Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Pendidikan Jarak Jauh (Distance Education)

Tanggal: 1999-04-06
Kategori: Infonet

Pepatah mengatakan "Carilah ilmu setinggi langit". Karena itu, dalam belajarpun, banyak orang tidak mengenal batasan waktu, tempat dan umur. Kehausan orang untuk mempelajari segala sesuatu semakin terus berkembang, walaupun saat usia semakin beranjak dewasa dan banyak kebutuhan yang harus dipikirkan selain belajar.

Di jaman modern ini, anda tidak perlu merasa kuatir untuk belajar. Melalui internet, anda dapat mengikuti sistem 'distance education' (pendidikan jarak jauh) secara on-line. Distance education adalah suatu sistem pendidikan jarak jauh yang saat ini mulai populer di kalangan pengguna internet. Sistem ini tidak dibatasi oleh tempat, jarak, dan waktu karena sistem ini menggunakan internet sebagai infrastruktur dan pendukung utamanya. Selama anda memiliki komputer dan modem, serta memiliki minat untuk belajar, anda dapat mengikuti pendidikan apapun yang ditawarkan oleh sistem ini. Sistem pendidikan seperti ini juga mulai banyak digunakan dalam pendidikan kekristenan, khususnya di negara-negara maju seperti Amerika.

Sebagai contoh, bila anda tertarik dalam bidang pelayanan, maka "Rescue College" di Missouri (USA) dapat menjadi pilihan anda. Pendaftaran dibuka sepanjang tahun dan anda dapat belajar tentang administrasi nonprofit, akuntansi nonprofit, prinsip- prinsip manajemen, konseling, dan masih banyak lagi.

Selain itu, melalui Christian Distance Learning Directory (CDLD), yang dibuat oleh Jason D. Baker (penulis dari "Christian Cyberspace Companion"), anda akan mengetahui profil dari 125 colleges (akademi) yang berakreditasi untuk kredit perkuliahan program sertifikat, atau bahkan untuk program sarjana, program master (S2) maupun program doctor (S3). Anda tinggal memilih sesuai dengan keinginan anda.

Dari Golden Gate Baptist Theological Seminary (GGTBS) menawarkan program Master of Theology secara on-line, bekerja sama dengan Northern California Campus milik GGBTS. Sebenarnya, kelas on-line dari GGTBS yang pertama akan dimulai pada bulan Agustus 1999, akan tetapi pendaftarannya sudah ditutup pada bulan Pebruari 1999. Ada kemungkinan, anda akan mendapatkan informasi tentang pendaftaran yang baru saat anda berkunjung ke situs GGBTS.

Ada juga Berean University of the Assemblies of God (BUAG), sebuah universitas yang menawarkan pendidikan Alkitab jarak jauh, memiliki 22 kursus Internet yang dimulai sejak 11 Januari 1999. BUAG menyediakan tiga jenjang studi yakni: program diploma, program "undergraduate" dan program "graduate". Pusat belajar virtual di BUAG meliputi panduan dari instruktur dan audio internet dari siswa ke siswa. Selain itu, siswa dapat berpartisipasi dalam forum, memiliki akses ke perpustakaan, dan dapat mengerjakan ujian secara on-line. BUAG juga memiliki sebuah kapel untuk pujian syukur dan permohonan doa, kebaktian harian, dsb. Satu hal lagi, katalog BUAG tersedia secara on-line.

Berikut ini adalah alamat-alamat URL untuk pendidikan Kristen jarak jauh di luar Indonesia dan tentu saja semua memakai bahasa Inggris.

 PESTA (Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam)
http://www.pesta.org/

 Rescue College
http://college.iugm.org/

 Christian Distance Learning Directory:
http://training.loyola.edu/cdld/

 Christian Cyberspace Companion:
http://www.bakerbooks.com/ccc/

 Golden Gate Baptist Theological Seminary:
http://www.ggbts.edu/

 Berean University of the Assemblies of God (BUAG),
http://www.berean.edu

Untuk di Indonesia, memang belum sepopuler di Amerika, tetapi suatu pelayanan pendidikan elektronik Kristen Jarak Jauh di Indonesia telah dipelopori dan diselenggarakan atas kerjasama dari In-Christ.Net dan YLSA yang dinamakan PESTA/Pendidikan Elektronik Studi Teologi Awam (sudah diulas pada ICW yang lalu). Kursus yang diselenggarakan oleh PESTA ini belum mencapai jenjang akreditasi, tetapi dimasa mendatang kemungkinan ke arah itu pasti terbuka lebar. Untuk informasi lebih lanjut silakan mengirimkan pertanyaan ke alamat:

Admin PESTA

Sumber: IFC edisi tahun 1998 dan PESTA /en

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org