nya.

Gambaran Ono tersebut menolong kita untuk menyadari bahwa Milis dapat memberikan pengaruh dan dampak yang besar bagi anggotanya, (dan juga bagi organisasi/lembaga/yayasan/perusahaan yang memiliki Milis tersebut), jika proses interaksi dalam Milis tsb. terjadi secara teratur (terus menerus) dan konsisten.

Rangkuman dari Artikel: DISKUSI MELALUI MAILING LIST DI INTERNET, Onno W. Purbo (Computer Network Reserach Group) ITB

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org