Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Sepuluh Strategi dalam Browsing

Tanggal: 2000-07-12
Kategori: Peramban
  1. Pengaturan Cache
    Cache adalah sebuah lokasi di memori dan harddisk yang berfungsi sebagai penyimpan sementara suatu halaman Web pada saat kita mengunjungi salah satu halaman Web di Internet. Cara mengosongkan cache pada Netscape Communicator: Edit - Preference - Advanced Category - Cache: Clear Memory Cache/Clear Disk Cache. Sedangkan pada Internet Explorer: Tools - Internet Options - General - Delete Files.

  2. Gunakan History
    History adalah suatu tempat di Cache yang menampung rekaman kronologi dari daftar nama dan URL di setiap Situs yang pernah dikunjungi. Untuk meng-clear-kan daftar History pada Netscape Communicator: Edit - Preference - Navigator Category - Clear History. Sedangkan pada Internet Explorer: Tools - Internet Options - General - Clear History.

  3. Time Out
    Banyak ISP (Internet Service Provider) menggunakan sistem monitoring yang secara otomatis akan melakukan disconnect dial-up connection setelah jangka waktu tertentu. Untuk menghindari hal tersebut, kita set aplikasi e-mail kita untuk mencek setiap 10 atau 15 menit sekali. Pada Netscape Communicator: Edit - Preference - Category Mail & Newsgroups - Mail Servers - Edit - Check For Mail Every __ Minutes dan masukkan 10 atau 15 untuk mencek setiap 10 atau 15 menit sekali.

  4. Keamanan
    Pada Netscape Communicator terdapat tombol Security yang akan membuka jendela yang berisi informasi keamanan anda, baik berupa password, sertifikat-sertifikat, maupun modul kriptografi. Untuk Internet Explorer anda bisa mengatur konfigurasi keamanan dari Low, Medium-Low, Medium, hingga High, tergantung kebutuhan anda. Perhatikan hal-hal tersebut jika anda ingin melakukan transaksi secara online.

  5. Manfaatkan Bookmark
    Bookmark berisi kumpulan shortcut untuk Situs favorit anda yang tersimpan di dalam folder tertentu. Untuk mengatur bookmark pada Netscape Communicator: Bookmark - Edit Bookmarks - File - New Folder - isi nama dari folder tersebut dalam kotak dialog Bookmark Properties. Pada Internet Explorer: Favorite - Organize Favorites - Create Folder - Isi nama folder.

  6. Proteksi
    Perhatikan password anda bila anda sering memasukkan data-data penting seperti nomor credit card. Gunakan password yang unik seperti: menggabungkan antara huruf besar dan huruf kecil, atau antara angka dan huruf untuk mendapatkan proteksi maksimal.

  7. Start Up
    Aturlah aplikasi internet pada posisi default sehingga setiap kali start up anda terhindar dari kekacauan. Misalnya untuk konfigurasi aplikasi e-mail, calender, atau editor HTML. Pada Netscape Communicator ini dilakukan dengan: Edit - Preferences - Appearances dan akan terlihat daftar aplikasi Communicator yang ditampilkan pada area On Startup Launch.

  8. Menambah Toolbar
    Pada Internet Explorer anda dapat menambah toolbar seperti Back, Forward, Stop, Refresh dan lain-lain dengan klik kanan pada area toolbar yang kosong, pilih Customize pada popup menu, kemudian akan ditampilkan kotak dialog Customize Toolbars, pilih tombol yang sering digunakan. Untuk mengembalikan seperti semula klik tombol Reset.

  9. Menghindari Spam
    Salah satu solusi mudah menghindari spam adalah menggunakan dua alamat email. Alamat e-mail yang pertama digunakan untuk berhubungan dengan teman, relasi atau siapa saja yang kita percaya, dan alamat e-mail yang kedua digunakan untuk berhubungan dengan siapa saja tanpa terkecuali, dan pasti akan banyak sekali spam yang ditemui.

  10. Akses Mobile
    Sebagian besar Web site telah memanfaatkan dan melengkapi teknologi Wireless, seperti pada Yahoo Mobile (http://mobile.yahoo.com/wireless/home/) atau MSN Mobile (http://mobile.msn.com/). Dengan teknologi ini kita bisa mengakses internet dengan cellular phone, pager atau pengendali komputer untuk mengambil informasi yang dibutuhkan.

Sumber: Komputek

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org