Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383



ICW -- Humor Edisi 1253/Juni 2016 Vol. 18

DAFTAR ISI
ULASAN: SITUS-SITUS HUMOR KRISTEN
APLIKASI: SABDA BOT FUNGSI HUMOR
MULTIMEDIA: KHOTBAH "GOD & HUMOUR" DI UK PETRA


Sahabat ICW,

Di tengah kesibukan dan perjuangan hidup sehari-hari, tak ada salahnya kita beristirahat sejenak menyegarkan pikiran kita dengan tertawa.
Tertawa meningkatkan asupan oksigen dan merangsang ekskresi hormon endorfin yang dapat membuat kita merasa bahagia. Dengan tertawa, rasa bosan, penat, dan stres dapat berkurang sehingga kehidupan akan kembali seimbang. Apalagi Alkitab sendiri mengatakan bahwa untuk segala sesuatu di bawah langit ada waktunya (Pengkhotbah 3:1-13). Kami percaya ada waktu bagi kita untuk tertawa. Untuk itu, pada edisi kali ini, redaksi akan mencoba menyajikan konten media humor, khususnya yang bernuansa kekristenan, supaya selain terhibur kita juga belajar nilai-nilai kekristenan yang ada di dalamnya. Semoga menjadi berkat dan membantu Anda menjalani kehidupan bersama Tuhan dengan lebih ceria.

Pemimpin Redaksi ICW,
Aji
< aji(at)in-christ.net >
< http://icw.sabda.org >


ULASAN: SITUS-SITUS HUMOR KRISTEN

1. Reverend Fun: http://reverendfun.com

Situs Reverend Fun merupakan situs kumpulan ilustrasi humor kartun yang mengambil inspirasi dari berbagai kisah dalam Alkitab maupun kehidupan sehari-hari. Dalam ilustrasi tersebut, kita bisa diingatkan lagi tentang sejarah-sejarah Alkitab ataupun nilai-nilai kekristenan yang bisa kita terapkan dalam hidup kita. Karena formatnya berupa humor, tentunya pesan-pesan ini lebih banyak disampaikan dalam bentuk ironi yang diharapkan bisa membuat Anda tergelitik. Untuk melihat seluruh koleksi ilustrasi, silakan mengakses menu "ArtChives". Anda bisa memilih koleksi berdasarkan tanggal penerbitannya dalam hari, bulan, dan tahun. Ada juga menu "Passage" yang tersedia dalam beberapa ilustrasi, yang bisa Anda pergunakan untuk melihat ayat Alkitab mana yang dipakai sebagai rujukan pembuatan ilustrasi. Tersedia juga fitur
"Search" yang mempermudah pencarian ilustrasi berdasarkan kata kunci tertentu. Kemudian, ada tombol "Share" untuk berbagi di media sosial, dan "Rating" untuk melihat respons umum pengguna dalam suatu ilustrasi. Situs ini menggunakan tampilan antarmuka yang sangat sederhana sehingga untuk menggali bahan-bahan yang ada pastinya Anda tidak akan menemui kesulitan berarti. (Ariel)

2. I-Humor: http://humor.sabda.org

Situs milik YLSA yang satu ini khusus menyajikan konten humor. Humor yang disajikan mengambil format cerita pendek dan mengambil banyak sekali latar belakang baik Alkitab maupun non Alkitab. Humor-humor yang disajikan adalah humor-humor cerdas yang tidak hanya membuat Anda tertawa, tetapi mengajak Anda untuk merenungkan apa nilai moral yang bisa Anda ambil bagi pertumbuhan rohani Anda. Anda bisa mengakses humor berdasarkan nama kitab ataupun tag tertentu yang disediakan di sidebar sebelah kanan, bahkan membaca humor yang telah dibukukan, urut berdasarkan tahun posting yang bisa Anda unduh melalui menu
"Download". Selain itu, Anda bisa mengikuti kuis Alkitab untuk mengasah pengetahuan alkitabiah Anda melalui menu "Kuis".
Manfaatkanlah tombol Facebook e-Humor jika Anda ingin bergabung di komunitas Humor ini. Anda bisa berkomentar, berbagi, dan berelasi dengan penggemar humor lainnya. Situs ini memberi kesempatan kepada para pengunjung situs/penggemar Fan Page e-Humor untuk mengirim humor.
Tentu saja, jika humor yang dikirimkan memenuhi persyaratan dan sesuai dengan visi misi situs ini, humor-humor tersebut pasti akan dipublikasikan. Anda penggemar humor yang sehat, membangun, dan mengandung prinsip-prinsip alkitabiah? Kunjungilah situs i-Humor dan marilah kita bersukacita bersama. (Ariel)

3. Rohanividgram: https://www.instagram.com/rohanividgram/

Meme dan video humor Kristen merupakan konten utama akun Instagram dengan nama Rohanividgram ini. Ada banyak sekali meme dan video yang disajikan melalui akun Rohanividgram yang saat ulasan ini dibuat sudah mencapai 856 buah (meme+video). Sesuai slogannya: "kadang nyindir", akun ini berusaha menyampaikan pesan-pesan religius kepada para pengguna Instagram melalui sentilan-sentilan yang menggugah, melalui sindiran-sindiran halus namun tentunya yang bersifat membangun agar pembaca termotivasi dalam membangun kehidupan rohaninya. Humor yang disajikan sepertinya lebih banyak menarget kalangan remaja karena latar belakang dan gaya bahasa yang digunakan memang lebih berorientasi kalangan remaja. Isu-isu yang diangkat pun lebih banyak berkisar pada kehidupan di kalangan ini. Rohanividgram pertama kali dibuat pada 28 September 2014. Saat ini sudah memiliki 43.218 pengikut yang menegaskan bahwa akun ini mendapat sambutan yang cukup meriah dari para pengguna dan sayang jika dilewatkan begitu saja. (Ayu)

4. Church of Laugh: http://churchoflaugh.com/

Situs humor bernama Church of Laugh ini sepertinya berusaha mengusung konsep "all-in-one" di mana Anda akan bisa menemukan banyak sekali humor dalam berbagai format, baik itu video, meme, kartun, artikel, permainan-permainan menarik, kuis, dan bahkan event seperti stand-up comedy yang disiarkan secara langsung. Konten situs selain membahas sisi jenaka dari tokoh/peristiwa Alkitab dengan gambar kartun, juga mencoba menangkap momen-momen lucu kehidupan jemaat, baik di gereja maupun di kehidupan sehari-hari. Anda bisa belajar berbagai nilai kekristenan dari kelucuan yang ditampilkan ataupun sekadar melihat humor-humor ringan yang menyegarkan suasana yang juga tak jauh dari kehidupan sehari-hari orang Kristen. Oh ya, jika Anda merupakan pengunjung yang cukup kreatif dan bisa membuat meme, pihak pengelola mengizinkan pengunjung mengirim meme hasil karyanya dan akan dipublikasi nantinya setelah melalui seleksi pihak pengelola. Situs ini sudah menyediakan link yang tersambung ke Facebook dan Instagram sehingga Anda bisa berkomunitas lebih jauh serta menerima berita-berita terkini dari Church of Laugh. (Ayu)

5. God Tube: http://www.godtube.com/comedy-videos/

Mendengar nama situs ini, Anda mungkin akan teringat dengan situs kumpulan video yang sangat terkenal di dunia: Youtube. Ya, Anda benar.
Situs ini fungsinya mirip dengan Youtube, hanya saja video-video yang diposting khusus video yang bertema kekristenan. Melalui situs yang dibangun oleh Salem Web Network ini, Anda bisa menonton ratusan video
Kristen yang di dalamnya mengusung konsep stand-up comedy ataupun rekaman video amatir yang menyuguhkan humor bernapaskan kekristenan.
Tentu saja, fungsinya tidak hanya sekadar menghibur, tetapi juga mencoba mengaitkan humor-humor tersebut dengan kehidupan iman kekristenan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, semua video yang dimuat berada dalam lingkup kekristenan sehingga Anda tidak perlu khawatir akan menemukan konten yang tidak pantas. Anda bisa menemukan konten humor dalam video yang berkategori "comedy" dengan lebih dahulu membuka jendela pada tombol "browse" di sebelah kiri atas. Dalam kategori "comedy", Anda akan menemukan video-video humor yang diposting dalam thumbnail-thumbnail bertingkat yang disusun dengan rapi. Untuk mencari video-video terpopuler ataupun terbaru, Anda bisa menggunakan fitur "Sort by Most Popular" dan "Most Recent", kemudian bisa dipersempit lagi menjadi rentang harian, mingguan atau bulanan dengan menekan pilihan "today", "week", "month", dan "year". Para komedian yang dimunculkan dalam situs ini memang seluruhnya berasal dari kalangan komedian Barat sehingga selera humornya mungkin berbeda.
Akan tetapi, ini tidaklah menjadi hambatan besar karena poin utamanya tetap sama, yaitu humor yang bersifat menghibur. Situs ini bisa Anda manfaatkan sebagai referensi tambahan bagi Anda yang lebih suka mengakses bahan humor Kristen dalam format khusus video. (Liza)

6. Renungan Harian Kristen:
http://www.renunganhariankristen.net/category/humor-kristen/

Situs ini menyajikan berbagai humor dalam format cerita pendek yang kebanyakan mengambil nuansa kehidupan sehari-hari masyarakat
Indonesia. Dalam kategori humor, artikel-artikel humor yang menyinggung tema kekristenan memang hanya sedikit sehingga terkesan lebih menonjolkan unsur "fun"nya saja. Akan tetapi, Anda masih bisa menjumpai beberapa istilah Alkitab yang dimunculkan sehingga harapannya bisa menyegarkan ingatan Anda pada beberapa kisah terkait dalam Alkitab dan terdorong untuk menyimaknya kembali. Anda bisa membagi artikel-artikel humor yang ada di situs ini dengan mudah karena di bagian bawah setiap posting artikel sudah disediakan tiga tombol media sosial, yakni Facebook, Twitter, dan Google+. Humor-humor yang disampaikan adalah humor yang sehat tanpa kata-kata vulgar sehingga bisa dikonsumsi oleh siapa pun dari segala jenjang usia.
(Pioneer)

7. Christian Funny Pictures:
http://christianfunnypictures.com/category/cartoons

Seperti disebutkan dalam menu "About" dalam situs ini, Christian Funny
Pictures adalah sebuah situs yang ditujukan untuk menyediakan bahan-bahan humor kekristenan yang berkualitas. Bahan humor yang diposting, disajikan dalam gambar dan video dengan 6 kategori meliputi Pictures,
Cartoon, Articles, Videos, Jokes, dan Quotes. Satu konten unik dari situs ini adalah "quotes", yang berisikan kata-kata emas yang disematkan dalam sebuah gambar yang ditujukan untuk memotivasi orang
Kristen berbuat lebih baik lagi. Secara umum, konten-konten yang ada dimaksudkan untuk menghibur dan membuat tertawa para pengunjung, tetapi tidak hanya itu, humor yang disajikan selalu mengusung nilai-nilai Kristen ataupun menampilkan perilaku unik orang-orang Kristen yang barangkali bisa menjadi kritik dan masukan bagi pembaca sendiri.
Situs ini memang memiliki banyak kategori humor, tetapi tidak ada panel khusus yang disediakan di halaman muka untuk menampilkan posting-posting humor terbaru berdasarkan kategori yang ada. Namun,
Anda masih bisa melihat posting-posting terbaru ini pada kolom Recent
Post/Popular Post di sidebar kanan. Pengelola juga telah mengelompokkan koleksi humor berdasarkan bulan, yang bisa Anda temukan melalui fitur "Humor Archive". Bagi Anda yang mau membagikan konten kepada teman-teman, di situs ini telah disediakan tombol-tombol media sosial yang diletakkan di bawah artikel. Kemudian untuk mendapat konten-konten terbaru, Anda bisa berlangganan dengan mengunjungi Fans
Page masing-masing media sosial yang diletakkan pada header sebelah kanan atas. Selamat berkunjung dan semoga Anda merasa terhibur dengan humor-humor yang ada. (Pioneer)


APLIKASI: HUMOR SABDA BOT

Susah untuk tertawa ketika kepala lagi penat dan sibuk. Mencari-cari bahan lelucon dari luar pun belum tentu menarik, apalagi jika di dalamnya diselingi konten-konten vulgar atau SARA yang tentunya bisa menyinggung pihak tertentu. Apakah ada cara praktis untuk mendapatkan humor berkualitas dengan cepat untuk ngebanyol atau menghibur? Anda dapat mencoba fungsi /humor dalam SABDA-Bot.

Aplikasi ini beroperasi dalam aplikasi chatting Telegram. Bersumber dari situs i-Humor SABDA, Anda dapat menemukan anekdot-anekdot humor singkat yang disertai ayat Alkitab. Tiap humor adalah humor general yang tak lebih dari 1 paragraf dan selalu ada ayat Alkitab yang menjadi intisari dari makna renungan. Jika Anda puas atau kurang puas dengannya, Anda bisa memilih tombol "Pilih Humor Lainnya" dalam chatbox. Anda akan selalu mendapatkan konten yang berbeda. Jika Anda tertarik berlangganan, Anda dapat memilih fungsi /subscribe dan Anda akan mendapat humor baru setiap jam 6 pagi. Tidak usah takut lagi mati gaya. Nikmati humor dalam SABDA Bot. (Jono)

--> http://labs.sabda.org/SABDA_Bot_untuk_Telegram


MULTIMEDIA: KHOTBAH "GOD & HUMOUR" DI UK PETRA

Alkitab kita kenal sebagai buku dengan materi pembahasan yang sangat serius. Di dalamnya, kita belajar mengenai ketetapan dan perintah
Allah yang jika seseorang tidak menaatinya dengan sempurna, maka menimbulkan dampak yang amat fatal bukan hanya bagi orang itu, tetapi bisa juga kepada satu bangsa. Tidak hanya itu, membaca Alkitab seperti membaca kitab sejarah di mana sejarah itu sendiri penuh konflik, pertumpahan darah, pemberontakan, kekeraskepalaan bangsa pilihan
Allah, dan menceritakan bagaimana manusia sudah begitu jauh hidup dalam keberdosaan. Dalam alkitab, kita kemudian juga belajar tentang kebaikan Allah, yang karena kemurahan-Nya berkenan menyelamatkan manusia melalui karya keselamatan di atas kayu salib. Masih banyak lagi yang ditulis di dalamnya. Akan tetapi, rasanya kita semua bisa sepakat bahwa hal-hal yang tertulis dalam Alkitab sangat jauh dari suasana humor yang bisa membuat kita tergelitik apalagi tertawa.

Namun, tahukah saudara, bahwa di balik keseriusan Alkitab ada sisi humor yang sebenarnya Tuhan ingin tunjukkan? Melalui khotbah berjudul
"God & Humor" berikut, Bapak Yakub Tri Handoko akan menjelaskan di mana sisi humor Alkitab yang dimaksud dan bagaimana Allah sebenarnya adalah pribadi yang bisa bergurau. Pembicara menggunakan ilustrasi dua kisah bangsa Israel ketika dalam kemelut menghadapi serbuan bangsa
Filistin, untuk memberi Anda gambaran bagaimana sebetulnya Allah mencoba bergurau dan menghibur bangsa Israel melalui pertolongan yang diberikan-Nya. Tidak hanya untuk bangsa Israel, tentunya kita dapat beriman bahwa hal ini juga dilakukan-Nya kepada kita, anak-anak-Nya yang masih hidup di zaman ini. Untuk memahami lebih jauh, silakan kunjungi link di bawah ini untuk menonton dan mendengarkan khotbah beliau: (Liza)

==> https://www.youtube.com/watch?v=d8cEwScWPzA


TOPIK SELANJUTNYA

Berikut ini adalah tema ICW hingga akhir tahun 2016.

Juli: Jejaring Sosial
Agustus: Generasi Digital
September: Pembinaan Keluarga Kristen
Oktober: Pria Kristen
November: Kebudayaan

Apabila Anda memiliki usulan situs, aplikasi atau multimedia yang layak untuk diulas lebih jauh dan untuk dibagikan kepada saudara-saudara seiman kita, silakan sampaikan usulan tersebut kepada redaksi
ICW. Terima kasih.


Kontak: icw(at)sabda.org
Redaksi: Aji, Ayu, dan Ariel
Berlangganan: subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org
Berhenti: unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org
Arsip: http://sabda.org/publikasi/icw/arsip/
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
(c) 2016 -- Yayasan Lembaga SABDA < http://ylsa.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org