Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Intranet: Dunia Kecil Berbasis Internet

Tanggal: 1999-04-19
Kategori: Infonet

INTRANET, sebuah ungkapan yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna yang sudah pernah berkecimpung di dunia komputer dan telekomunikasi/internet; merupakan sebuah jaringan yang dibangun berdasarkan teknologi internet yang memiliki basis arsitektur di dalamnya berupa aplikasi dan komunikasi data. Dalam segi penggunaan, geografis maupun implementasinya, INTRANET bekerja secara luas dan maksimal seperti halnya internet. Namun sangat terbatas dalam hal privilege dan hak akses para pemakainya.

Dalam dunia internet, baik aplikasi yang diimplementasikan didalamnya, jumlah pengguna yang memanfaatkan teknologinya, maupun informasi yang selalu mengalami perubahan terus-menerus; sangatlah terbukti adanya perkembangan yang cukup cepat. Tentunya hal ini merupakan suatu keuntungan yang dapat dinikmati oleh banyak pengguna internet. Tetapi ada fakta lain lagi yang menunjukkan bahwa perkembangan yang ada di dunia internet dapat diimplementasikan secara langsung di dalam INTRANET. Hal inilah yang menyebabkan INTRANET sangat populer dan berkembang pesat sejalan dengan perkembangan yang ada di internet.

FUNGSIONALITAS DAN IMPLEMENTASI INTRANET Dalam sebuah komunitas yang terbatas, perusahaan misalnya, banyak pegawai/pemakainya dapat bekerja bersama-sama secara mudah dan efektif bilamana dalam sistem dan pola kerja yang diterapkan menggunakan fasilitas atau pun teknologi yang mendukung infrastrukturnya. Salah satu alternatif teknologi yang dapat diimplementasikan adalah INTRANET. Fungsionalitas dan kinerjanya sangat mendukung pola/sistem kerja yang cepat dan kolektif. Informasi perusahaan yang mencakup: Berita, prosedur kerja setiap divisi, kumpulan data penyimpanan, dan lain-lain dapat diintegrasikan dalam satu sistem pusat informasi yang berbasiskan HTML (HyperText Markup Language) atau yang lebih dikenal dengan istilah World Wide Web. Implementasi dan karakteristik INTRANET lainnya meliputi: jadwal perorangan dan kelompok (personal and group scheduling), pesan diterima ketika keluar (while were you out form), manajemen informasi bagi perorangan dan kelompok (personal/group information management) dan transfer dokumen secara langsung (straight document transfer).

Dari sekian banyak feature dan keuntungan yang menunjukkan daya guna bagi penyelesaian masalah dan perolehan informasi secara cepat, INTRANET dapat membuktikan kehandalan dan peranannya sebagai pusat infomasi/dunia kecil yang berbasiskan internet. /sbud

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org