Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Mengelola E-Mail Dengan Eudora

Tanggal: 1999-07-13
Kategori: Email

Mengelola e-mail sekarang bukan lagi menjadi hal yang menyulitkan. Bila dulu kita sering direpotkan dengan kesulitan mengatur setting program e-mail atau dalam mengorganisir e-mail maka sekarang kita 'agak' bisa bernafas lega. Kehadiran Eudora, program e-mail buatan Qualcomm Inc, rupa-rupanya telah memperkecil segala kerumitan di atas yang tentu saja hal ini membuat banyak orang terpikat padanya. Berikut ada beberapa petunjuk praktis untuk mengorganisi e-mail anda dengan menggunakan Eudora.

  • Kelompokkan e-mail dalam Folder-Folder
    Buatlah Folder dan mailboxes baru guna mempermudah anda mengelola e-mail yang masuk. Eudora mengijinkan anda untuk memisahkan semua e-mail yang masuk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Caranya :

    1. pada Windows NT/95, Klik kanan sembarang folder. Lantas pilih New dari menu pop-up
    2. pada Windows 3.x, pilih Tool/View Mailboxes, lantas klik tombol "New". Beri nama folder tersebut jika anda ingin membuat folder, beri tanda centang pada kotak "Make it a Folder" lantas ketikkan nama folder tersebut.
    3. jika komputer anda Mac, pilih Special/Mailboxes, lantas klik tombol New Mailbox atau tombol New folder, kemudian ketikkan namanya.

  • Urutkan Pesan
    Eudora secara otomatis akan mengurutkan e-mail berdasarkan tanggal, dengan e-mail baru diletakkan dibawah. Pengurutan ini bisa diganti sesuai dengan yang anda inginkan, apakah berdasarkan Who , atau Subject, anda tinggal meng-klik judul kolom tersebut. Untuk membalik urutan, tinggal tekan tombol Shift

  • Melindungi Mailboxes
    Eudora memiliki mailbox In, Out, dan Trash dalam memori, jadi sangat penting untuk memperhatikan ukuran e-mail karena sistem yang bekerja dalam Eudora dibatasi oleh RAM, Qualcomm menyarankan bahwa space mailbox In dan Out kurang dari 1 MB. Anda yang sering menerima e-mail dalama kapasitas besar jangan lupa untuk membuat filter yang secara otomatis akan memilah dan menyimpan e-mail yang datang ke mailbox anda sehingga tidak masuk kedalam RAM. Jika anda mengirim e-mail dalam kapasitas besar, perlu anda ingat untuk menghilangkan tanda centang pada kotak Keep Copies pada bagian Sending Mail di bawah Tools/Option (Windows atau Special (Mac).

  • Membuat Filter Sederhana

    1. Pada Windows
      Pilih Tools/Filters pada menu utama, lantas klik tombol New. Beri tanda centang pada kotak Incoming.
    2. Pada Macintosh
      Pilih Special/Filters pada menu utama, lantas klik tombol New. Beri tanda centang pada kotak Outgoing dan Manual.
    Lantas pilih Form pada daftar Header, kemudian pilih Nickname dari daftar selanjutnya. Masukkan nama julukan atau alamat e-mail pada field teks sebelah kanan, dan tinggalkan default Ignore pada daftar berikutnya. Di bawah Action, pilih Make Label lantas klik kotak sebelah kanan, kemudian pilih salah satu label yang tersedia setelah itu tutup kotak dialog Filter dengan Yes saat ditanyakan apakah anda ingin menyimpan perubahan.

  • Dokumentasikan e-mail yang akan anda kirim.
    Eudora secara otomatis akan menyimpan pesan-pesan yang keluar sehingga Anda memiliki rekaman apa,dimana dan kapan e-mail anda kirim. (Salinan tersebut berada pada kotak Out). Cukup menarik untuk pemula, tetapi tidak untuk semuanya. Anda dapat membuat Eudora secara otomatis menyalin file-file e-mail penting yang anda kirimkan pada folder khusus sehingga memudahkan anda melacaknya jika suatu saat anda membutuhkan salinan data e-mail yang telah anda kirimkan. Caranya: Buat beberapa mailboxes baru, pilih misalkan satu untuk menerima e-mail penting atau satu unutk setiap perusahaan atau klien yang secara teratur mengirim surat. Lantas buallah filter untuk masing-masing penerima. Pilih Tools/Folder (Windows) atau Special/Filter (Mac) dari Menu Utama, kemudian klik tombol New, beri tanda centang pada kotak Outgoing, pilih To pada kotak yang ditunjukkan. Tinggalkan default Ignore untuk masuk ke layar berikutnya. Di bawah Action, pilih Transfer To, lantas pilih mailbox yang anda kehendaki pada kotak sebelah kanan. Tutup jendela Filters, kemudian klik save pada kotak dialog yang ditunjukkan.

  • Sumber: Komputek Edisi 120, Juli '99

    Catatan: Sebagian besar fungsi-fungsi (seperti pengelompokkan e-mail, peng- urutan pesan, filter, dan lain-lain) yang dijelaskan di atas dapat juga dioperasikan pada program-program e-mail yang lain.

    Tinggalkan komentar Anda...

    ke atas


    Kontak ICW: icw@sabda.org
    Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
    Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
    Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

     

    Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
    Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
    Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org