Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Situs-Situs Teknologi untuk Pelayanan

Tanggal: 2016-08-09
Kategori: Ulasan

1. Ayo PA: http://ayo-pa.org/

Situs Ayo PA dibuat dengan tujuan mendukung gerakan #ayo_PA!, yaitu gerakan untuk mengajak generasi digital melakukan pendalaman Alkitab dengan memanfaatkan teknologi abad ini. Hal ini diharapkan dapat mendorong generasi digital untuk melakukan PA menggunakan gadget mereka, yang adalah sesuatu yang jamak digunakan oleh masyarakat digital saat ini. Situs ini menyediakan berbagai informasi mengenai apa itu gerakan #ayo_PA!, latar belakang, tujuan, metode, dan materi presentasi gerakan #ayo_PA! khusus bagi Anda yang berminat menjadi trainer #ayo_PA! Situs ini juga menyediakan tautan yang terkait dengan berbagai situs dan media sosial yang bisa mendukung kegiatan PA Anda. Anda juga dapat mengikuti PA melalui Facebook dan Twitter Ayo PA, dan melakukan PA bersama teman-teman Anda. Mari berkunjung dan bergabunglah dalam gerakan ini, memahami firman Allah dengan gadget yang kita miliki sekaligus membagikannya kepada orang lain. (Ayu)

2. Facebook Ayo PA: https://www.facebook.com/ayo.ayo.pa

Facebook bernama "Ayo PA" ini merupakan salah satu komunitas PA online yang dibuat dengan tujuan untuk mengajak masyarakat Kristen, khususnya generasi digital, untuk menggalakkan kebiasaan ber-PA dan membagikan hasil PA di media sosial. Grup ini merupakan perpanjangan salah satu komunitas dari gerakan #ayo_PA! yang digagas oleh YLSA. PA ini menggunakan metode S.A.B.D.A. dalam pelaksanaannya. Apa istimewanya metode S.A.B.D.A. dalam PA ini? Metode ini pada dasarnya menekankan PA cara abad 21, yaitu PA dengan menggunakan gadget. Jika Anda masih awam dengan metode S.A.B.D.A., Anda bisa menanyakan lebih detil kepada Admin. Komunitas ini juga mengajak kita semua untuk melakukan PA secara online. Kita bisa mendiskusikan hal-hal yang belum jelas, yang kita temukan saat melakukan PA, dengan anggota-anggota di komunitas ini. Bacaan Alkitab yang akan digunakan untuk bahan PA akan di-posting oleh Admin setiap hari. Jadi, tidak alasan untuk tidak PA! Bagi Anda yang gemar menggunakan gadget saatnya bergabung dengan Facebook Ayo PA dan marilah kita mendalami firman Tuhan bersama-sama. (Andreas)

3. Apps4God: http://apps4god.org/

Apps4God adalah situs yang dibangun sebagai pusat informasi dari gerakan Apps4God, yaitu suatu gerakan yang mencoba menyatukan orang-orang Kristen untuk menyatakan kemuliaan Tuhan melalui teknologi. Melalui gerakan ini, Anda yang berminat menggunakan teknologi untuk pertumbuhan iman ataupun Anda yang ingin menggunakannya bagi pelayanan bisa berkomunikasi, berbagi, dan saling membantu dalam pengembangan teknologi. Ketika pertama kali membuka situs ini, Anda akan mendapat informasi mengenai garis besar Apps4God, visi dan misi, latar belakang, tujuan serta apa saja program yang akan dilakukan ketika kita bergabung dalam Apps4God. Situs ini memiliki konten unggulan yang disebut APPPS LIVE, yang merupakan publikasi Apps4God dan berisi informasi teranyar tentang gerakan ini. Selain APPPS LIVE, situs ini memiliki kolom lain, seperti Artikel, Komunitas, Media, Aplikasi, dan Ayo PA sebagai dokumentasi bahan-bahan yang lebih rinci. Selamat berkomunitas. (Ayu)

4. Cyber Missions: http://cybermissions.org/articles/

Bagian "artikel" dari situs Cyber Mission ini menyimpan koleksi bahan-bahan yang membahas peran teknologi internet dalam kegiatan misi. Kumpulan bahan tersebut disematkan dalam deretan link yang akan langsung Anda jumpai begitu Anda memasuki halaman terkait. Melalui bahan-bahan yang ada, Anda akan diajak untuk memahami lebih jauh hubungan antara teologi dan teknologi internet, dan bagaimana internet bisa digunakan untuk memfasilitasi kegiatan misi. Hal ini penting untuk dicermati bagi gereja mengingat generasi di era digital ini cenderung mencari informasi, berkomunikasi, dan berinteraksi di dunia maya yang menjadikannya ladang potensial bagi penginjilan. Bahan-bahan dalam situs ini banyak disimpan dalam format pptx dan tautan video/audio pihak ketiga sehingga lebih mudah dipelajari karena sudah diringkas sedemikian rupa, serta lebih interaktif karena melibatkan beberapa format media. (Ariel)

5. Church Tech Today: http://www.lifeway.com/churchtech/

Situs Church Tech Today mengulas berbagai teknologi terkini yang bisa digunakan untuk mendukung pelayanan gereja serta tip dan trik menggunakan masing-masing bentuk teknologi itu. Teknologi yang diulas secara umum adalah teknologi yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya ada media sosial, website, dan berbagai aplikasi, baik mobile maupun desktop. Namun tidak menutup kemungkinan, teknologi-teknologi yang masih akan bermunculan ke depan juga akan dibahas. Selain konten utama, situs ini juga memungkinkan Anda untuk berkonsultasi dengan Admin terkait pengelolaan teknologi di gereja melalui menu "Consulting", yang bisa Anda akses pada menu bar paling atas. Bagi pelayan Tuhan, materi situs ini bermanfaat supaya mereka mengetahui teknologi apa yang biasa dipakai generasi digital dan bisa menggunakannya dengan baik untuk bisa menjangkau generasi ini. (Andreas)

6. Life Way: http://www.lifeway.com/churchtech/

Penggunaan teknologi dalam pelayanan menjadikan gereja bisa menyampaikan firman Tuhan dan informasi seputar intern gereja secara lebih luas karena menggunakan media yang umum dan sering digunakan oleh generasi di era digital. Melalui situs lifeway.com halaman teknologi, Anda akan diajak untuk mengenali berbagai bentuk teknologi yang bisa digunakan dalam pelayanan serta cara pengelolaannya. Namun, tidak hanya sisi software dan hardware, situs ini akan cukup banyak pula mengulas sisi 'brainware' (manusia yang menggunakan). Semua bahan telah dikelompokkan dalam hampir 30 kategori yang bisa Anda lihat pada menu dropdown yang terletak di tengah halaman. Banyaknya tawaran konten untuk dibaca menjadikan situs ini layak dikunjungi, khususnya bagi Anda pengelola gereja yang ingin membuat pelayanan Anda lebih menarik bagi generasi digital. Konten disajikan melalui video atau artikel dengan poin-poin penjabaran yang padat dan ringkas, tetapi memberi solusi. (Ariel)

7. Faith & Leadership: https://www.faithandleadership.com/category/topics/technology

Situs Faith & Leadership akan menyorot dua sisi teknologi, yaitu manfaatnya bagi pelayanan dan dampak negatifnya ketika teknologi tidak digunakan dengan bijak. Materi disajikan dalam format blog yang berisi rangkaian opini pribadi para kontributornya mengenai teknologi. Selain itu, situs ini juga tidak akan banyak mengulas tentang "how to" atau teknis menggunakan teknologi, tetapi lebih pada hikmat penggunaannya. Materi yang ada dalam situs ini cocok diterapkan oleh para pelayan Tuhan supaya mereka bisa belajar menggunakan teknologi dengan tepat dan dapat membimbing jemaat dalam menggunakan teknologi bagi kemuliaan Tuhan. Selamat membaca. (Pioneer)

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org