Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

"Berselancar Nyaman" dengan Internet Explorer 5.0 -- (1)

Tanggal: 1999-11-08
Kategori: Peramban

Internet Explorer 5 versi terbaru memungkinkan anda berselancar di Internet lebih cepat dan lebih nyaman dari pada menggunakan versi sebelumnya. Dengan menggunakan fungsi otomatisasi, Internet Radio, dan fungsi-fungsi baru lainnya. D bawah ini adalah beberapa trik khusus menggunakan IE 5 sehingga anda akan merasakan kenyamanan berselancar dengannya.

Trik 1.
PENGAMANAN PADA PENGOPERASIAN PERTAMA KALI
Langkah pertama setelah menginstalasikan IE adalah pengamanan. Pada saat anda masuk ke suatu Situs Web yang meminta "User Name" dan "Password", IE bisa diperintahkan untuk menyimpannya. Bila anda tidak ingin menyimpannya, maka nonaktifkanlah dengan cara mengklik checkbox "Save this password in your password list". Jika anda mengaktifkan checkbox tersebut maka untuk seterusnya IE akan mengisi kan "User Name" dan "Password" secara otomatis saat anda masuk kembali ke Situs yang bersangkutan. Cara terakhir memang memudahkan anda tetapi sekaligus beresiko kareena pihak lain yang tidak berkepentingan akan bisa menjebol "User Name" dan "Password" anda dengan mudah.

Hal yang sama juga berlaku pada fungsi "Auto Complete" pada saat anda mengisi sebuah formulir. Pada dialog box yang muncul, anda dapat memilih untuk menyimpan form tsb. Dengan memilih "No", anda akan menonaktifkan fungsi tersebut. Auto Complete tersebut juga berfungsi mempermudah anda dalam menuliskan alamat Web. Contohnya bila anda pernah masuk ke http://www.sabda.org/ dan anda ingin berkunjung kembali ke alamat tersebut kembali maka anda tidak perlu mengetik alamat seluruhnya, cukup mengetik "www.s" maka pada bar "Address" maka muncul urutan beberapa alamat Sabda dan anda tinggal memilihnya.

Trik 2
MENGAKTIFKAN AUTOCOMPLETE SECARA SELEKTIF
Jika anda terburu dan juga lupa melakukan setting pada "AutoComplete", anda masih bisa melakukan setting susulan melalui menu "toolsinternet OptionsContent" Pada bagian "Personal information", klik tombol "Auto Complete". Di sini anda akan bisa melakukan setting untuk beberapa pilihan seperti "Web addresses" dan dan "forms". Anda bisa langsung mengaktifkan kedua pilihan ini. Namun, anda harus lebih berhati-hati untuk melakukan setting pada pilihan "User names and Password on forms". Bila PC anda tidak di- gunakan oleh orang lain, Untuk mencegah kebocoram Pasword, nonaktifkan pilihan "Prompt me to save password".

Trik 3
MENGANTISIPASI KELEMAHAN CACHE DI INTEERNET
Di dalam chace, IE akan menyimpan data dari Web secara "temporary" untuk mempercepat pembukaan halaman Web pada saat "offline". Namun kadang-kadang chache juga bisa menjadi tempat yang membahayakan bagi keamanan PC. File/data yang tidak diinginkan mungkin masuk ke komputer anda secara tidak sengaja. Selain itu bukan tidak mungkin IE juga menyimpan data SSL (Secure Socket Layer) secara prosedural. Untuk mengantisipasi kemmungkinan tersebut, bukalah menu "Tools Internet OptionsAdvance". Pada bagian "Browsing" aktifkan pilihan "Close unused Folder in History and Favorite". ANda juga bisa menghindari masuknya file yang tidak aman ke dalam Cache dengan mengaktifkan pilihan "Empty Temporary Internet Files Folder when browser is closed"

Trik 4
MEMBUKA JENDELA DENGAN UKURAN TERTENTU
Jika anda telah mengubah ukuran jendela IE yang kemudian menutupnya, maka pada saat anda menjalankan ulang IE, ukuran jendela akan tetap seperti itu. Bila anda ingin menetapkan ukuran jendela IE, anda dapat membuat sebuah file VB-Script. Script ini nantinya akan di jalankan dengan Windows Scripting Host. Bukalah program teks notepad dan masukkan perintah berikut serta simpan dengan nama "ie800x600.vbs" pada dekstop:

  Set ie=CreateObject("Internet Explorer.Application")
  ie.height=600
  ie.width=800
  ie.visible=true

Angka pada perintah "ie.height" dan "ie.width" mewakili resolusi layar monitor dan dapat diubah sesuai keinginan.

Trik 5
MENGAMANKAN DATA PADA SAAT TIDAK DIPAKAI
Bila anda ingin mengistirahatkan IE untuk beberapa lama, sebaiknya anda mengatur ulang setting pada "AutoComplete". Bukalah menu "Tools Internet OptionsContent". Di dalam jendela "AutoComplete Settings" klik tombol "Clear Form" dan "Clear Password" untuk menghapus informasi-informasi penting anda.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org