Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Internet bagi Kristus

Tanggal: 2008-01-24
Kategori: Web

Tidaklah mengherankan jika para penginjil telah menggunakan internet sebagai cara lain untuk memberitakan kabar baik tentang keselamatan kepada orang-orang, karena mereka suka mencoba hal-hal baru (Phil Barker).

Ketika pertama kali orang mengenal internet, banyak yang telah menggunakannya untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab. Hal ini membuat orang-orang Kristen tidak mau menggunakan internet untuk menyebarkan berita keselamatan. Sebenarnya apa dan bagaimana orang Kristen dapat memanfaatkan internet bagi kemuliaan Tuhan?

KELEBIHAN INTERNET

Sulit dan mahalnya biaya untuk menjangkau orang agar mereka mendapat keuntungan dari pelayanan kita menjadi tantangan tersendiri. Dengan sifat dasar internet, tantangan tersebut dapat diatasi. Berikut kelebihan-kelebihan yang dimiliki internet:

  1. Orang-orang zaman ini telah memberikan perhatian pada internet;
  2. Jumlah orang yang menggunakan internet semakin meningkat dengan cepat;
  3. Informasi didistribusikan dengan murah melalui internet;
  4. Pengunjung internet tidak dibatasi oleh keberadaan secara fisik;
  5. Waktu dan jarak bukanlah masalah dalam berkomunikasi via internet;
  6. Informasi terbaru dapat dibagikan dengan cepat secara global dan lokal.
KEKURANGAN INTERNET

Meski internet memunyai kelebihan yang dapat menunjang untuk pekerjaan memberitakan kabar keselamatan, namun ada baiknya jika kita juga memerhatikan empat kekurangan yang dimiliki internet.

  1. Kepasifan adalah kelemahan yang sangat terlihat jelas. Sulit untuk memasukkan situs kita ke dalam pikiran orang lain.

  2. Keadaan tanpa nama adalah salah satu cara favorit setan untuk menyerang orang-orang, memisahkan mereka, dan mendorong mereka pada kesepian.

  3. Isi yang tidak bermoral adalah kekurangan lain dari internet.

  4. Tidak adanya koreksi dan keseimbangan mengakibatkan setiap orang mudah menyebarkannya.

MEMAKSIMALKAN PELAYANAN MELALUI INTERNET

Demografi

Sebelum memulai pelayanan, Anda harus mengetahui siapa yang akan menjadi target atau sasaran. Internet dapat memberikan demografi untuk membantu Anda mengetahuinya.

Apologetika dan Penginjilan

Apologetika (penjelasan tentang iman) dan penginjilan adalah dua area pelayanan yang dapat ditemukan di internet. Jika Anda dapat menjawab dengan baik pertanyaan-pertanyaan atau menjelaskan doktrin-doktrin iman, Anda dapat memublikasikan artikel apologetika di situs pelayanan Anda.

Pelayanan Lintas Budaya

Internet memberi kesempatan bagi mereka yang melakukan pelayanan lintas budaya secara global agar bisa berkomunikasi secara internasional dengan biaya yang hemat. Mereka dapat mengirim dan menerima informasi meskipun berada di tempat lain yang terpisahkan oleh jarak dan waktu.

Pertumbuhan Orang-Orang Percaya

Para penginjil mulai menyadari bahwa potensi internet sama kuatnya seperti yang dilakukan oleh para pembela iman (apologet). Sekarang ini, para pendeta dan guru mulai menolong orang-orang percaya untuk bertumbuh. Jawaban-jawaban praktis atas pertanyaan-pertanyaan tentang doktrin, pemuridan, doa, orang tua, dan pelayanan, muncul di situs-situs gereja dan pelayanan.

Orang-Orang Kristen Memiliki Keuntungan Besar

Dua karakteristik yang penting dalam menggunakan internet untuk Tuhan adalah kemurahan hati dan perhatian orang. Lebih dari 90% pengguna internet mengatakan bahwa mereka mencari isi yang berkualitas tinggi dan layanan gratis. Keinginan orang-orang Kristen untuk melayani orang lain sesuai dengan dua syarat utama tersebut. Orang-orang Kristen seharusnya tidak membiarkan komunikasi internet hanya dikuasai oleh mereka yang cakap dalam hal teknis saja, namun masih kurang peduli dengan pelayanan. Jadi mengapa tidak menggunakan media internet bagi Kristus?

Diringkas oleh: Yohanna P.A.

Diringkas dari:

Nama situs: YLSA (Yayasan Lembaga SABDA)
Penulis : Billy N.
Alamat URL: http://www.sabda.org/ylsa/artikel/artikel_016
Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org