Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Tentang "Portal"

Tanggal: 2000-04-25
Kategori: Web

Portal, sering disebut sebagai "information service provider", tempat untuk mencari informasi ttg bisnis, lifestyle, sampai ke masalah sosial politik dan budaya. Merupakan hal yang jamak bila orang mengunjungi Situs portal semacam Yahoo atau Excite untuk memperoleh informasi ataupun mengelola aktivitas sehari-hari; berurusan dengan berita, portofolio, e-mail, dst. Portal begitu populer bagi sebagian besar masyarakat dunia sekarang ini, karena di lahan Web tersebut kita dapat berkomunikasi, mengakses data, dan berbagi informasi. Teknologi ini terbukti mengatasi ruang, waktu, dan biaya dibanding cara-cara konvensional. Namun, cukupkah berhenti di situ? Dunia bisnis telah mengambil langkah, sudah banyak Situs portal dibangun untuk hal-hal yang sekuler. Bagaimana dengan dunia pelayanan elektronik Kristen?

Para pelayan eletronik yang cermat pasti dapat melihat peluang besar penggunaan portal semacam itu untuk mengembangkan pelayanan mereka. Bukankah teknologi portal dapat diterapkan pula dalam kerangka pelayanan? Ide untuk portal Kristen memungkinkan anak-anak Tuhan saling berkomunikasi, mengakses data, dan berbagi informasi ttg sumber-sumber Kristen, kegiatan pelayanan, perkembangan jemaat, pelayanan, dsb. Terlebih lagi bila dalam perancangannya ditambahi dengan beraneka fasilitas, spt, email gratis berbasis Web, forum chat, direktori, dll. Di luar negeri sudah ada beberapa portal Kristen, seperti CrossWalk.com, Goshen.com, dan Gospelcom. Di Indonesia baru terdapat Situs portal umum, seperti Detik.com dan Astaga!com. Ya! Ini adalah tantangan bagi kita semua. Sudah saatnya kita membangun Situs portal Kristen (Indonesia).

Situs-situs portal Kristen luar negeri (bahasa Inggris):

>http://www.crosswalk.com
http://www.goshen.com
http://www.gospelcom.net

Situs-situs portal umum Indonesia:

http://www.i-2.co.id
http://www.detik.com
http://www.astaga.com
http://www.satunet.com

Situs-situs portal Kristen Indonesia:

Belum ada yang sungguh-sunguh "portal" ... tetapi sudah ada Situs yang mengarah ke sana, seperti YLSA/MIK (atau 'mungkin' CyberGKI). Ini sudah menjadi pusat sumber informasi Kristen dan menyediakan fasilitas-fasilitas dan infrastruktur untuk seluruh masyarakat Kristen Indonesia (sedang jadi "information service provider").
MIK (Muara Informasi Kristen) http://www.sabda.org/

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2022
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org