Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Masa Depan Pelayanan Elektronik Indonesia

Tanggal: 2001-05-22
Kategori: Teknologi

Apa yang sedang terjadi di dunia Pelayanan Elektronik saat ini?? Pasti banyak sekali!! Berikut ini kami akan ambil contoh beberapa proyek pelayanan elektronik yang kami ketahui:

* Pelayanan YLSA (Yayasan Lembaga SABDA) dan I-KAN (Internet -- Komputer Alkitab Network). Saat ini, YLSA sedang menjalankan dan mengembangkan beberapa proyek pelayanan elektronik yang akan memberi pengaruh besar bagi kemajuan pelayanan elektronik di Indonesia. Sebagai contoh, berikut ini kami akan jelaskan tentang dua proyek (dari banyak proyek yang ada) yang saat ini sedang dipersiapkan untuk diluncurkan, yaitu: Situs "SABDA.org" dan Situs "SABDAWeb."

*** SITUS SABDA.org ***
==> http://www.sabda.org/

Situs ini hadir untuk menjadi jawaban bagi pengunjung yang haus akan informasi-informasi seputar "kekristenan dalam internet". Dalam penampilannya yang sekarang, alamat di atas menunjuk ke situs MIK (Muara Informasi Kristen) yang berisi database informasi terbesar tentang dan untuk masyarakat Kristen (Indonesia). Namun tak lama lagi Situs yang sedang direnovasi ini akan menjelma menjadi SABDA.org dengan muatan informasi dan teknologi yang jauh lebih baru dan lengkap.

SABDA.org yang baru akan terdiri atas lima bagian besar:
ALKITAB, REFERENSI, PUBLIKASI, KOMUNITAS, dan PENDIDIKAN.

Dalam bagian ALKITAB, anda akan menemukan banyak Situs Alkitab, di antaranya adalah SABDAWeb, sebuah Situs Alkitab interaktif yang pasti membuat anda betah belajar Firman Tuhan di depan komputer. Bagian REFERENSI adalah "reinkarnasi" dari situs lama MIK yang berisi daftar Situs-situs Kristen Indonesia dan luar negeri. Bagian ini tersusun dalam bentuk "directory service" untuk mempermudah anda mencari Situs-situs tertentu beserta up-datenya.

Bagian PUBLIKASI memuat daftar berbagai milis publikasi, khususnya seluruh Milis Publikasi yang diterbitkan melalui sistem I-KAN. Anda bisa mendapat informasi dan sekaligus langsung mendaftar ke berbagai publikasi, termasuk mendapatkan bahan-bahan "daily devotion" seperti e-RH (Renungan Harian), e-SH (Santapan Harian), dan sebagainya. Untuk bergabung dengan berbagai milis diskusi, anda tinggal mengunjungi bagian KOMUNITAS. Di sana akan anda dapatkan daftar semua milis diskusi, baik yang menggunakan sistem I-KAN maupun milis diskusi Kristen lainnya.

Tidak banyak orang yang mengira bahwa pendidikan pun bisa dijangkau lewat internet. Karena itu, bagian terakhir SABDA.org yang bertajuk PENDIDIKAN didedikasikan untuk beberapa kelompok orang atau organisasi yang mempunyai kepedulian terhadap pembinaan iman kaum awam, di antaranya adalah PESTA (Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam).

*** SITUS ALKITAB "SABDA-Web" ***
Sebelumnya telah ada Situs Alkitab SABDA-Web di
==> http://www.bit.net.id/SABDA-Web/

Situs SABDAWeb versi baru yang sedang dalam proses pembuatan akan tampil menjadi lebih interaktif dan lebih lengkap. Situs ini akan hadir dengan tiga bagian:
BIBLES (Alkitab),
STUDY TOOLS (Alat-alat), dan
LIBRARY (Pustaka).

Di bagian ALKITAB, anda akan mendapati belasan versi Alkitab baik PL maupun PB dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa asli Yunani dan Ibrani. Anda tidak hanya bisa membaca Alkitab, tetapi juga bisa melakukan pencarian baik kata-kata maupun ayat-ayat tertentu dalam Alkitab dan menampilkannya dengan bermacam-macam cara.

Situs ini dilengkapi juga dengan beragam alat-alat biblika seperti kamus, leksikon, peta, konkordansi, dan masih banyak lagi. Semuanya itu akan sangat membantu anda dalam penelaahan Alkitab dan dapat anda temukan di bagian ALAT-ALAT.

Di bagian PUSTAKA, nantinya akan terdapat lebih dari seratus Buku- buku Kristen, sebagian besar merupakan literatur Kristen kuno. Namun di masa mendatang tidak menutup kemungkinan untuk memasukkan buku-buku yang lebih baru. [[Bagi pembaca yang memiliki informasi tentang Alat-alat Biblika bermutu, silakan menginformasikan ke: < SABDAWeb(at)sabda.org > ]]

* Selain kedua Situs di atas, ada juga satu proyek besar lain yang sedang dikerjakan oleh sekelompok anak-anak Tuhan yang rindu agar pekerjaan Tuhan dalam dunia elektronik semakin maju, yaitu Proyek CIEL.

*** CIEL (Christian Indonesian Electronic Library) *** [Indonesian Christian Classics] dan [Indonesian Christian e-Texts];

Proyek CIEL ini bertujuan untuk membangun perpustakaan elektronik Kristen Indonesia yang dapat diakses/digunakan secara online dan gratis, guna mendukung pelayanan gereja, pendeta, misionaris, teolog, mahasiswa & siswa, dan juga orang Kristen awam. Hal utama yang dilakukan dalam proyek ini adalah mengkonversi berbagai literatur/buku Kristen Indonesia dari versi cetak ke dalam versi elektronik [e-TEXTS]. Langkah awal dari proyek CIEL adalah membangkitkan kembali literatur Kristen kuno [CLASSICS] yang pernah diterbitkan antara thn. 1945-1970, atau sebelumnya, ke dalam bentuk elektronik. Dengan demikian, beragam literatur kuno, atau "classics" yang kualitasnya cukup bagus (terutama buku-buku Biblika/Referensi, baik dalam bahasa Indonesia, ataupun Melayu) dapat dikenal dan digunakan lagi.

Sampai saat ini proyek CIEL masih dalam tahap awal/infrastruktur, masih memerlukan banyak dukungan doa, dana, bahan/buku, dan juga relawan, agar dapat segera terwujud. Bagi anda yang tertarik untuk mengetahui tentang proyek CIEL atau di antara anda ada yang ingin memberikan informasi tentang literatur Kristen kuno, silakan menghubungi alamat: < CIEL(at)sabda.org >.

* Ada sebuah proyek lain yang juga sedang dikerjakan oleh sekelompok anak-anak Tuhan yang terbeban dalam pelayanan konseling:

*** PUSAT SUMBER INFORMASI KONSELING KRISTEN INDONESIA ***
[Christian Counseling Center Indonesia (C3I)]

Dalam situasi dunia yang semakin rumit ini tidak disangkal bahwa banyak orang/keluarga, termasuk orang/keluarga Kristen, yang menghadapi berbagai masalah kehidupan. Jumlah konselor Kristen yang berpengalaman dan mempunyai kemampuan untuk menolong jemaat Tuhan masih sangat sedikit di Indonesia. Alangkah baiknya jika ada sebuah Pusat Sumber Informasi Konseling Kristen yang menyediakan materi tentang konseling untuk dapat dipakai oleh:

  1. hamba-hamba Tuhan dan orang Kristen yang terbeban untuk belajar bagaimana menolong orang yang bermasalah atau
  2. orang-orang Kristen yang sedang mengalami masalah untuk dapat menolong diri sendiri.
Kemajuan teknologi komputer, internet dan alat-alat elektronik lain, sangat memungkinkan membangun Pusat Sumber Informasi Konseling Kristen seperti tsb. di atas.

Berangkat dari pemikiran di atas maka diwujudkanlah sebuah Pusat Sumber Informasi Konseling Kristen [C3I] secara online yang bertujuan untuk menyediakan berbagai sumber informasi/bahan-bahan konseling yang bermutu, secara GRATIS! Selain pengetahuan dasar tentang konseling, C3I juga menyediakan berbagai artikel untuk memperkaya pengetahuan tentang pelayanan konseling. Di smaping itu akan disediakan buku pedoman pelayanan yang berisi lebih dari seratus topik masalah kehidupan yang umum dihadapi dan petunjuk bagaimana menolong mereka yang menghadapi masalah-masalah tsb. [[Bagi pembaca yang memiliki/mengetahui tentang bahan konseling yang baik/bermutu, silakan menghubungi alamat: < C3I(at)sabda.org >]]

Pusat Sumber Informasi Konseling Kristen ini akan dapat diakses lewat sebuah Situs yang juga akan dilengkapi dengan sistem RealAudio sehingga memungkinkan pengunjung mendengar rekaman percakapan/diskusi dari konselor. Selain lewat internet, bahan- bahan C3I ini juga bisa didapatkan dalam bentuk CD-ROM, termasuk file-file audio dan antarmuka (interface) untuk mempermudah pencarian informasi. Dengan dibangunnya C3I ini (Situs dan CD) maka masyarakat Kristen Indonesia akan mendapat kesempatan untuk belajar menolong diri sendiri dan menolong sesamanya.

* Selain kelompok-kelompok di atas telah berkembang juga komunitas pelayanan elektronik lain yang dikerjakan oleh kelompok-kelompok Kristen di berbagai tempat. Namun kami tidak tahu jelas rencana- rencana mereka di masa mendatang sehingga kami tidak dapat menjelaskannya di sini. Di antara kelompok pelayanan elektronik yang kami ketahui antara lain: FICA.NET, Paroki.Net, Pantekosta,Net, Cyber- GKI, Cyber-Gloria, GL Ministry, RTM, Kristiani.Net, dll.

[[Cat.Red.: Bagi kelompok pelayanan elektronik Kristen Indonesia di atas atau yang lainnya, yang ingin agar pelayanannya dapat juga dikenal oleh masyarakat Kristen Indonesia, silakan mengirimkan informasi tentang pelayanan tsb. dan Situsnya ke Redaksi ICW. Kami akan senang memuatnya dalam ICW jika kami memiliki informasinya.]]

KESEMPATAN BERPARTISIPASI TERBENTANG LUAS !!

Dunia pelayanan elektronik (via internet) terbentang luas ... Dunia sedang berputar cepat dan kesempatan untuk mengembangkan pelayanan elektronik Kristen di Indonesia saat ini merupakan kesempatan emas. Di satu pihak, kita melihat bahwa di Indonesia ada banyak bidang pelayanan yang belum terjamah oleh pelayanan elektronik. Oleh karena itu, masih banyak PR (pekerjaan rumah) yang harus dikerjakan oleh masyarakat Kristen Indonesia yang terbeban dalam pelayanan yang memanfaatkan komputer dan internet (pelayanan elektronik).

Kita ambil contoh saja, misalnya dalam dunia Web/Situs. Masih banyak tema/topik/organisasi kekristenan yang belum dibuat situsnya dalam bahasa Indonesia. Terkejutkah anda kalau mengetahui bahwa tema/topik- topik berikut ini BELUM ADA Situs-situsnya dalam bahasa Indonesia?

  • Alat Studi/PA Alkitab **
  • Perpustakaan Kristen/Buku Kristen Online **
  • Bahan-bahan kekristenan dengan topik-topik khusus, mis.:
    Tokoh-tokoh Kristen (Calvin, Martin Luther, dll.) dan Ajaran Sesat (sekte/bidat)
    Etika/Filasfat Kristen, dan Isu-isu Kontemporer
    Sejarah Kristen Gereja/Indonesia
  • Pendidikan Kristen (Christian Education)
  • Sekolah Minggu/Bahan Sekolah Minggu **
  • Penginjilan **
  • Pelayanan Sosial Kristen
  • Konseling Kristen **
  • Keluarga Kristen
  • Wanita/Ibu Kristen
  • Dating/Pacaran Kristen
  • Christian Arts (Seni Drama, Puisi, Lukis, Musik, Patung, dll.)
  • Humor Kristen **
  • Badan Hukum/Pengacara Kristen (atau Kelompok-kelompok Profesional/"Business Men")
  • Tentang Internet/Teknologi dan Pelayanan Elektronik *
  • Web Hosting Kristen, Free Server Kristen, dll.
  • Hari Raya: Natal, Paskah, Tahun Baru, Valentin, Hari Ibu ...
  • dan banyak tema lain ...

Siapa yang tergerak untuk membuatnya?? Apakah anda orangnya? :)
[[** artinya ada kelompok anak-anak Tuhan yang sedang mengerjakan tapi belum selesai, dan juga masih perlu didukung/dibantu!! Bagi anda yang mengetahui informasi terbaru tentang keberadaan Situs-situs bahasa Indonesia dengan tema-tema di atas, silakan menghubungi Redaksi ICW.]]

Demikian juga dalam hal MILIS PUBLIKASI KRISTEN (interdenominasi). Masyarakat Kristen Indonesia masih memerlukan banyak Publikasi Elektronik Kristen untuk menolong mereka bertumbuh menjadi dewasa dalam iman dan pengetahuan. Terkejutkah anda kalau mengetahui bahwa sampai hari ini Milis Publikasi Kristen (interdenominasi) yang ada dalam bahasa Indonesia masih bisa dihitung dengan jari banyaknya? Inilah daftar Milis Publikasi Kristen (bhs.Indonesia) YANG ADA:

  1. Milis Publikasi ICW (Indonesian Christian Web-Watch)
    < subscribe-i-kan-ICW(at)xc.org >
  2. Milis Publikasi e-JEMMi (Jurnal Elektronik Mingguan Misi)
    < subscribe-i-kan-MISI(at)xc.org >
  3. Milis Publikasi e-BinaAnak (Untuk Guru Sekolah Minggu)
    < subscribe-i-kan-BinaAnak(at)xc.org >
  4. Milis Publikasi e-Humor (Mengirim humor-humor bersih)
    < subscribe-i-kan-Humor(at)xc.org >
  5. Milis Publikasi e-RH (Renungan Harian)
    < subscribe-i-kan-akar-Renungan-Harian(at)xc.org >
  6. Milis Publikasi e-SH (Santapan Harian)
    < subscribe-i-kan-akar-Santapan-Harian(at)xc.org >
  7. Milis Publikasi e-Reformed (Jurnal Teologi Reformed)
    < subscribe-i-kan-untuk-Reformed(at)xc.org >
  8. Milis Publikasi CC (Cyber Church) Bulletin
    < cyberchurch-subscribe(at)egroups.com >
  9. Milis Publikasi ESKOL-NET
    < majordomo(at)linux.mitra.net.id > Subjek: subscribe eskolnet-l
  10. Milis Publikasi MUDIKA - KKIS (email)
    < siepub(at)yahoo.com >

[[Selain yang sudah disebut di atas, apakah ada Publikasi lain (interdenominasi) yang pembaca ICW ketahui? Silakan informasikan ke Redaksi ICW supaya bisa kami sebarkan informasinya secara luas.]]

Kami bisa sebutkan bidang-bidang lain dalam Pelayanan Elektronik yang perlu dikerjakan oleh masyarakat Kristen Indonesia, misalnya kelompok Milis Diskusi, kelompok Chatting, dll. Termasuk juga SOFTWARE ALKITAB bahasa Indonesia, karena sejauh ini hanya ada 4 Software Alkitab:

  1. LOGOS SOFT ALKITAB KOMPUTER (DOS/1991).
  2. SABDA (Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat)/OLB versi Indonesia (DOS/1995; MAC 1996; WEB/1997; WIN31/1997; WIN9X/1999; CD/2000).
  3. ALKITAB ELEKTRONIK 1.0 (CD/2001).
  4. OLIVETREE -- untuk PALMBOOK/DOC (PALM OS/2001 dan WIN CE/2001).

Karena itu, kami ingin mendorong masyarakat Kristen Indonesia, khususnya para pembaca ICW, yang memiliki ketrampilan komputer dan internet untuk ikut ambil bagian dalam membangun pelayanan elektronik di Indonesia. Ada banyak gereja/yayasan/persekutuan/proyek Kristen, dsb. yang memerlukan talenta dan ketrampilan anda. Siapapun anda (pelajar, mahasiswa, orang bisnis, hamba Tuhan) dapat bergabung dalam pelayanan elektronik. Jangan lagi habiskan waktu kita di komputer dan internet untuk hal-hal yang kurang berguna/sia-sia.... maukah anda?

Berikut ini adalah ketrampilan-ketrampilan praktis yang diperlukan untuk dapat terlibat dalam pelayanan elektronik:

  1. Pengetik cepat (untuk mentranskrip bahan dari cetak ke elektronik).
  2. Penulis materi (untuk membuat materi, khususnya untuk para hamba Tuhan yang memiliki talenta menulis).
  3. Editor (untuk mengedit bahan/tulisan).
  4. Penterjemah (dari bhs. Inggris ke Indonesia, karena ada banyak bahan Kristen yang tidak perlu dibuat dari awal, tapi hanya perlu diterjemahkan jika telah mendapat ijin).

Sedangkan berikut ini adalah ketrampilan khusus yang memerlukan kemampuan komputer/internet (berdasar urutan kepentingan):

  1. Web Author/Design (untuk merancang dan membuat Situs Web).
  2. Desain Grafis (untuk mendesign tampilan agar kelihatan menarik).
  3. Programmer Web atau Software (untuk Development/Code/Testing).
  4. Administrator/Developer Data Base (untuk mengelola data).
  5. Data Entry/Operator (untuk memasukkan data ke dalam komputer).

Ada juga cara lain untuk terlibat yang bersifat tidak teknis (non- technical), seperti:

  1. Pendoa (untuk mendukung pelayanan elektronik)
  2. Humas/Public Relation (untuk mempromosikan pelayanan elektronik di Indonesia)
  3. Pengguna yang aktif (untuk memberikan saran/masukan/kritik/dll.).
  4. Pembaca yang aktif (untuk mengirimkan info Situs/Milis/dll. terbaru ke Redaksi ICW agar dimuat).
  5. Donatur (untuk mendukung pendanaan proyek-proyek besar pelayanan elektronik yang sedang dikerjakan).
  6. Trainer (untuk memberi training bagi hamba-hamba Tuhan atau menolong meng-instal software Alkitab, dll.).
  7. ... dan masih ada banyak cara lain untuk membantu ...

Melihat dari penjelasan di atas, ada banyak hal yang bisa kita kerjakan, bukan? Bahkan untuk anda yang kurang ahli dalam komputer pun bisa membantu, kalau mau. Oleh karena itu, marilah kita mulai terlibat aktif dalam pelayanan elektronik karena keterlibatan anda akan dapat menambah semaraknya kemajuan pelayanan elektronik di Indonesia. Jika pelayanan elektronik Kristen Indonesia maju maka akan ada banyak informasi yang bisa dimuat dalam ICW ini. Redaksi ICW akan siap dalam segala kemampuannya menyebarkan informasi dari setiap kegiatan pelayanan elektronik yang ada kepada masyarakat Kristen Indonesia secara luas.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org