Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Situs Forum Diskusi

Tanggal: 2003-06-23
Kategori: Web

Situs Forum Diskusi merupakan salah satu bentuk dari komunitas online yang menekankan pada bentuk diskusi online. Keberadaan Situs Forum Diskusi ini dianggap sebagai "penyempurnaan" dari diskusi melalui email atau yang lebih dikenal dengan nama Mailing List (Milis). Berbeda dengan Milis yang memanfaatkan email sebagai sarana utama untuk berdiskusi maka Situs Forum Diskusi memakai website sebagai sarana diskusi. Dengan kata lain semua diskusi dilakukan di website sedangkan email hanya berfungsi sebagai alat komunikasi untuk memberitahukan kejadian-kejadian seputar Situs Forum Diskusi tersebut.

Kelebihan dari Situs Forum Diskusi dibandingkan dengan Milis lewat sarana email terletak pada pengorganisasian topik/tema yang akan dibahas. Sebuah Milis -- walaupun telah mengambil tema yang khusus -- tetap akan kesulitan untuk mengorganisasikan semua pesan yang masuk ke Milis tersebut. Sementara itu Situs Forum Diskusi mampu mengorganisasikan berbagai pesan ke dalam topik-topik tertentu, sub topik maupun berdasarkan jenis pesan yang di-posting (ditulis di Situs Forum Diskusi ini). Selain membuat tampilan Situs Forum Diskusi menjadi lebih rapi, pengorganisasian ini akan membantu admin, para moderator, maupun anggota Situs Forum Diskusi.

Bagi admin dan para moderator hal ini akan membantu mengatur atau bahkan menghapus pesan-pesan yang tidak berguna atau sudah pernah dibahas. Selain itu ia juga dapat dengan mudah mengeluarkan anggota yang "kurang ajar" dari Forum Diskusi. Sedangkan keuntungan bagi anggota ialah kemudahan dalam mengirimkan dan mengetahui balasan dari pesan yang dia kirim. Selain itu dia juga dapat dengan cepat mengetahui jika seseorang telah membalas pesannya sehingga dia tidak perlu mem-posting pesan yang sama lagi.

Situs-situs Forum Diskusi Kristen

Jika ada Milis Kristiani tentu saja ada Situs Forum Diskusi Kristiani. Keberadaan Forum Diskusi ini sangat menolong bagi siapa saja yang ingin berdiskusi maupun mencari tahu berbagai hal mengenai kekristenan. Selain itu melalui Situs Forum Diskusi ini Anda juga dapat menjalin relasi dengan sesama anggota Forum Diskusi lainnya.

Untuk menjadi anggota suatu Situs Forum Diskusi -- jika memang diharuskan untuk menjadi anggota -- tidaklah sulit. Anda tinggal membuka situs yang Anda inginkan kemudian mendaftarkan diri Anda sebagai anggota Forum Diskusi tersebut. Setelah menjadi anggota Situs Forum Diskusi sebaiknya Anda mematuhi peraturan yang ada agar Anda tidak dikucilkan atau lebih kasarnya dikeluarkan dari komunitas tersebut.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org