Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Strategi Mencari dalam WEB

Tanggal: 1999-10-27
Kategori: Web

Menjelajahi dunia informasi global melalui fasilitas search engine (mesin pencari) memang gampang-gampang susah. Ada kalanya kita dengan mudah mendapatkan informasi yang kita inginkan. Namun sering juga kita merasa frustasi karena sudah menghabiskan waktu berjam-jam tetapi tidak mendapat hasil seperti yang kita harapkan. Memang tiap- tiap mesin pencari mempunyai kelemahan dan kelebihan tersendiri, kita yang harus pandai-pandai memilih mesin pencari mana yang akan kita pakai, atau bila tidak, kita harus tahu efektifitas masing- masing mesin, sehingga pencarian kita bisa optimal saat memakai mesin pencari tersebut.

Berikut ini adalah daftar yang berisi penjelasan dari beberapa search engine yang paling terkenal.

ALTA VISTA
http://www.altavista.com
Merupakan mesin pencari untuk tujuan umum yang handal. Alta Vista menawarkan beberapa perangkat unik. Untuk mencari Situs tertentu, anda coba ketik host:domain kata-kunci, misal jika hendak mencari berita dari CNN tentang Bosnia, maka ketikkan host:cnn.com bosnia. Untuk informasi tentang negara-negara tertentu, ketikkan domain:country kata-kunci, misalnya, domain:id christian akan mem- bawa anda pada Situs-situs Kristen di Indonesia.

DOGPILE
http://www.dogpile.com
'Metasearch' Situs dari Dogpile mempunyai kelebihan tersendiri dalam kiat-kiatnya. Saat menggunakan mesin pencari ini, gunakan banyak- banyak istilah Boolean pada pencarian Dogpile. Tempatkan frasa dalam tanda kutip atau gunakan tanda minus untuk menyisihkan sebuah kata yang dapat membuat perbedaan.

EXCITE
http://www.excite.com
Pencarian tunggal Excite memberikan segala macam hasil, bukan sekedar link halaman Situsnya saja. Dalam hal pandangan sekilas tentang suatu subyek, hasil berdasarkan kategori pada Excite merupakan yang terhebat. Selain itu Excite juga mempunyai perangkat unik untuk membuat penyesuaian ketika mesin pencarian pertama menghasilkan beberapa hasil yang relevan. Contohnya, carilah untuk Rolling Stones, dan anda akan mendapatkan berita, jadwal acara, ensiklopedia, artikel, dan klip suara.

HOTBOT
http://www.hotbot.com
Situs ini termasuk ampuh dalam hal mencari halaman Web bahkan sangat bermanfaat bagi Situs-situs yang tidak memilikki perangkat pencari yang bagus, dan bila HotBot gagal menghasilkan sesuatu, ada tombol yang akan mengoper pencarian kepada Lycos. Yang perlu diperhatikan, jangan membuat string Boolean yang terlalu panjang untuk mempersempit pencarian. Setelah dua atau tiga pernyataan NOT, HotBot akan menyerah dan tidak menghasilkan apapun, bahkan walau ada ratusan Situs yang bisa menerima 'query' rinci semacam itu.

INFOSEEK
http://infoseek.go.com
InfoSeek adalah sebuah komponen mesin pencari dari Go Network, sebuah gugus Situs Web content yang berafiliasi dengan Disney dan ABC. Seperti mesin pencari lainnya, InfoSeek menggunakan formulir pencarian satu kotak yang sederhana: Cukup ketik 'query' anda dan tekan atau klik search. Gunakan kotak 'drop down'untuk menentukan apakah anda ingin mencari halaman Web, berita, pesan newsgroup atau yang lain. Ada juga filter yang bermanfaat untuk menyaring content yang tidak sesuai dengan anak-anak; disebut 'GoGuardian' yang diaktifkan dengan satu klik. Untuk mencari, gunakan karakter pipa (), misalnya, ketik Christianuniversity untuk mencari kata Christian dalam kategory University.

LYCOS
http://www.lycos.com
Situs ini adalah Situs pencarian yang atraktif dan nyaman. Lycos memandukan berita, penawaran produk dan berbagai hal lain yang menyenangkan konsumen dalam hasil pencarian halaman Web-nya. Halaman Pro Search dalam Lycos memungkinkan anda mencari conten- content spesifik, seperti gambar, file MP3, uku atau newsgroup. Dan ternyata Lycos juga menyediakan fasilitas Search Guard yang berfungsi menyaring content yang porno maupun bahasa kasar. Menggu- nakannya berarti dapat membatasi akses anda ke ruang chat dan ruang bulletin board melalui Lycos.

YAHOO
http://www.yahoo.com
Disamping menjadi mesin pencari kelas atas dan portal yang populer di Web, Yahoo adalah katalog subyek di Web yang dibangun dengan teliti dan dikelola dengan sepenuh hati. Ini merupakan alat yang ideal. Yahoo memungkinkan anda menemukan keseluruhan Situs dan halaman indeksnya sekaligus. Taktik ini bermanfaat sekali jika anda jika anda tertarik untuk mencari halaman tertentu tetapi anda tidak tahu dengan tepat apa yang sedang anda cari. Karena Yahoo memungkinkan anda mencari perkategori atau per Situs, hasilnya cenderung lebih dapat dikelola daripada yang diperoleh dari Situs lain. Untuk mempersempit pencarian, pertama anda harus mencari kategori umum yang anda inginkan lalu masukkan query dan tentukan bahwa Yahoo harus membatasi pencariannya hanya pada kategori tersebut.

WEBFORIA ORGANIZER
http://www.webforia.com
Dapat bertindak sebagai Web browser sekaligus mesin pencari, tetapi kekuatan utamanya terletak pada fasilitas indeks Situs-situs tertentu dan menyimpan hasilnya secara offline untuk pencarian disaat lain. Jika anda klik perangkat bookmark dari Organizer saat melakukan pencarian akan membuatnya menyimpan bukan hanya URLK dan judul halaman Situs ini, melainkan juga indeks kata-kata kunci untuk diperiksa secara offline.

FREEWARE ALEXA
http://www.alexa.com
Menampilkan Situs tambahan untuk anda kunjungi pada saat melakukan penjelajahan. Daftar Situs ini terlihat pada dekstop sebagai toolbar kecil yang berada di salah satu sisi. Jadi Alexa menampilkan sederet daftar link yang berkaitan dengan Situs yang sedang anda kunjungi. Selain mesin-mesin pencari Web di atas, anda juga dapat mengandalkan 'browser' sebagai perangkat pencarian. Untuk itu perlu beberapa strategi khusus,

INTERNET EXPLORER 5
Pada saat klik tombol Search, sebuah panel di kiri atas membuka, menjajarkan beberapa pilihan pencarian: Find a Web Page, Find a Person, Find a Map, Find in Encyclopedia, dan seterusnya. Klik Costumize untuk mengatur pilihan-pilihan tersebut agar sesuai dengan harapan anda. Anda akan dibawa ke halaman Web di mana anda bisa me- nentukan Situs pencarian yang anda sukai dan urutan ke mana saja perangkat Search harus mencarinya. Untuk pencarian cepat, ketikkan tanda tanya dalam buku alamat, langsung diikuti dengan query anda : misal? Universitas Kristen.

NAVIGATOR 4.5
Sementara anda membaca dengan teliti suatu Situs, anda mungkin ingin membaca topik lain yang terkait dengan Situs tsb. Menu "What's related" dari Navigator 4.5 menawarkan link ke subyek-subyek yang sama dengan yang sedang anda jelajahi. Seperti dalam IE 5, anda tinggal mengetikkan tanda tanya ke dalam bar alamat langsung diikuti dengan query anda.

Sumber: InfoKomputer

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org