Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Sedikit Mengenal tentang Wikipedia

Tanggal: 2006-03-09
Kategori: Web

Wikipedia, Gudang Ilmu Dunia
Jika Anda adalah seseorang yang memiliki rasa ingin tahu besar, atau Anda adalah seorang yang selalu haus akan ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang, atau hanya sekadar ingin mencari informasi untuk menyelesaikan tugas, mungkin salah satu situs yang paling tepat untuk dikunjungi adalah Wikipedia < http://www.wikipedia.org >.

Memang benar kata sebagian orang, Wikipedia adalah situs yang semakin digali semakin menarik untuk ditelusuri. Tentu ini hanya berlaku bagi yang haus akan pengetahuan. Karena di dalamnya terdapat banyak sekali halaman web yang berisi informasi yang saling terkait.

Misalnya saja Anda ingin mencari sejarah mantan Presiden Soekarno, biografi dan segudang pernak-pernik lainnya, pasti akan muncul. Mulai dari perjalanan karir, hasil yang dicapai, pengalaman pribadi, hingga masa jatuhnya. Semua tersaji cukup lengkap dan akurasinya cukup baik. Namun, yang membuat halaman ini unik, pada kata-kata yang menarik dan dapat digali lebih lanjut informasinya, pasti akan ada hyperlink-nya. Kemudian hyperlink ini dapat Anda klik dan muncullah informasi lengkap dan detail dari kata menarik tersebut.

Wikipedia memang sederhana, tetapi sangat hebat. Sebenarnya situs ini hanyalah sekumpulan halaman web yang banyak dan saling terkait satu sama lain. Tidak ada yang istimewa dari halaman web ini. Namun, yang membuatnya bisa begitu hebat adalah sistem kolaborasinya yang dapat memudahkan para relawan dan para administratornya untuk selalu meng-update isi dan informasi di dalamnya. Siapa sajakah relawan dan administrator informasi dari situs Wikipedia? Jawabnya adalah, siapa saja.

Teknologi Wikipedia sebenarnya berasal dari aplikasi yang bernama Wiki. Kemudian aplikasi ini digunakan dan dikembangkan menjadi Wikipedia yang sekarang. Apa sebenarnya aplikasi Wiki tersebut, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana seluk beluk Wikipedia, akan dibahas di bawah ini.

Apakah Wiki?
Wiki merupakan kata yang terdengar sangat lucu jika diucapkan. Sebenarnya Wiki berasal dari istilah dalam bahasa Hawai yang berarti cepat. Namun, entah apa sebabnya, nama ini digunakan oleh seseorang yang bernama Ward Cunningham untuk menamai software buatannya.

Kini dalam dunia Internet nama Wiki menjadi populer dan dapat diartikan sebagai sebuah fasilitas atau aplikasi yang dapat menciptakan dan menampung halaman web dalam jumlah besar yang kemudian menggabungkannya menjadi satu kesatuan yang saling terkait sehingga membentuk database informasi yang luas dan lebar dan mungkin saja tanpa batas.

Mengapa Wiki Begitu Populer?
Wiki menjadi populer dan digunakan oleh banyak orang karena kelebihannya yang memudahkan pengguna untuk memanajemen informasi yang dimilikinya. Jika Anda memiliki sekumpulan informasi tetapi tidak tahu bagaimana menampilkannya dengan baik, coba saja gunakan Wiki.

Mudah digunakan, sederhana, dan ringan tetapi hasilnya sangat mengagumkan, begitulah Wiki. Seperti halnya membuat email atau membuat halaman blog, Wiki juga hampir semudah kedua fasilitas tersebut. Bedanya, Wiki mengizinkan sekelompok orang untuk masuk ke dalam halaman administrasi untuk kemudian mengubah, menambahkan, mengurangi dan memperbaiki informasi yang ada di dalamnya. Karena informasi kian penting nilainya di zaman digital ini, maka Wiki, sang manajer informasi, menjadi populer. Apalagi didukung oleh popularitas dari Wikipedia, penggunaan Wiki semakin populer.

Apa yang Terjadi dalam Wiki ?
Di dalam aplikasi Wiki, berjuta-juta halaman web yang terdapat di dalamnya dapat berasal dari satu orang atau lebih. Halaman web di dalam Wiki dapat diciptakan oleh banyak orang, dapat diedit oleh siapa saja yang berhak, dan dapat ditambahkan, dikurangi, atau ditanggapi dengan lebih leluasa oleh orang lain, namun masih dapat dikontrol oleh pengelolanya.

Dengan kata lain, Wiki adalah juga sebuah collaborative software atau software untuk melayani kolaborasi dari banyak orang untuk membuat sebuah halaman situs. Dengan demikian, proses pembuatan halaman web HTML menjadi lebih cepat dan sederhana.

Melihat karakteristiknya yang demikian, tidak heran jika Wiki sangat banyak digunakan untuk sarana menampung informasi dalam jumlah banyak yang sifatnya korektif dan dapat dimodifikasi oleh banyak orang.

Penggunaan tersebut, misalnya, untuk kepentingan sebuah perusahaan menjaga keutuhan dokumentasinya, untuk kepentingan institusi pendidikan dalam memberikan materi pelajaran sesuai kurikulum, untuk kepentingan organisasi dalam melakukan dokumentasi kegiatan dan informasi keanggotaannya, untuk pendistribusian informasi sejarah pada sebuah museum, dan banyak lagi.

Bagaimana Sejarah Wiki?
WikiWikiWeb merupakan nama pertama dari software Wiki di dunia maya. WikiWikiWeb ini pertama kali diperkenalkan oleh Ward Cunningham pada tanggal 25 Maret 1995 sebagai persembahan untuk Portland Pattern Repository, sebuah perusahaan pengoleksi pola-pola desain software. Cunningham merupakan penemu ide dan pencipta aplikasi Wiki engine yang pertama.

Ia menggunakan nama Wiki setelah terinspirasi oleh sebuah istilah yang ia dengar di bandara di kota Honolulu Hawai, yaitu istilah untuk menyebut sebuah shuttle bus, wikiwiki bus. Halaman wikiwikiweb-nya yang pertama dibuat menjadi berformat HTML dengan menggunakan bantuan script perl pada tahun 1994-1995. Halaman wikiwikiweb masih aktif dan dapat Anda kunjungi pada situs http://c2.com/cgi-bin/wiki/.

Kini Wiki bisa Anda nikmati dalam banyak bentuk dan aplikasi. Karena Wiki di bawah lisensi GNU, maka siapa saja dapat menggunakannya dan memodifikasinya. Maka itu, perkembangan Wiki menjadi meluas ke mana- mana. Salah satu aplikasinya yang paling populer adalah Wikipedia.

Bagaimana Membuat dan Mengedit Halaman Wikipedia?
Siapa pun dan kapanpun halaman web dapat dibuat dengan mudah di Wikipedia. Untuk mengeditnya pun, Anda tinggal mengklik link "edit this page" pada bagian atas halaman Wiki. Setelah itu, muncul halaman editingnya, lengkap dengan tools editor, simbol-simbol, dan halaman editing. Selesai diedit, klik tombol Save page untuk menyimpan, maka jadilah halaman Wiki Anda.

Teks dalam Wiki memiliki syntax tersendiri, berbeda dengan HTML. Format penulisannya sering disebut dengan istilah wikitext. Alasan mengapa digunakan wikitext adalah untuk menghindari tag-tag serta perintah yang tidak human readable, sehingga akan membingungkan editornya. Wiki memang dibuat senyaman dan semudah mungkin untuk dibuat maupun dibaca.

Kunjungilah Gudang Ilmu Dunia
Jangan ragu-ragu lagi. Jika di depan Anda ada sebuah PC dengan koneksi internet, segeralah ketikkan halaman situs http://www.wikipedia.org, kemudian pilih bahasa yang Anda sukai. Setelah itu, Anda sudah berada di dalam gudang ilmu dunia.

Jika Anda menguasai suatu bidang dengan sangat baik, tidak ada salahnya untuk mengontribusikan pengetahuan Anda tersebut di dalam Wikipedia. Coba saja daftarkan diri Anda untuk menjadi sukarelawan informasi. Jasa Anda ini akan dinikmati oleh pengunjung situs dari seluruh belahan dunia. Hebat, bukan?

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org