Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Tips Melindungi Komputer dari Hacker

Tanggal: 2011-06-27
Kategori: Pc

Komputer yang kita gunakan sehari-hari, sangat rentan terhadap berbagai serangan. Ada kalanya, kita menganggap bahwa komputer kita aman dan tidak akan terkena serangan, baik dari virus maupun "hacker".

Tip-tip di bawah ini memaparkan langkah-langkah untuk mencegah masuknya "hacker".

  1. Lakukan selalu penyimpanan untuk seluruh data Anda. Biasakan untuk selalu membuat backup atau cadangan untuk data. Simpanlah data-data tersebut ke dalam tempat terpisah -- di luar komputer Anda, misalnya di CD atau DVD.

  2. Periksa apakah komputer Anda memiliki "firewall" yang bagus. Hal ini perlu dilakukan agar dapat mencegah worm, trojan, dan spyware ketika mereka akan menginfeksi komputer Anda. Ada beberapa aplikasi/software yang meminta Anda untuk "disable" atau menonaktifkan "firewall", maka pertimbangkanlah untuk memilih alternatif antara aktif atau nonaktif.

  3. Jangan asal mendownload program atau aplikasi. Download-lah program dari situs atau tempat yang Anda percaya.

  4. Hati-hati terhadap file "attachment" yang tidak jelas atau yang tidak Anda ketahui, karena di dalamnya sering terdapat virus dan dapat membiarkan hacker dapat masuk ke sistem komputer Anda.

  5. Periksa browser Anda, serta setting email untuk keamanan. Coba pastikan, jika Anda secara teratur telah menghapus folder "cookies". Hal ini perlu dilakukan karena "cookies" dapat berpotensi memasukkan ancaman yang dapat merusak komputer, ataupun melacak aktivitas online yang Anda lakukan sehari-hari. Hal yang dapat Anda lakukan adalah mengatur "Internet zone", untuk "high" dan tab "trusted sites" dengan level keamanan "medium low".

  6. Berhati-hatilah terhadap Active-X dan file JavaScript. Kedua file ini adalah media yang sering digunakan para hacker untuk menanamkan virus dan elemen berbahaya lainnya di dalam program Anda.

  7. Selalu install anti virus dan pastikan untuk tetap selalu ter-update.

  8. Jika telah selesai digunakan, matikan komputer Anda, dan "disconnect" dari Internet, karena hacker tidak dapat mengganggu/menyusup ke dalam sistem komputer Anda, bila komputer Anda ada dalam keadaan offline/mati.

Diambil dari:

Nama situs: Artikel IT
Alamat URL: http://artikel-it.blogspot.com
Penulis artikel: Tidak dicantumkan
Tanggal akses: 21 Juni 2011
Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org