Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383



ICW -- Penulis
Edisi 1245/Oktober 2015 Vol. 17

DAFTAR ISI
ULASAN: SITUS-SITUS PENULIS
APLIKASI: EYEDE
MULTIMEDIA: MENULIS DI ERA DIGITAL
STOP PRESS: BERGABUNGLAH DENGAN FACEBOOK E-PENULIS!

Sahabat ICW,

Sama seperti pisau yang akan menjadi tumpul apabila tidak terus diasah, keterampilan menulis juga akan menurun jika tidak terus dilatih. Oleh karenanya, keterampilan menulis perlu dilatih secara terus-menerus supaya tidak menjadi luntur. Terlebih lagi, keterampilan menulis juga perlu ditingkatkan dan dikembangkan dengan banyak membaca dan belajar dari tulisan-tulisan orang lain serta tip-tip dan informasi seputar penulisan yang lainnya. Atas dasar itulah, pada bulan Oktober ini, Indonesian Christian WebWatch (ICW) mengeluarkan edisi khusus bertema "Penulis" untuk membantu menyediakan sumber informasi yang berkualitas bagi Anda yang gemar menulis.

ICW edisi kali ini menyediakan ulasan dari beberapa situs bertema penulisan yang berisi segudang informasi yang dapat Anda jadikan referensi untuk menambah wawasan Anda seputar penulisan. Tidak hanya itu, edisi kali ini juga menyajikan ulasan dari aplikasi Android Eyede dan slide presentasi dari Slideshare yang berjudul "Menulis di Era
Digital". Kiranya sajian kami dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan Anda dalam menulis. Selamat "berselancar". Tuhan Yesus memberkati.

Pemimpin Redaksi ICW,
Odysius
< ody(at)in-christ.net >
< http://icw.sabda.org >


ULASAN: SITUS-SITUS PENULIS

1. PELITAKU (Penulis Literatur Kristen dan Umum):
http://pelitaku.sabda.org/

Situs PELITAKU sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin belajar tentang kepenulisan Kristen dan kiat-kiat untuk menjadi penulis yang kompeten. Dalam situs ini, Anda bisa menemukan banyak bahan seputar dunia literatur, baik itu literatur Kristen maupun umum, dengan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih lengkap. Situs ini menjadi sumber bahan dunia literatur, baik itu literatur Kristen maupun umum, sehingga Anda akan semakin dipermudah untuk mendapatkan bahan, memperluas wawasan, dan melatih diri menjadi seorang penulis yang kompeten. Melalui situs ini, Anda bisa mendapatkan bahan-bahan berupa artikel, situs-situs kepenulisan, dunia penulisan Kristen, jenis-jenis tulisan, tip, trik menulis, dll.. Selain itu, situs ini juga menyediakan forum diskusi sehingga setiap pengunjung dapat berdiskusi tentang banyak hal seputar dunia tulis-menulis. Silakan berkunjung ke situs ini dan jangan lewatkan kategori-kategori yang disajikan. (Yuni)

2. Bahasa Kita: http://www.bahasakita.com/

Anda ingin mendapatkan sumber informasi yang praktis dalam belajar bahasa Indonesia? Kini, Anda dapat melihatnya dalam situs Bahasa Kita.
Dalam situs ini, Anda akan menemukan banyak bahan seputar bahasa
Indonesia berupa artikel, serba-serbi bahasa, kosakata, Kamus Besar
Bahasa Indonesia Online, dll., dengan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih lengkap. Selain menjadi sumber bahan berkualitas seputar bahasa
Indonesia, situs ini bisa memperluas wawasan Anda mengenai bahasa formal dan informal serta kosakata baru yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Silakan berkunjung ke situs ini untuk menambah wawasan. (Yuni)

3. Tulis Menulis: http://tulismenulis.com/

Anda ingin mengasah keterampilan Anda di bidang tulis-menulis? Sebagai salah satu pilihan, Anda dapat berkunjung dan melihat dalam situs
Tulis Menulis. Dalam situs ini, Anda bisa menemukan banyak bahan seputar tulis-menulis yang berupa cerpen, artikel, puisi, teknik menulis dll. sehingga situs ini menjadi sumber bahan berkualitas seputar dunia tulis-menulis. Bahan-bahan dalam situs ini bisa memperluas wawasan Anda dan melatih Anda untuk menjadi seorang penulis yang kompeten dan terampil. Situs ini tergolong interaktif karena memberikan kesempatan bagi para anggotanya untuk menuangkan kreativitas menulis mereka dan menyebarluaskannya. Silakan berkunjung ke situs ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya. (Yuni)

4. Penulis Artikel Bagus: http://www.penulisartikelbagus.com/

Situs ini disediakan bagi Anda yang ingin belajar mengenai bagaimana cara menulis artikel yang baik. Situs ini menyediakan banyak informasi seputar tata bahasa dan ragam bahasa serta kaidah bahasa lain yang diperlukan dalam membuat sebuah artikel. Beberapa contoh artikel yang terdapat dalam situs ini, yaitu tentang definisi kata majemuk dan cara penulisannya, pemenggalan kata, definisi kata turunan, dan masih banyak lagi. Selain itu, situs ini memberikan dasar-dasar yang harus dipahami agar Anda dapat menulis artikel yang bermanfaat bagi pembaca serta dapat membawa dampak yang baik pula bagi kehidupan masyarakat.
Apabila Anda mengalami kesulitan dalam menulis artikel, Anda juga dapat bertanya atau berkonsultasi lewat menu Kontak Kami. Sempatkan waktu Anda untuk membaca artikel-artikel lainnya yang disediakan dalam situs ini. Lebih banyak membaca, lebih banyak ilmu yang Anda dapatkan.
Tuhan Yesus memberkati. (Andi)

5. [Blog] AEIOU: http://aeiou-aeiou.blogspot.com/

Situs ini adalah situs yang cocok bagi Anda yang ingin belajar tentang bagaimana cara menulis novel yang baik. Sering kali banyak orang mengalami kebingungan ketika pertama kali ingin menulis novel.
Kebanyakan orang mungkin akan berkata, "Saya bingung nih harus mulai dari mana?" "Bagaimana sih cara menulis novel yang baik?" dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang lainnya. Situs ini mungkin dapat menjawab kebingungan anda tersebut. Di dalam situs ini, Anda dapat menemukan berbagai tip yang berguna untuk dapat anda terapkan ketika menulis novel. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang tip-tip tersebut, silakan luangkan waktu Anda untuk berkunjung ke situs ini. Semoga situs ini dapat bermanfaat bagi Anda. Tuhan Yesus memberkati. (Andi)

6. Jurnalistik.net: http://www.jurnalistik.net/

Situs ini merupakan media untuk belajar jurnalisme secara daring.
Fitur utama dari situs ini adalah fitur Learning Group. Melalui fitur ini, Anda dapat menggunakan layanan-layanan yang disediakan di dalam situs. Misalnya, Anda dapat mengunduh materi jurnalisme untuk belajar, mengakses forum untuk berdiskusi, dan menggunakan live chat untuk berkomunikasi dengan anggota lain yang sedang online. Selain itu, Anda juga dapat berbagi foto, video, dan juga berbagai tautan situs dengan anggota yang lain. Di samping fitur utama yang telah disebutkan, ada juga fitur lainnya yaitu Reference yang berguna untuk memberikan referensi mengenai buku-buku yang dapat Anda gunakan untuk belajar jurnalisme. Sayangnya, situs ini mengharuskan Anda untuk mendaftar sebagai anggota terlebih dahulu untuk dapat mengakses fitur-fitur tersebut. Akan tetapi, Anda dapat mendaftar secara langsung dengan menggunakan akun Facebook, Google, Yahoo, atau akun Wordpress Anda.
Nah, setelah mengenal fitur-fitur tersebut, Anda pasti tertarik bukan?
Selamat belajar. Tuhan Yesus memberkati. (Andi)

7. [Inggris] Writer`s Digest: http://www.writersdigest.com/

Sesuai dengan namanya yang berarti "intisari penulis" di dalam bahasa
Indonesia, situs Writer`s Digest secara khusus ditujukan bagi para penulis dan mereka yang berminat atau yang sedang mencari rujukan untuk hal-hal seputar tulis-menulis. Di sini, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan informasi, bahan-bahan, serta komunitas yang berhubungan dengan dunia penulisan. Melalui situs ini, pengguna dapat terhubung dengan penulis-penulis dari berbagai belahan dunia di dalam forum-forum diskusi, mengunjungi blog-blog penulis, dan mendaftar untuk berlangganan buletin mingguan. Selain itu, masih banyak lagi hal yang dapat Anda temukan di dalam situs ini. Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak lagi? Silakan sempatkan waktu Anda untuk mengunjungi situs ini. Kiranya dapat bermanfaat. (Odysius)

8. [Inggris] ChristianWritingToday.com:
http://www.christianwritingtoday.com/

"Informasi dan Inspirasi bagi Para Penulis Kristen". Itulah slogan yang digunakan oleh situs web ini untuk mewakili keseluruhan isi dari situs ini. Seperti yang dapat Anda tebak, situs ini memuat berbagai artikel, bacaan, dan bahan penulisan Kristen yang dapat Anda baca secara pribadi maupun Anda gunakan sebagai rujukan untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam menulis. Cukup banyak yang bisa Anda dapatkan melalui situs ini, mulai dari berita terbaru seputar tren penulisan
Kristen, teknik dan gaya hidup menulis, penerbitan mandiri, inspirasi, ulasan buku-buku Kristen, dan bahan-bahan penulisan Kristen. Semuanya itu dapat dengan mudah Anda akses melalui menu navigasi utama yang terletak di bagian atas halaman. Silakan mengunjungi situs untuk mengetahui selengkapnya. Semoga dapat bermanfaat. (Odysius)

9. [Inggris] Faith Writers: http://www.faithwriters.com/

Situs Faith Writers adalah suatu situs yang menjadi wadah bagi para penulis Kristen untuk saling berdialog dan berdiskusi. Situs ini dibangun dengan tujuan untuk mendorong para penulis Kristen belajar dan bertumbuh dalam sebuah lingkungan komunitas yang mendidik. Untuk itu, situs ini menyajikan sumber-sumber bahan yang lengkap bagi para penulis Kristen serta menawarkan bantuan untuk mencarikan pasar global untuk tulisan-tulisan mereka. Situs ini juga menawarkan kursus-kursus penulisan bersama penulis yang sudah berpengalaman untuk berbagi tip- tip dalam menulis tulisan yang berkualitas. Anda dapat mengunjungi situs ini untuk mendapatkan bahan-bahan yang bagus untuk Anda baca.
Atau, apabila Anda sedang mencari komunitas penulis Kristen untuk sama-sama belajar dan bertumbuh, situs ini sangat cocok untuk Anda.
(Odysius)

Tanggal akses: 14 Juli 2015

* Catatan Redaksi: Karena dunia internet adalah dunia dinamis yang
terus-menerus berubah, informasi ulasan situs, blog, forum, milis,
dan Facebook di ICW adalah akurat sesuai dengan yang kami lihat pada
saat kami menuliskan ulasannya.


APLIKASI: EYEDE

Apabila Anda pernah atau sering mengalami kesulitan dalam mencari rujukan ketika Anda harus membuat tulisan yang sesuai dengan kaidah
Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), aplikasi Eyede ini mungkin akan menjadi jawaban untuk mengatasi kesulitan tersebut. Aplikasi yang dikembangkan oleh tim pengembang Bahasa Kita ini merupakan aplikasi pedoman EYD untuk Android yang praktis, mudah, rinci, dan bisa diakses kapan pun Anda memerlukannya. Anda dapat menemukan referensi yang lengkap seputar pemakaian huruf kapital, huruf miring, tanda baca, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan EYD. Salah satu fitur lain yang wajib Anda coba adalah fitur Kuis dan Tes untuk menguji kemampuan Anda dalam penguasaan EYD. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk membuat profil pribadi di mana Anda dapat membagikan skor yang
Anda dapat dari kuis atau tes sebelumnya.

Aplikasi ini sebenarnya dapat Anda unduh secara gratis di Google Play
Store melalui smartphone Android Anda. Sayangnya, setelah mengunduh aplikasinya, Anda harus membayar Rp 25.000 untuk mengunduh data yang diperlukan dalam aplikasi tersebut. Meskipun begitu, aplikasi ini sangat direkomendasikan, khususnya bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia kepenulisan, baik ilmiah maupun nonilmiah. (Odysius)

==> https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bahasakita.eydapp
Tanggal akses: 24 Juni 2015


MULTIMEDIA: MENULIS DI ERA DIGITAL

Dalam membuat sebuah tulisan yang terpenting bukanlah media apa yang kita gunakan, tetapi pesan apa yang ingin kita sampaikan. Media yang kita gunakan akan terus berubah dan berkembang dari masa ke masa mengikuti perkembangan teknologi. Akan tetapi, pesan yang kita sampaikan melalui tulisan tersebut tidak akan berubah sekalipun media penyampaiannya berubah. Demikian halnya dengan kebenaran firman Tuhan yang akan tetap selama-lamanya sekalipun firman Tuhan itu tidak lagi ditulis di kertas, melainkan di layar perangkat-perangkat canggih pada zaman sekarang ini. Hal itulah yang ingin ditekankan di dalam slide yang berjumlah 38 halaman ini. Oleh karena itu, kita harus tetap menulis untuk memberitakan firman Tuhan demi kemuliaan nama-Nya melalui media apa pun yang tersedia pada era digital sekarang ini.
(Odysius)

Alamat URL: http://www.slideshare.net/sabda/menulis-di-era-digital
Judul presentasi: Menulis di Era Digital
Tanggal unggah: 5 Juni 2015
Jumlah halaman: 38
Nama pemateri: SABDA
Nama pengunggah: SABDA


TOPIK SELANJUTNYA

Berikut ini adalah tema ICW hingga akhir 2015:

November: Kesaksian
Desember: Natal

Apabila Anda memiliki situs yang cocok untuk kami ulas dan sesuai dengan topik-topik tersebut, silakan kirimkan kepada redaksi ICW, dan kami akan mengulasnya untuk diterbitkan jika memenuhi standar. Terima kasih.


STOP PRESS: BERGABUNGLAH DENGAN FACEBOOK E-PENULIS!

Suka menulis tetapi tidak punya komunitas yang mendukung Anda? Jangan berkecil hati dulu, bergabunglah bersama kami di Facebook e-Penulis!
Di Facebook ini Anda bisa bertemu banyak sahabat yang bisa mendukung
Anda berkarya. Tak cuma itu, kami juga terus meng-update status kami dengan tip maupun artikel yang berkaitan dengan dunia penulisan.

Jadi, jangan tunda lagi, bergabunglah bersama kami di:
==> http://fb.sabda.org/penulis


Kontak: icw(at)sabda.org
Redaksi: Odysius, Lusia, dan Yans
Berlangganan: subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org
Berhenti: unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org
Arsip: http://sabda.org/publikasi/icw/arsip/
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
(c) 2015 -- Yayasan Lembaga SABDA < http://ylsa.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org