Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Mailing List dan Mailing List Server

Tanggal: 1999-03-16
Kategori: Email

"Mailing List" atau "Milis" adalah kata yang sangat akrab di telinga kita. Apa sih sebenarnya "Mailing list" itu? Bagi para pembaca yang belum mengerti, penjelasan berikut ini mungkin dapat membuka pengertian dan wawasan anda tentang "Mailing List".

"Mailing List" (disingkat: Milis) adalah sekelompok orang yang tergabung dalam satu forum diskusi elektronik (dua arah) atau publikasi elektronik (satu arah) untuk membahas suatu topik tertentu. Kelompok Diskusi atau Publikasi ini di-"maintain" oleh seorang atau beberapa administrator/moderator (disebut: "List Admin"). Tugas dari list admin biasanya menyangkut masalah administrasi Milis, dan hal-hal teknis lainnya, misalnya: "bounced e-mail", "approve message", statistik posting dan lain-lain. Sedangkan isi/fokus dari Milis berada dalam tanggung-jawab dari list moderator.

Dari segi teknis, Milis harus ditempatkan di salah satu server (disebut "Mailing List Server") yang senantiasa aktif terkoneksi dengan internet setiap saat. Server tersebut harus terinstalasi software khusus yg dapat menangani proses pembuatan dan pengolahan Mailing list. Software-software yang sering dipakai antara lain adalah: Majordomo, Listserv, Listproc, Qmail (ezmlm), Lyris dan lain sebagainya. Masing-masing software ini memiliki kemampuan dan kekurangan yang berbeda-beda dalam penanganannya terhadap Milis; namun fungsi utama dari software-software tersebut adalah manajemen daftar anggota dan distribusi posting dalam Milis.

Di seluruh dunia kini terdapat ratusan ribu jenis Milis yang aktif beropersai. Milis-milis ini tentu saja mempunyai ciri khas dan keistimewaan masing-masing (sebagai contoh, server XC.Org yang digunakan sistem I-KAN saat ini memiliki "mailing list" sejumlah 2491 buah dengan prosentase Kristen 98% Kristen, dan posting rata-rata 311.000 e-mail perhari!!) Jumlah Milis yang sedemikian besar itu sangat dimungkinkan karena di internet saat ini telah terdapat sejumlah server yang menawarkan pembuatan Milis secara murah/gratis dengan kemudahan-kemudahan tertentu bagi siapa saja yang berniat membuat Milis baru. Server-server ini menawarkan berbagai-bagai kemudahan untuk membuat dan mengelola Milis sekaligus layanan security (keamanan) terhadap Milis-milis tersebut. Beberapa server dengan yang cukup dikenal diantaranya adalah:

 eGroup
http://www.eGoups.com

 ForFree
http://www.forfree.at

 MakeList
http://www.MakeList.com

 Nusanet
http://www.nusanet.com

 OneList
http://www.OneList.com

 Free-Org
http://www.free-org.com/signup.htm

 CoolList
http://www.coollist.com

 IndoGlobal
http://www.indoglobal.com

Daftar Server/Provider Mailing List:
 http://www.cs.ubc.ca/spider/edmonds/usenet/ml-providers.txt
 http://www.emailaddresses.com

dan lain-lain ...

Dari daftar di atas, anda akan menemukan begitu banyak Milis yang berjalan aktif di dalam server-server tersebut. Milis-milis tsb tentu ada yang bernuansa Kristen dan ada pula yang tidak (sebagian besar). Milis-milis Kristen ini biasanya dimiliki oleh gereja- gereja atau persekutuan/perkumpulan dan organisasi Kristen yang memerlukan sarana komunikasi khusus dengan motivasi dan keperluan yang beraneka ragam.

Sebagai bentuk pelayanan elektronik Kristen, I-KAN pun menawarkan pembuatan Milis gratis yang informasi selengkapnya bisa diperoleh dalam Situs Web I-KAN di:

http://www.sabda.org/i-kan/

Demikianlah informasi fokus kali ini. Bagi anda yang memiliki informasi tentang Milis-milis Kristen dan Milis Kristen Indonesia secara khusus yang beroperasi di berbagai macam server, silakan mengirimkannya kepada redaksi ICW . Informasi ini sangat berguna untuk ditampilkan dalam edisi-edisi ICW mendatang.

(Dari berbagai sumber) /an

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org