Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Content Management System (CMS)

Tanggal: 2005-04-08
Kategori: Web

Pembuatan sebuah situs saat ini bukanlah hal rumit yang hanya dapat dikerjakan oleh mereka yang memiliki keahlian untuk membuat situs. Ada banyak fasilitas (software, script, atau layanan online) yang dapat digunakan untuk menolong mereka yang masih awam untuk membangun sebuah situs dengan cepat, mudah, dan tanpa memikirkan bahasa pemrograman yang akan kita gunakan. Salah satunya ialah Content Management System (CMS).

Secara sederhana, CMS dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang akan memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam membuat dan mengelola sebuah situs tanpa perlu dibekali dengan berbagai pengetahuan teknis. CMS akan menolong setiap orang (entah pemula atau mahir) untuk merealisasikan mimpinya memiliki sebuah situs yang besar dan nampak profesional. Dengan menggunakan CMS, Anda hanya perlu menentukan bentuk situs dan isi tanpa perlu memikirkan masalah bahasa script yang dipakai untuk membuat sebuah situs.

CMS terdiri dari kumpulan halaman yang berisi berbagai bahasa pemrograman untuk membuat situs (html, php, asp, atau cgi dan perl). Dengan demikian Anda hanya perlu menaruh file-file CMS tersebut ke dalam situs Anda lalu mengikuti petunjuk instalasi yang ada sehingga CMS tersebut dapat dijalankan di situs yang sedang Anda buat.

Manfaat dan Keuntungan CMS

Selain menolong orang membuat situs, CMS juga memberikan segudang manfaat dan keuntungan baik bagi pembuat situs (webmaster) atau penikmat situs tersebut. Berikut beberapa manfaat dan keuntungan dari penggunaan CMS:

1. Kemudahan untuk Mengelola dan Mengatur Isi Situs

Inilah fungsi utama dari CMS. Semua informasi yang Anda masukkan dapat dikelola secara rapi sehinga bila suatu waktu Anda ingin mengubah atau menghapus sebuah informasi, Anda dapat melakukannya dengan mudah dan cepat. Anda juga tidak perlu bingung pada halaman mana Anda harus menaruh sebuah informasi karena CMS-lah yang akan mengerjakannya. Anda hanya perlu memasukkan dan menentukan pada topik/kategori mana isi situs itu ingin diletakkan. Anda juga dapat menentukan batas waktu informasi yang ingin Anda tampilkan.

2. Pengaturan Tampilan

Anda dapat memindahkan dengan mudah dan cepat bagian menu utama ke kiri atau ke kanan dan menampilkan atau menyembunyikan sebuah blok sesuai dengan selera Anda. Hal ini tentu saja lebih efisien dibanding dengan membuat situs sendiri.

3. Adanya Beragam Template

Setiap CMS biasanya menyediakan beberapa template yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Hanya dengan satu klik, maka secara otomatis tampilan situs Anda akan berganti. Selain itu keberadaan beberapa template juga akan memberikan kebebasan pada pengunjung untuk memilih tampilan apa yang mereka inginkan dari sebuah situs.

4. Fasilitas yang Terus Bertambah

Sebuah CMS dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik dan akan terus bertambah setiap saat. Selain fasilitas standar yang terdapat dalam script CMS yang telah Anda download, terdapat juga fasilitas tambahan yang dapat Anda download dari situs-situs penyedia fasilitas tersebut. Keberadaan berbagai fasilitas ini tentu saja akan membantu Anda untuk mengisi situs Anda dengan berbagai fungsi yang menarik. Beberapa fasilitas yang umum ada yaitu menampilkan tulisan, pendaftaran anggota, forum diskusi, polling, pembagian kategori tulisan, dan lain-lain.

5. Partisipasi dari Pengunjung

Pengelola Situs CMS tidak perlu kuatir akan berjuang sendirian untuk mengembangkan situsnya karena CMS juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk ikut mengembangkan situs tersebut. Seorang pengunjung dapat dengan mudah mengirimkan artikel atau informasi sesuai dengan situs yang ia kunjungi. Selanjutnya pengelola tinggal membaca informasi tersebut dan menampilkannya bila cocok atau menghapusnya bila tidak sesuai.

6. Membentuk Komunitas

Dengan menerapkan sistem kenggotaan bagi para pengunjung, maka secara tidak langsung Anda juga dapat menciptakan sebuah komunitas online menggunakan CMS. Dengan demikian, secara tidak langsung pula situs Anda dapat semakin berkembang karena bertambahnya jumlah anggota dan partisipasi anggota dalam mengirimkan tulisan dan mengikuti forum diskusi.

7. Belajar Membuat Situs

Walaupun Anda tidak harus menjadi seorang master dalam bidang web, dengan mempelajari penggunaan sebuah CMS, secara tidak langsung akan menolong Anda untuk belajar mengenai design, stuktur, dan script untuk membuat sebuah situs. Dengan begitu menggunakan CMS akan memberikan 2 keuntungan bagi Anda. Pertama, Anda dapat membuat dan mengelola sebuah situs dengan mudah dan cepat dan yang kedua, secara tidak sengaja Anda juga telah belajar untuk membuat dan mengelola sebuah situs.

Pengguna

Dari sisi pelayanan CMS sangat cocok digunakan oleh:



1. Situs Gereja, organisasi pelayanan, atau situs pribadi yang selalu di-update dengan berisi berbagai informasi jadwal pelayanan dan tulisan rohani.

2. Gereja atau organisasi pelayanan yang ingin membentuk komunitas online baik untuk anggotanya (jemaat gereja atau anggota organisasi) maupun untuk umum.

3. Gereja, organisasi pelayanan, atau pribadi yang ingin membuat situs dan tidak memiliki keahlian dan waktu yang cukup banyak untuk mengelolanya.

Jenis CMS

Saat ini terdapat begitu banyak CMS dengan berbagai fasilitas dan tampilan yang berbeda satu dengan yang lain. Sebagian menggunakan script ASP, PHP, CGI, dan Perl. Untuk memilih CMS mana yang terbaik memang tidaklah terlalu mudah. Setiap orang memiliki kriteria sendiri-sendiri untuk memilih sebuah CMS. Dan biasanya setelah menjatuhkan pilihan terhadap sebuah CMS, orang tersebut akan sulit berganti ke CMS lainnya walupun CMS tersebut lebih bagus dari CMS yang ia pakai.

Berikut beberapa situs yang menyediakan CMS yang dapat Anda download dengan gratis:

* Max Web Portal (ASP)
==> http://www.maxwebportal.com/

* Dot Net Nuke (ASP.net)
==> http://www.dotnetnuke.com/

* Meta Dot (CGI dan Perl)
==> http://www.metadot.com/metadot/index.pl

* PHP Nuke (PHP)
==> http://www.php-nuke.org/

* Post Nuke (PHP)
==> http://www.postnuke.com/

* Mambo Server (PHP)
==> http://www.mamboserver.com/

* PHP Website (PHP)
==> http://phpwebsite.appstate.edu/

Referensi

Artikel mengenai CMS yang disajikan dalam edisi kali ini hanya memberikan penjelasan sederhana mengenai CMS. Jika Anda masih menemukan kendala dan ingin mengetahui lebih banyak mengenai CMS, silakan Anda berkunjung ke alamat situs di bawah ini:

* Ilmu Komputer
==> http://ikc.vlsm.org/umum/kemas-cms.php

* CMS Forum
==> http://www.cms-forum.org/

* Content Management Tutorial
==> http://www.techtutorials.info/contentm.html

* CMS Review
==> http://www.cmsreview.com/

* ERP Today
==> http://erptoday.com/CMS/Content-Management-Tutorial.aspx

/HarTinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org