Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Mengatasi Masalah-Masalah PC Anda

Tanggal: 1999-07-20
Kategori: Pc

Pernahkah anda disibukkan dengan masalah-masalah seperti BIOS-update tidak berhasil, komputer berjalan semakin lambat, sleep port tidak dimanfaatkan, timbul parity-error, munculnya pesan "Error code 2" atau "Divide by zero", dan lebih banyak lagi? Jangan buru-buru kesal dan frustasi pada komputer anda. Dengan sedikit kesabaran dan beberapa 'trik' maka masalah-masalah di atas dapat diatasi, hasilnya? Hmmm .... coba saja !

DALAM WINDOWS 95 MUNCUL PESAN "DIVIDE BY ZERO" SEHINGGA SISTEM OPERASINYA TIDAK DAPAT DIINSTALASIKAN LAGI
Kemungkinan yang menjadi penyebabnya adalah tidak mencukupinya pendingin yang dimiliki oleh prossesor. Elemen pendingin tersebut terlalu kecil ukurannya atau pendingin prossesor yang kecil ini terjepit. Gejala-gejala lain yang timbul akibat dari hal ini antara lain : WINDOWS PROTECTION ERROR, EXECPTION ERROR, atau Aplikasi- aplikasi menjadi hang. Yang dapat membantu adalah sebuah elemen pendingin yang dilengkapi dengan THERMAL-CONDUCTION PASTE yang didimensikan dengan cukup. Selain itu sebuah pendingin (kipas) yang berkualitas tinggi juga dapat mengatasi masalah ini.

SERING TERJADI CRASH YANG BESAR, DISK-SETTINGS DI CMOS-SETUP TERHAPUS, KOMPUTER NAMPAK BERJALAN LEBIH LAMBAT
Dalam kondisi yang tidak menguntungkan, crash yang terjadi pada komputer dapat mengubah entri-entri CMOS-RAM. Dan tentu saja yang terkena bukan entri driver saja, periksa sekali lagi semua setting yang ada dalam ADVANCED SETUP, terutama setting untuk EXTERNAL CACHE MEMORY dan INTERNAL CACHE MEMORY. Ini penting karena keduanya akan menghidupkan FIRST-LEVEL atau SECOND-LEVEL CACHE dan untuk itu konfigurasinya harus ditetapkan menjadi ENABLED.

NETWORK CARD PCI TIDAK DAPAT DIDETEKSI. CONTROL PANEL DALAM WIN95 MENUNJUKKAN ADANYA 'ERROR CODE 2'
Win95 tidak dapat mendeteksi card itu atau deteksinya tidak lengkap. Kemungkinan penyebabnya adalah aksi PnP (Plug and Play). Apabila telah diketahui bahwa card dan setting PnP bermasalah, maka kemungkinan lain adalah bahwa card tersebut bekerja dengan PCI- Busmastering, artinya bahwa card ini mencoba (dalam mentransfer data) untuk memisahkan CPU dari Bus dan melakukan kontrol sendiri. Namun pada beberapa motherboard tidak semua tempat PCI-plug-in mendukung Busmaster. Jadi cobalah untuk memasukkan card itu ke slot PCI yang lain.

MUNCUL 'PARITY CHECK ERROR' DENGAN TIBA-TIBA
Tiga dari empat kemungkinan, berikut ini adalah yang terburuk :

  1. Salah satu RAM rusak. Apabila anda mempunyai sebuah SIMM RAM cadangan, maka anda dapat mencobanya. Mereparasi sebuah SIMM tidaklah ekonomis, mengingat harga RAM saat ini yang lumayan tinggi.
  2. Apabila pesan kesalahannya tampil tidak lebih dari satu kali dalam setahun, maka berarti ATOM ALPHA telah mengenai sel DRAM dan bahkan merusak informasinya (bukan selnya). Ini adalah suatu kasus yang jarang sekali terjadi, tetapi secara statistik kasus ini mungkin saja terjadi.
  3. Salah satu proses DMA tidak berjalan lancar. Carilah penyebabnya pada floppy atau SCSI-Controller.
  4. Ada virus PARITY-BOOT di dalam harddisk anda. Semua antivirus aktual yang ada saat ini dapat mendeteksi dan menghapus jenis virus ini.

BAGAIMANA MEMANFAATKAN PORT YANG BERNAMA 'SLEEP' PADA MOTHERBOARD PENTIUM
Fungsi STAND-BY dan fungsi SLEEP diaktifkan melalui port ini. Sayangnya, casing komputer yang ada dewasa ini tidak mempunyai PUSH-BUTTON yang sesuai untuk mengaktifkan fungsi-fungsi ini. Tetapi, ada juga motherboard-motherboard modern yang seringkali tidak menunjang fasilitas TURBO-SWITCH yang ada di casing PC untuk mengaktifkan fungsi SLEEP. Perhatikan agar SLEEP-PORT dipasang untuk sebuah PUSH-BUTTON dan bukan untuk sebuah SWITCH. Bagaimana efeknya, ini tergantung pada motherboard yang digunakan. Mungkin untuk mengaktifkannya Anda harus menekan TURBO-SWITCH itu dua kali. Tekan kedalam dan tekan keluar kembali. Atau jika portnya dikendalikan secara EDGE-TRIGGERED, maka cukup dengan menekan sekali saja maka fasilitas tersebut dapat diaktifkan. Di dalam kasus pertama anda masih dapat mencoba mengubah SWITCH menjadi PUSH-BUTTON dengan menggunakan penjepit (tang). Tetapi itu bisa dicoba bila anda sudah mahir melakukannya. Hati-hati, bila SWITCH itu rusak, biasanya penggantinya sulit diperoleh.

Untuk tahu cara mengatasi masalah pada PC anda lebih lanjut atau sekedar mendiskusikan beberapa hal yang berhubungan dengan masalah pada PC anda, silakan berkunjung ke Situs-situs di bawah ini :

Web Site mengenai motherboard, CPU, Chipset, dan lain-lain : http://www.tomshardware.com/
http://www.motherboard.org/
http://www.sysdoc.pair.com/

Asus-Newsgroup
news://alt.com.periphs.mainboard.asus

Site BIOS-Update yang besar :
http://www.winfiles.com/drivers/bios.html

Sumber: CHIP, November 98 /vi

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org