Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Books In The Future

Tanggal: 2001-06-14
Kategori: Other

Sampai saat ini buku masih menjadi alat ter-"utama" untuk memenuhi kebutuhan manusia akan ilmu pengetahuan. Memang ada banyak media lain yang dapat membantu seseorang mempelajari atau mendapat suatu pengetahuan (khususnya dengan media audio-visual tertentu yang dapat menyediakan informasi gambar dan suara), tapi media-media tersebut belum bisa menggeser porsi atau kedudukan buku (cetakan di kertas) sebagai alat utama untuk mendapat ilmu pengetahuan. Sejak ditemukan, kertas telah menjadi buah hati tiap orang untuk merekam segala teori, ilmu pengetahuan, pesan, dan lain sebagainya. Buku menjadi alat yang praktis dibawa ke mana saja dan dapat dibaca kapan saja. Namun ada beberapa kelemahan dari buku. Selain kertas mudah rusak atau lapuk, buku juga memerlukan tempat penyimpanan yang luas. Tidak ada toko buku atau perpustakaan yang memiliki cukup banyak ruangan untuk menyimpan semua buku yang pernah ditulis. Generasi sekarang ini mungkin akan mengalami kesulitan untuk mencari referensi atau pustaka klasik yang sebagian besar sudah tidak dicetak lagi, padahal mungkin isinya jauh lebih berharga dari banyak buku yang ada sekarang.

Dengan latar belakang tersebut ada sekelompok anak-anak Tuhan di Indonesia yang terbeban untuk membangun sebuah proyek "Perpustakaan Virtual" yang nantinya akan memuat beragam literatur klasik (dan modern) yang berkualitas bagus (terutama buku-buku Biblika/Referensi, baik dalam bahasa Indonesia, ataupun Melayu) agar dapat dikenal dan digunakan lagi. Proyek tersebut diberi nama CIEL (Christian Indonesian Electronic Library). Pada dasarnya yang mengilhami dan menjadi pola/cara pembuatan proyek CIEL ini adalah The Christian Classics Ethereal Library (CCEL) [Lihat kolom REVIEW SITUS.] Proyek

CIEL yang saat ini masih dalam tahap awal -- infrastruktur/processing buku -- masih memerlukan banyak dukungan doa, dana, data bahan/buku, dan juga relawan, agar dapat segera terwujud. Bagi anda yang tertarik untuk mengetahui tentang proyek CIEL atau di antara anda ada yang ingin memberikan data/buku atau informasi tentang literatur Kristen (bahasa Indonesia/Melayu), silakan menghubungi: < CIEL(at)sabda.org >.

Selain CIEL, ada pula proyek perpustakaan virtual yakni INCU-VL (Indonesian Christian University Virtual Library) yang berisi Kartu Katalog Online, Kamus, Dokumen, Daftar Jurnal ... dll. [Lihat kolom REVIEW SITUS.] Virtual library didefinisikan sebagai perpustakaan maya dimana secara fisik fasilitas/gedung perpustakaan yang dimaksud tidak ada (hanya ada secara virtual) dan punya fasilitas yang biasa disediakan oleh perpustakaan yang konvensional. Tetapi berbeda dengan "perpustakaan eletronik" yang bukunya 100% online, Virtual Library adalah kerjasama antara/dengan perpustakaan konvensional untuk mendapatkan, sharing, dan menyediakan buku-buku. [[Cat. Perpustakaan-perpustakaan virtual saat ini belum menyediakan buku-buku secara on-line tapi hanya daftar katalog Buku saja.]]

Keberadaan perpustakaan-perpustakaan virtual ini diharapkan dapat membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat Kristen Indonesia untuk bisa mengakses informasi buku-buku/materi-materi/bahan-bahan yang sulit dijangkau secara fisik. Di bawah ini adalah daftar alamat URL perpustakaan online yang bisa anda kunjungi lewat internet.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org