Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Kapalan Karena Mouse, Produktif atau Penyakit?

Tanggal: 2006-08-31
Kategori: Other

Jogjakarta--Bagaimanakah mengidentifikasi pegawai yang produktif karena rajin bekerja (ataupun justru tidak produktif karena terlalu banyak menjelajah) di depan komputer? Gampang! Coba perhatikan bagian bawah telapak tangan kanan pegawai Anda. Lalu lihat di bagian kiri bawahnya.

Jika mereka yang sudah lama menggunakan komputer dan tetap sering menggunakan tetikus (mouse) tentunya, akan tampak semacam bercak coklat hingga kehitaman. Istilah Indonesianya, kapalan.

Tentu saja pertanyaan di atas hanya sekedar gurauan. Tapi pastinya, adanya kapalan tersebut menandakan cara penggunaan tetikus yang salah sehingga menimbulkan semacam trauma di bawah kulit.

Penyebabnya adalah karena ketika menggunakan tetikus, antara penampang telapak tangan dengan lengan bawah kita (yang dibatasi oleh pergelangan tangan), kerap membentuk sudut yang tajam. Selain itu, telapak tangan (jari-jari) kita cenderung mengarah ke arah kanan.

Kita pun cenderung memiringkan posisi telapak tangan kita ke arah kanan dan menumpukan beban seluruh tangan kita (dari lengan atas, lengan bawah, dan telapak tangan) ke salah satu titik pada pergelangan tangan di atas alas yang keras.

Kesalahan pengoperasian tetikus tersebut lambat laun akan menimbulkan kelainan yang salah satunya cukup kentara, yaitu menghitamnya (atau menjadi coklat tua) daerah tertentu pada bagian bawah telapak tangan kanan kita.

Cara yang Baik

Lalu bagaimana sebenarnya menggunakan tetikus yang baik dan benar? Pastinya, tangan Anda tidak boleh membentuk sudut yang tajam. Lalu arah dari lengan atas, lengan bawah hingga ke ujung jari Anda berada pada garis yang lurus. Dan kemudian, telapak tangan Anda tak terlalu miring ke kanan sehingga hanya menumpu pada satu titik saja.

Untuk itulah, beberapa jenis tetikus ergonomis kemudian dirilis untuk memperbaiki posisi tangan menjadi lebih baik.

Cara lain adalah dengan menggunakan "wrist rest" yang biasanya menjadi satu dengan beberapa jenis alas tetikus (mouse pad).

Tujuan dari penggunaan beberapa alat bantu di atas adalah untuk memperbaiki sudut elevasi antara penampang telapak tangan dengan lengan bawah kita. Dengan demikian, sudut yang ditimbulkan saat kita mengoperasikan tetikus tak lagi tajam dan cenderung menjadi lebih landai.

Selain itu pula, kemiringan posisi tangan ke arah kanan dapat dikoreksi jika menggunakan tetikus ergonomis. Salah satu titik di penampang telapak tangan (yang menerima beban berat dari keseluruhan tangan) tak lagi "diadu" dengan alas yang keras, jika menggunakan "wrist rest".

Beberapa orang bahkan ada yang memilih menggunakan "trackball" ataupun pen, ketimbang tetikus.

Penyakit Lainnya

Yang kemudian perlu diwaspadai, ternyata penggunaan tetikus dengan cara yang salah akan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan (penyakit) lain, selain dari kapalan tersebut.

Beberapa di antaranya adalah "Carpal Tunnel Syndrome", "Wrist" atau "Forearm Tendonitis", dan "Repetative Strain Injury". Secara umum, permasalahanya adalah pada kinerja syaraf dan otot yang menggerakkan seluruh sendi dan tulang pada tangan kita.

Keausan otot tertentu hingga rasa sakit yang luar biasa pada jari-jari kita menjadi salah satu akibat dari teknik menggunakan tetikus yang salah. Jadi, waspadalah!

Jadi, apakah telapak tangan kanan Anda kapalan karena tetikus? Dan kalau iya, apakah Anda termasuk produktif dalam bekerja (atau justru dalam memainkan permainan komputer, menjelajah, atau merumpi--chatting)?

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org