Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383


%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
ICW - Indonesian Christian Webwatch
%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
Daftar isi:
PERS INDONESIA
==============
 DARI REDAKSI
 SELINTAS WEB : Bahana Online, Warning News Online,
Antara Online, DetikCom-KampUs
 SEPUTAR MILIS :
FORUM DISKUSI : CyberChurch
 FOKUS : Media Cetak vs Media Elektronik,
: Beberapa Situs Surat Kabar Online ...
 LIPUTAN DUNIA INTERNET : Berbagai Bentuk Pembajakan Piranti Lunak
 INFO TERBARU : Situs Baru Gerakan Pemuda GPIB ...,
: Update Situs-situs

 TIPS MINGGU INI : Dialer Muncul Terus (IE 5)
 SELINGAN : Angket "Belajar Efektif di Universitas"
 STOP PRESS!! : Happy Anniversary, Ralat
 e-SURAT ANDA
______________________________________________________________________
DARI REDAKSI %%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%

Merdeka !!

Tanpa disadari negeri ini telah mengalami "kemerdekaan" dari tekanan dan ikatan bangsa lain selama 55 tahun. Hanya karena kasih karunia
Allah, maka hal itu dapat terjadi, puji Tuhan!

Namun ironisnya, sekalipun sudah hidup di negeri yang telah merdeka, masih banyak orang merasa belum "merdeka" sepenuhnya. Ada banyak ikatan dan tekanan lain yang "membelenggu dan mengikat" kehidupannya.
Bagaimana seharusnya sikap orang-orang yang sudah mengalami
"kemerdekaan sejati" di dalam Kristus? Rindukah anda menolong mereka- mereka yang masih hidup dalam ke-tidakmerdeka-an?

Dalam kesempatan di HUT RI ke 55 kali ini kita akan bersama-sama mengingat kembali apa yang telah Tuhan kerjakan bagi bangsa ini, namun lebih daripada itu, kita akan bersyukur untuk apa yang telah Tuhan
Yesus kerjakan dalam hidup kita. Selain itu, dalam edisi ini, kita juga akan sedikit mengulas tentang kiprah Pers Indonesia. Apakah mereka juga telah mengalami "Kemerdekaan" di Indonesia Merdeka ini?

Oke! Selamat merayakan hari ulang tahun kemerdekaan negeri kita tercinta dan selamat menikmati edisi 75 ini. Semoga menjadi berkat bagi pembaca semuanya.

Dalam kasihNya,
Staf Redaksi

______________________________________________________________________
SELINTAS SITUS WEB %%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%

SITUS MAJALAH ONLINE KRISTEN
----------------------------
 BAHANA ONLINE
Telah hadir Situs "BAHANA Online Magazine" dalam rangka ikut
"menceriakan" dunia cyber Kristen Indonesia. Majalah BAHANA adalah
majalah rohani Kristen yang biasa dikenal melalui versi cetaknya.
Situs ini adalah sebuah terobosan baru dalam memberikan kemudahan
bagi para pengguna internet mengikuti berita terbaru dan info-info
menarik seputar kekristenan di Indonesia. Pengunjung Situs ini akan
dihantar ke beberapa halaman yang tersedia yaitu: halaman "Ambang",
"Berita", "Bianglala", "Sorotan", "Jumpa Mitra", "Jentera", "Pesona
Firman", "Problem Anda", "Artikel", dll.! Karena masih "baru", maka
untuk sementara para netters hanya dapat membaca dua arsip BAHANA
terbitan bulan Juni dan Juli. Silakan anda berkunjung dan sekaligus
memberikan saran-saran untuk perbaikan di alamat berikut ini!

http://www.bahana-magazine.com/


 WARNING NEWS ONLINE
Senada dengan majalah BAHANA, Joshua Generation Ministries (JGM)
juga mengeluarkan sebuah Situs majalah Kristen bernama "Warning
News." Situs ini adalah versi online dari majalah "Warning" yang
diterbitkan sekali per bulan oleh JGM. Dalam Situs ini, anda dapat
menjumpai halaman "Agenda", "Keluarga", "Gaya Hidup", "Galery",
"Hidup Berjemaat", "Gardu Profesi", "Job Info", dll. Banyak judul
artikel yang dapat anda temui yang akan dilink ke arsip edisi-edisi
majalah "Warning" yang telah diterbitkan sebelumnya. Nah, kunjungi
Situs ini di alamat:

http://www.warningnews.com/

SITUS BERITA/PERS UMUM
----------------------
 ANTARA ONLINE
Salah satu media pers terbesar di Indonesia, ANTARA, juga menerbitkan
berita-berita aktual hariannya melalui internet. Situs berita yang
dikelola oleh kantor berita ANTARA ini bukan hanya menyediakan dan
meliput berita-berita aktual saja, melainkan juga menyediakan fitur-
fitur seperti: English Version, Forum Diskusi, ChatRoom, Cari Berita,
dll. Disediakan juga sejumlah link ke beberapa sumber informasi
seperti: Informasi Saham, Valuta Asing, dan Katalog Perusahaan. Di
samping itu masih ada banyak informasi lain yang dapat anda peroleh
dan baca dalam Situs ini. Segera arahkan browser anda ke sana...!

http://www.antara-online.com/indonesian.asp


 KAMPUS DETIKCOM
Portal terkenal Indonesia, DETIKCOM, sebelumnya adalah "tabloid
online" pertama di Indonesia. Dan saat ini, sebagai portal, DETIKCOM
juga menyediakan ruang dan fasilitas khusus bagi dunia "pers kampus"
untuk mengembangkan karya jurnalistiknya melalui internet. Nah,
untuk keperluan itu, Detikcom menyediakan "KampUs", sebuah halaman
khusus yang berisi beberapa fitur dari dunia mahasiswa, seperti:
Berita, Gagasan, Sosok, Bea Siswa, Part Time Job, Canda Kampus, Pers
Kampus, Chat Kampus, dll.. Asyik, kan? Oke, bagi kampus-kampus di
Indonesia yang ingin rame-rame bikin pers kampus, silakan cepat-cepat
kunjungi alamat berikut ini:

http://www.detik.com/kampus/

______________________________________________________________________
SEPUTAR MILIS-MILIS %%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%

 CYBER CHURCH
Milis Cyber Church menamakan dirinya sebagai "gereja maya" tanpa
tembok pemisah [non denominasi] dan terbuka sepenuh waktu [24 Jam!].
Ya! Milis ini memberikan pelayanan seperti layaknya sebuah gereja
kepada para anggotanya. Terbuka bagi siapa saja yang ingin bersekutu
dengan rekan-rekan seiman dalam Tuhan. Menyediakan sarana konseling,
online prayer, christian news, fellowship, music ministry, dsb.
Untuk bertanya lebih lanjut anda bisa menghubungi admin Milis ini
yaitu Bp. Petra Kuo <choose@writeme.com>

Untuk bergabung, segera kirimkan email kosong ke alamat:
<cyberchurch-subscribe@makelist.com>

______________________________________________________________________
FOKUS EDISI INI %%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%

 MEDIA CETAK VS MEDIA ELEKTRONIK
Pers bukan hanya karya jurnalistik yang tertuang dalam media cetak
saja, namun juga termasuk segala jenis media elektronik seperti
radio, televisi, bahkan juga internet. Pendapat itu muncul dalam
benak para perancang UU Pers yang kemudian merancang UU Pers baru
(UU Pers 1999, Pasal 1, butir 1) yang menjadi lebih "fleksibel"
terhadap semua media. Tidak seperti sebelumnya, UU pers yang baru ini
memberikan makna lebih luas bagi kata "pers" itu sendiri. Perluasan
makna "pers" ini memang belum begitu lazim di Indonesia karena pada
umumnya orang masih selalu menghubungkannya dengan asal usul kata
pers itu, yaitu "persen" (Belanda) atau press (Inggris). Arti kedua
kata itu adalah "menekan" yang mengingatkan orang pada mesin cetak
kuno yang harus ditekan untuk menghasilkan karya cetak.

Setelah UU tentang pers baru keluar, kini penyebaran informasi/
berita bersifat jauh lebih fleksibel. Namun betapapun cepatnya
penetrasi siaran radio, televisi maupun akses internet, masih banyak
orang yang haus pada informasi dan pertukaran pendapat yang jauh
lebih mendalam melalui media pers cetak. Alasannya, terbitan pers
media cetak bisa dibaca berulang-ulang dan sampai sekarang masih
tetap menjadi sumber penting yang praktis karena dapat dibawa ke
mana saja dengan harga yang terjangkau.

Perlukah media cetak dan media lain bersaing dengan media elektronik?
Ada banyak kalangan yang masih menaruh curiga besar dengan kehadiran
media elektronik dan internet ditengah-tengah media lain yang lebih
tua usianya. Memang media elektronik masih sangat baru digunakan,
khususnya oleh dunia pers Indonesia. Oleh karena itu masih ada
banyak hal yang harus dipelajari, baik oleh penyampai berita maupun
pembacanya, baik dalam hal etikanya maupun peraturannya. Namun
demikian Media elektronik yang mulai populer sekarang ini tidak
seharusnya menjadi ancaman atau saingan bagi media lain, termasuk
media cetak, dalam menyampaikan pesan dan beritanya, karena masing-
masing media ini memiliki tujuan dan sasaran pasar yang berbeda.
Kalau hal ini sudah dimengerti bersama dan disepakati sesuai dengan
aturan yang ada maka keduanya akan mendapatkan keuntungan bersama.

Baik pers dari media cetak maupun media elektronik selalu menghadapi
masalah yang sama, yaitu masalah "kemurnian motivasi" tiap media
pers dalam memberikan informasi yang benar dan bertanggungjawab.
Apakah benar bahwa orde reformasi ini dikatakan sebagai awal mula
"kemerdekaan" pers di Indonesia? Apakah media pers Indonesia benar-
benar telah bebas dari zaman "rekayasa berita"? Apakah berita dan
informasi yang diberikan benar-benar telah diuji secara keseluruhan
sebelum berita disebarkan? Seringkali masih banyak terdengar berita
yang simpang siur, sehingga membingungkan masyarakat. Lebih ngeri
lagi bila isi berita atau informasi yang disampaikan benar-benar
"memutarbalikan" kenyataan. Nah, jangan sampai media pers menjadi
ajang "provokasi" yang jahat untuk kepentingan kelompok kecil tetapi
sangat merugikan kepentingan kelompok besar yaitu kesatuan
masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Marilah kita doakan dan pikirkan bersama, "Bagaimana peran orang-
orang Kristen agar bisa menjadi terang bagi sekelilingnya?". Doakan
khususnya bagaimana pers Kristen Indonesia bisa ikut ambil bagian
dalam membangun negara kita tercinta ini melalui sajian-sajian
beritanya.

Satu hal lagi -- Oleh karena itu sebagai orang-orang tebusanNya,
kita harus melihat media (elektronik atau cetak), sekalipun
terbatas, sebagai alat yang harus kita pakai untuk sarana kebaikan,
khususnya untuk kemuliaan nama Tuhan dan pelebaran kerajaanNya.
Pikirkan! Bukan hanya berita-berita dunia saja yang dapat
diinformasikan kepada pembaca, namun "berita Suka Cita" dan "berita
Damai Sejahtera" harus disampaikan juga dalam pemberitaan kita!
Marilah kita melihat dan menggunakan media elektronik sebagai
kesempatan dimana nama Tuhan ditinggikan dan dimana harkat manusia
dihormati sebagai ciptaan Tuhan yang Tuhan kasihi dan Tuhan ingin
menyelamatkan dari kebinasaan kepada hidup yang kekal; Ini Kabar Baik!!
"Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!"
< http://www.bit.net.id/SABDA-Web/Rom/2_Ro m10.htm 10:15 > Rom 10:15b

(Dari berbagai sumber) /vi
-
-------------------------------------------------------------------

 BEBERAPA SITUS SURAT KABAR ONLINE INDONESIA
Suara Jemaat (Tabloid Kristen) http://www.suarajemaat.co.id/
Suara Pembaruan Online http://www.SuaraPembaruan.com/
Suara Merdeka Online http://www.suaramerdeka.com/
Kompas Cyber Media http://www.kompas.com/
Detikcom http://www.detik.com/
Republika Online http://www.republika.co.id/
Media Indonesia Online http://www.mediaindo.co.id/
Berita Buana Online http://www.beritabuana.co.id/
Pikiran Rakyat Online http://www.pikiran-rakyat.com/
Kedaulatan Rakyat Online http://www.kr.co.id/
Poskota Online http://www.poskota.co.id/
The Jakarta Post http://www.thejakartapost.com/
Jawa Pos http://www.jawapos.co.id/
Surabaya Post http://www.surabayapost.co.id/
Solopos http://www.solopos.co.id/

_____________________________________________________________________
LIPUTAN DUNIA INTERNET %%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%

 BERBAGAI BENTUK PEMBAJAKAN PIRANTI LUNAK
Awas! Hati-hati! Ternyata bukan kaset atau CD musik saja yang sering
menjadi korban bajakan, kini tidak sedikit orang yang sering
dikecewakan karena mendapat piranti lunak bajakan! Nah, beberapa
"aktivitas" di bawah ini adalah termasuk "usaha" pembajakan piranti
lunak. Seandainya hal-hal tersebut pernah menimpa kita [atau bahkan
pernah kita lakukan...:(] , mungkin kini saatnya kita koreksi diri:

1. Pemuatan Hard Disk [Hard Disk loading]
Terjadi saat penjual komputer memuat salinan program piranti
lunak yang tidak sah ke hard disk komputer yang dibeli oleh
konsumen, sebagai rangsangan bagi konsumen untuk membeli
perangkat PC dari penjual tersebut. Penjual ini tidak menyediakan
disket/CD-ROM asli, dokumentasi atau persetujuan lisensi, yang
seharusnya diberikan bersama-sama dengan copy program yang legal.
Dengan demikian konsumen, tanpa mereka sadari, menerima piranti
lunak ilegal yang telah diinstal di Hard Disk.

2. Softlifting
Tejadi jika copy ekstra piranti lunak dibuat di dalam suatu
lembaga untuk dipakai oleh karyawannya atau untuk dibawa pulang.
Menukarkan disket/CD dengan rekan-rekan di dalam maupun di luar
perusahaan juga termasuk dalam kategori pembajakan ini.

3. Pemalsuan piranti lunak (Software counterfeiting)
Penggandaan ilegal seluruh paket piranti lunak dan dijual dalam
kemasan yang dibuat sedemikian rupa sehingga tampak asli. Bentuk
lain pembajakan ini adalah kompilasi berbagai judul piranti
lunak tiruan yang dikemas dalam satu CD-ROM secara ilegal dan
dipasarkan dengan nama yang berbeda. Berbeda dengan pelanggaran
yang terjadi dalam perusahaan, pemalsu piranti lunak beroperasi
murni untuk keuntungan, tanpa mengindahkan pemilik hak cipta
produk yang dipalsukan.

4. Penyewaan piranti lunak
Dikenal tiga bentuk pembajakan melalui penyewaan piranti lunak :
produk yang disewa untuk digunakan pada komputer di rumah atau di
kantor penyewa; produk yang disewakan melalui mail order dan
produk yang dimuat dalam komputer yang disewa untuk waktu
terbatas.

5. Downloading ilegal melalui BBS/Internet
Terjadi melalui downloading piranti lunak sah melalui hubungan
modem ke buletin elektronik adalah bentuk lain pembajakan.
Pembajakan ini tidak sama dan jangan disalah artikan dengan
penggunaan piranti lunak yang diberikan di public domain, ataupun
fasilitas shareware yang digunakan bersama.

Sumber: dari Arsip diskusi e-software dan CD-ROM SABDA

______________________________________________________________________
TIPS MINGGU INI %%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%

 Dialer Muncul Terus (IE 5)
--------------------------
"Aduuuh, kesel banget deh! Saat sedang kerja offline, dialer
connection terus-terusan muncul meminta untuk go online?"

Pernah mengalami hal itu juga? Memang, jika hal tersebut terlalu
sering terjadi, sudah tentu anda akan kesal dan melampiaskan kekesalan
itu pada tombol mouse dengan meng-klik tombol Cancel keras-keras.

Untuk mengatasinya, cobalah memilih menu Tools*Internet Options.
Klik pada tab Connections, lalu pilih opsi Never dial a connection.

Sumber: Internet, Juli-Agustus 2000

______________________________________________________________________
SELINGAN %%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%

 ANGKET "BELAJAR EFEKTIF DI UNIVERSITAS"

Pertama-tama mo ucapin "Selamat!" buat anda-anda yang diterima di
UMPTN. Terus, bagi anda yang tidak terima, jangan kecewa dan kecil
hati, masih ada kesempatan lagi untuk ikutan UMPTN tahun depan.
Atau anda bisa mendaftar ke Universitas Swasta, karena masih banyak
universitas swasta yang mutunya sangat bersaing dengan universitas
negeri. Oke? jangan putus asa, masih banyak kesempatan lain....!!

Dalam rangka memberi dorongan dan nasehat kepada para "Ma-Ba"
(Mahasiswa Baru) yang akan memulai kuliah aktifnya pada September
2000 ini nanti, maka ICW ingin mengajak para pembaca yang sekarang
telah menjadi "mantan" mahasiswa untuk sudilah memberikan TIP DAN
TRIK UNTUK BELAJAR EFEKTIF DI UNIVERSITAS bagi adik-adik kita [biar
adik-adik ini punya bekal yang cukup untuk menyiasati cara belajar
yang baik sehingga bisa sukses.... Setuju?? Untuk itu bagi pembaca
ICW yang punya segudang pengalaman belajar di dunia mahasiswa,
cepetan kirimkan "tips belajar" anda ke alamat di bawah ini

< angket-ICW@sabda.org >

Kami yakin nasehat anda akan menjadi berkat bagi adik-adik kita.
Hasil angket ini akan redaksi muat di ICW edisi 78 yang akan datang.
Di tunggu lho...!!

______________________________________________________________________
INFO TERBARU %%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%

 SITUS BARU GERAKAN PEMUDA GPIB -- "MENITI JALAN BERLIKU: ..."
Berikut ini adalah informasi dari Sdr. Viking Karwur <zappixel@>
tentang dua Situs baru BPK Gerakan Pemuda GPIB:

1. Dalam rangka merayakan ulang tahun emas (50 Tahun) BPK Gerakan
Pemuda GPIB pada 15 Juli 2000 yang lalu, bersama-sama dengan
Ibadah Syukur Agung di Jakarta telah meluncurkan *Buku Sejarah
Perjalanan Pelayanan 50 Tahun BPK Gerakan Pemuda GPIB* yang
berjudul:
"MENITI JALAN BERLIKU: PEMUDA GPIB PILAR GEREJA DAN BANGSA"
yang dapat diakses di alamat:
http://menitijalanberliku.cjb.net

2. Pada tanggal 5 Mei 2000 di Surabaya, telah diluncurkan GP-Mail!
"Free Web Based e-mail" untuk anggota BPK Gerakan Pemuda GPIB.
Situs GP-Mail dapat anda kunjungi di alamat:
http://www.gpgpib.i-p.com

 UPDATE SITUS-SITUS DALAM MIK
E-Mail : Exousia@
URL : http://youth.tux.nu
Komentar: web sitenya Youth GPPS-Palu, berisi tentang visi dan misi,
kegiatan, ++ lainnya.. walaupun masih dalam tahap
pengembangan tetapi cukup layak untuk disimak. Tuhan
memberkati!

E-Mail : ishaknatan@
URL : http://www.geocities.com/ishaknatan/Indo/sinisana.htm
Komentar: Banyak bahan untuk membina iman

E-Mail : chandra@
URL : http://www.angelfire.com/stars/uk3unitomo/
Komentar: salah satu situs Unit Kegiatan Mahasiswa kristen di
Indonesia

______________________________________________________________________
STOP PRESS !!! %%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%

 HAPPY ANNIVERSARY ... ^_^
Pada kesempatan ini seluruh Redaksi ICW mengucapkan:

***** HAPPY 10 YEARS ANNIVERSARY *****

Kepada: Ibu Yulia Oenijati [staf Editorial ICW] dan Suami,
yang merayakan ultah nikahnya yang ke sepuluh pada
tgl. 17 Agustus. Merdeka..!!! :)

"Telah dibawanya aku ke rumah PESTA,
dan panjinya di atasku adalah cinta." Kid 2:4

***** HAPPY 10 YEARS ANNIVERSARY *****

 RALAT
Dalam edisi 074, dalam kolom 'Seputar Milis-Milis' di bagian
"MILIS-MILIS DALAM SISTEM I-KAN"
tertulis : -- Forum Diskusi "UNTUK" --
... i-kan-untuk-gkimy (khusus jemaat GKI Manyar)

seharusnya: ... i-kan-untuk-gkimy (khusus jemaat GKI Maulana Yusuf)
... i-kan-untuk-gp2000 (Forum Diskusi Antar Pemuda GPIB)
[mohon maaf karena milis gp2000 ini terlewatkan]

Redaksi mohon maaf atas kesalahan tsb. Dengan dimuatnya ralat ini,
maka kesalahan telah kami perbaiki. Terima kasih atas perhatiannya.

______________________________________________________________________ e-SURAT ANDA %%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%

Dari: Maria L. Houchin
>Shalom, Staff
>Apakah dapat muat web ICF San Diego ke list kalian? Thanks.
> http://members.home.net/icfsd/index2.htm

Redaksi:
Yup!! Dengan senang hati. Tolong kirim review Situsnya ke kami, ya!!
==========

Dari: Joel
>Hallo, apa kabar? Aku Joel,
>edisi yg lalu aku baca ada alamat chat di internet untuk org Kristen
>di Indonesia, sayang aku belum sempat catat udah keburu kehapus.
>Tolong dong, aku dikirimin lagi! Plzzz
>Thanks for your help, and Jesus bless you !

Redaksi:
Untuk lihat arsip ICW edisi "chatting" (no. 72) anda akan bisa kunjungi alamat Situs ini:
http://www.sabda.org/icw/00-072.htm
[Red.; Maaf kalau "index" di arsip belum diupdate ... direncanakan
untuk minggu depan ... mungkin.]
==========


Dari: David Handriyanto
>Dari semua gereja yang ada diluar negri, ada gereja lain yang ingin
>kami ketahui; yaitu gereja atau persekutuan Indonesia di New Zealand.
>Demikian, kami mengharapkan ada informasi itu. Tuhan memberkati.

Redaksi:
Oi...redaksi juga ingin tau nih !! Kalo ada pembaca yang tau, segera kirim infonya ke redaksi ya. Pasti menjadi berkat buat Sdr. David dan pembaca yang lain.
==========

Dari: Chandra Metta
>Saya ingin menanyakan, apakah ICW mempunyai informasi atau bahan-bahan
>untuk Kelompok Sel? Atau apakah ada situs yang memuat informasi
>tentang Kelompok Sel? Terima kasih sebelumnya atas jawaban yang akan
>diberikan. Tuhan memberkati

Redaksi:
Untuk bahan-bahan/materi seputar kelompok sel dapat anda baca dalam
Situs GKPB:
http://www.geocities.com/Athens/6884/
Kalau ada lain, ICW ingin tahu sebagai bahan untuk menulis artikel!
Kami disini akan terus mencari ... silakan menolong :-)

______________________________________________________________________
Ingin berhenti berlangganan? Silakan kirim e-mail kosong ke alamat:
<unsubscribe-i-kan-ICWhttp://www.sabda.org/_images/mail.gif" border="0">hub.xc.org>
Untuk berlangganan, silakan kirim e-mail kosong ke alamat:
<subscribe-i-kan-ICWhttp://www.sabda.org/_images/mail.gif" border="0">hub.xc.org>
Untuk informasi, silakan kirim e-mail anda ke:
<info-ICW@Sabda.Org> atau <owner-i-kan-ICWhttp://www.sabda.org/_images/mail.gif" border="0">hub.xc.org>
______________________________________________________________________

PENANGGUNG JAWAB PENASIHAT
 Yayasan Lembaga SABDA  Kristianto Jahja
 Ang Tek Khun
STAF EDITORIAL  Aldo Febro
 Yulia Oenijati  Franky Mamahit
 Daniel Budilaksono
 Oktaviana S. R.
 Natalia Endah S.
______________________________________________________________________

Isi dan bahan berada di bawah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA
Didistribusikan melalui sistem network I-KAN
Copyright(c) 2000 oleh YLSA
______________________________________________________________________


Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org