Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Proses Demokrasi Melalui Internet

Tanggal: 1999-08-10
Kategori: Infonet

54 tahun Indonesia merdeka, namun sifat negara yang demokratis baru saja mulai terasa ketika kata "reformasi" mulai di dengungkan dan diperjuangkan oleh para mahasiswa dua tahun lalu. Dulu, untuk mengekspresikan keinginan dan aspirasinya rakyat kecil harus bersusah payah mengemis bahkan harus berhadapan dengan laras senjata untuk menghadap wakilnya di DPR/MPR. Tapi pada kondisi sekarang ini, keadaan sudah "agak" berbeda, rakyat kini mulai dapat menyalurkan aspirasinya secara bebas dan leluasa yang diwujudkan dalam berbagai bentuk. Salah satu bentuk perwujudan aspirasi yang mulai marak berkembang saat ini adalah penggunaan bantuan teknologi informasi dan internet. Secara perlahan telah dikembangkan Komunikasi Internet e-mail dengan DPR/MPR di mana tiap rakyat Indonesia dapat secara langsung mengirimkan aspirasinya, harapannya, dan mengekspresikan sikapnya tanpa melalui proses yang panjang dan berbelit-belit melalui e-mail kepada wakil rakyat di DPR/MPR.

Selain berinteraksi dengan kelompok-kelompok masyarakat tertentu melalui Milis, dua ISP di Indonesia, Wasantara.Net dan Telkom.Net berinisiatif menyediakan fasilitas e-mail gratis yang dapat diakses melalui Web. Dalam Web tersebut anda dapat melakukan registrasi untuk memperoleh e-mail gratis. Teknisnya hampir mirip dengan fasilitas e-mail gratis yang disediakan oleh HotMail, NetAddress, dan lain-lain. Khusus dalam Situs Web keluaran WasantaraNet anda akan menemui misi-misi mulia untuk membuat dasar terbentuknya masyarakat informasi yang saling berinteraksi dan mempunyai rasa memiliki. Hal tersebut diwujudkan melalui diskusi di berbagai Milis, sarana-sarana komunikasi baik melalui telepon, fax, e-mail, maupun chatting. Dengan fasilitas-fasilitas komunikasi seperti ini, maka diharapkan dialog antara rakyat dengan para wakil rakyat dapat diwujudkan secara nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk mencapai satu tujuan yang mulia pasti selalu ada kendala dan tantangan. Hambatan yang paling besar dirasakan sekarang ini adalah mahalnya biaya akses melalui internet. Krisis ekonomi yang pahit telah membuat ekonomi Indonesia menjadi amburadul dan masalah ini pun mengimbas perkembangan akses di Indonesia. Untuk itu kita harus pandai-pandai memilih jasa layanan yang paling efektif supaya aspirasi kita tetap tersalur tanpa terlalu banyak mengeluarkan biaya (silakan baca kolom TIPS EDISI INI).

Dari berbagai sumber

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org