Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Mari Ber-PESTA!

Tanggal: 2006-05-10
Kategori: Other

Belajar teologia bukan lagi kebutuhan para rohaniawan saja. Kaum awam pun memerlukan pembelajaran-pembelajaran teologia untuk memperlengkapi diri melayani Tuhan dan memperkuat iman. Untuk belajar Alkitab di dunia internet, ada sebuah situs yang khusus melayani kaum awam di bidang pendidikan teologia. Silakan berkunjung ke Situs PESTA Online di http://www.pesta.org/.

Sebagai situs yang menawarkan sistem distance learning dan distance education (pembelajaran dan pendidikan jarak jauh), PESTA Online menerapkan sistem pembelajaran untuk orang dewasa. Artinya, para peserta sendiri yang saling membagikan pengetahuan dan kebenaran- kebenaran yang selama ini telah didapat/dipelajari, baik secara kognitif maupun pengalaman. Walaupun tidak ada acara tatap muka namun para peserta, yang tergabung dalam "Kelas Virtual" (KV), dapat secara aktif saling berinteraksi dengan didampingi oleh bahan-bahan referensi dan seorang moderator yang berperan sebagai fasilitator (bukan guru dalam konsep pendidikan tradisional).

Jika Anda mengunjungi halaman depan dari Situs PESTA ini, Anda akan langsung dapat melihat bahan-bahan teologia yang disediakan. Bahan- bahan tersebut dikategorikan menjadi empat kategori, yaitu Teologi Sistematika, Teologi Biblika, Teologi Praktika, dan Teologi Historika. Seluruh bahan dari situs ini dapat diperoleh dengan tiga cara yaitu:

  • men-download sendiri (pdf, html, atau text),
  • membaca bahan secara online, atau
  • dikirim (attachment) melalui e-mail bagi peserta Kelas Virtual.
Pada setiap bahan terdapat tiga bagian penting yaitu bahan pelajaran, pertanyaan, dan referensi.

Syarat untuk dapat bergabung menjadi peserta kursus KV PESTA cukup mudah, yaitu dengan mengisi formulir pendaftaran yang sudah tersedia pada situs atau mendaftar lewat email ke . Setelah mendapatkan bahan pelajaran, peserta harus mempelajari bahan dan mengerjakan semua tugas (menjawab pertanyaan) yang diberikan. Tugas-tugas tersebut akan dinilai oleh Moderator dan hasilnya dapat dilihat oleh peserta di Situs PESTA di halaman Students` Corner. Dengan menyelesaikan tugas tersebut pendaftar secara resmi diterima menjadi peserta Kelas Virtual PESTA.

Dalam Kelas Virtual tersebut, semua peserta yag sebelumnya telah mempelajari bahan dan mengerjakan tugas, dapat berdiskusi bersama dalam kelompok belajar yang tergabung dalam milis diskusi. Moderator yang mendampingi dan mengarahkan diskusi akan mengatur topik-topik diskusi yang diusulkan oleh para peserta. Diskusi akan berlangsung selama satu bulan dan diharapkan dalam waktu tersebut semua pertanyaan teologia yang menjadi pergumulan para peserta PESTA dapat didiskusikan bersama. Karena keaktifan peserta menjadi syarat utama dalam KV PESTA ini, maka peserta yang tidak aktif dalam waktu yang ditentukan maka peserta tidak akan diizinkan untuk melanjutkan keanggotaanya dan tidak lulus dari kelas. Bagi peserta yang lulus, sebuah sertifikat non-formal akan diberikan sebagai penghargaan akan jerih payah belajar mereka.

Halaman Students` Corner pada Situs PESTA Online adalah halaman khusus yang berfungsi sebagai papan pengumuman untuk para peserta kursus PESTA. Selain peserta PESTA dapat memperoleh informasi tentang nilai atas tugas-tugas yang dikerjakan, peserta juga bisa melihat foto-foto para peserta lain yang tergabung dalam keluarga alumni PESTA.

Penjelasan lengkap tentang PESTA dan bagaimana pelaksanaan kursus virtual ini bisa dilihat di:
==> http://www.sabda.org/pesta/tentang.php [Tentang PESTA]
==> http://www.sabda.org/pesta/petunjuk.php [Prosedur]

Berikut ini beberapa kelebihan dari Situs PESTA Online:

  1. Memiliki bahan (modul) pelajaran yang lengkap dan terpadu. Situs PESTA Online memiliki link ke berbagai situs yang mendukung sistem pembelajarannya. Contohnya, link ke Sabda WEB untuk akses langsung ke Alkitab Online dan bahan-bahan biblika, link ke e-Learning untuk mendapatkan referensi dari bahan-bahan teologi lainnya, dan link ke berbagai situs lain sejenis. Sistem yang terpadu ini memudahkan peserta kursus untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang bagaimana belajar Alkitab secara online.
  2. Menawarkan kelas virtual PESTA terpadu yang tidak ditawarkan oleh situs lain, termasuk halaman menyediakan halaman untuk hasil laporan tentang peserta (Students` Corner).

Kelebihan Kelas Virtual yang ditawarkan di Situs PESTA Online:

  1. Gratis
    Untuk menjadi peserta kursus, para pendaftar tidak dikenakan biaya apapun tapi mendapatkan pelayanan yang terbaik.
  2. Mudah
    Cara pelaksanaan kursus yang mudah dan tidak berbelit-belit. Untuk mengikuti kursus para peserta hanya memerlukan koneksi internet, bahkan bisa dilakukan lewat warnet karena tidak memerlukan sistem perkuliahan tatap muka.
  3. Belajar Bersama
    Pada sesi diskusi, para peserta dapat belajar bersama dalam sebuah komunitas yang benar-benar rindu belajar firman Tuhan. Di sini para peserta kursus dapat memberikan opini, masukan, pendapat, dan juga pertanyaan yang akan dipecahkan bersama-sama.
  4. Moderator
    PESTA Online memiliki moderator khusus yang mendampingi diskusi, sehingga arah pembicaraan dan proses diskusi dapat berjalan secara teratur dan disiplin.
  5. Staf PESTA
    Kursus Virtual PESTA ditangani dengan serius oleh beberapa orang staf khusus, sehingga kursus ini benar-benar ditangani secara profesional.
  6. Memperdalam Iman
    Yang paling menggembirakan adalah, di tengah-tengah kesibukan yang begitu padat, para kaum awam masih dapat belajar firman Tuhan dan teologia untuk melengkapi hidup yang melayani, khususnya di market place di mana Tuhan tempatkan mereka, yang sering kali belum tersentuh oleh gereja.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, silakan berkunjung ke Situs PESTA Online di alamat:
==> http://www.pesta.org/
==> http://www.sabda.org/pesta/
atau
menulis surat ke:
==> Staf PESTA < kusuma(at)in-christ.net >

Jadwal Kelas Virtual PESTA 2006:
Kelas Guru Sekolah Minggu (GSM) ==> Mei/Juni 2006
Kelas Dasar-Dasar Iman Kristen (DIK) ==> Agustus/September 2006

Untuk mendaftar silakan mengisi Formulir Pendaftaran yang tersedia di bagian Kolom Stop Press di edisi ICW ini.

Kemuliaan hanya bagi Tuhan kita Yesus Kristus.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org