Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383


ICW -- Mikroblog
Edisi 1220/Oktober 2013 Vol. 15

DAFTAR ISI
ULASAN: ENAM MIKROBLOG POPULER DI INDONESIA
APLIKASI: INSTAPRAY
MULTIMEDIA: MICROBLOGGING ON TWITTER
STOP PRESS: PUBLIKASI E-BINASISWA

Sahabat ICW,

Mikroblog adalah suatu blog yang memiliki ukuran lebih kecil dari blog sebenarnya dan biasanya berukuran kurang dari 200 karakter. Mikroblog ini memungkinkan penggunanya untuk memublikasikan pembaruannya, baik untuk dilihat oleh semua orang maupun kelompok terbatas yang dipilih penggunanya. Pengguna mikroblog juga dapat memberikan komentar pada teks pembaruan yang dibuat oleh pengguna lain, begitu juga sebaliknya. Mikroblog adalah tema yang diusung oleh
ICW untuk memperingati Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober.
Kami berharap, apa yang telah kami berikan bisa menambah pengetahuan Anda.

Bulan Oktober merupakan bulan yang sangat istimewa bagi kami. Pada bulan ini, kami memperingati Hari Ulang Tahun pelayanan SABDA yang ke-19. Sudah banyak pelayanan yang dilakukan oleh SABDA, tetapi masih banyak juga pelayanan yang belum terjangkau oleh Yayasan Lembaga SABDA.

Selamat Ulang Tahun SABDA ....

Pemimpin Redaksi ICW,
Gunung
< gunung(at)in-christ.net >
< http://icw.sabda.org >


ULASAN: ENAM MIKROBLOG POPULER DI INDONESIA

1. Facebook: https://www.facebook.com/

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan
Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September
2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Untuk bisa menggunakan situs ini, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah mendaftar, kita dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain menjadi teman, saling berkirim pesan, dan ada juga pemberitahuan otomatis ketika ada "update" dari "teman". Dalam
Facebook ini, kita dapat membuat dan bergabung dengan grup yang memiliki ketertarikan yang sama. Di sini, juga terdapat fitur tagar (hashtag), yaitu langkah pertama untuk mempermudah pengguna menemukan pendapat orang terkait topik tertentu dan berpartisipasi dalam percakapan publik (dengan tanda #).
Dengan Facebook ini, kita dapat berkomunikasi dengan semua orang di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa Facebook Kristen yang dikelola oleh SABDA:

- Audio Alkitab : fb.sabda.org/audio
- Bio-Kristi : fb.sabda.org/biokristi
- Direktori Situs Kristen : fb.sabda.org/icw
- e-BinaAnak : fb.sabda.org/binaanak
- e-BinaSiswa : fb.sabda.org/binasiswa
- e-Buku : fb.sabda.org/buku
- e-Doa : fb.sabda.org/doa
- e-Humor : fb.sabda.org/humor
- e-JEMMi : fb.sabda.org/misi
- e-Konsel : fb.sabda.org/konsel
- e-Leadership : fb.sabda.org/lead
- e-Penulis : fb.sabda.org/penulis
- e-Reformed : fb.sabda.org/reformed
- e-Wanita : fb.sabda.org/wanita
- GEMA : fb.sabda.org/gema
- KISAH : fb.sabda.org/kisah
- m-Biblika : fb.sabda.org/biblika
- Pemuda Kristen dan Remaja: fb.sabda.org/praktis
- PESTA : fb.sabda.org/pesta
- SABDA : fb.sabda.org/sabda
- SABDA Space : fb.sabda.org/sabdaspace
- Teens SABDA Space : fb.sabda.org/teens
- YLSA : fb.sabda.org/ylsa
- Alkitab SABDA : fb.sabda.org/alkitab
- Kamus SABDA : fb.sabda.org/kamus
- Natal : fb.sabda.org/natal
- Paskah : fb.sabda.org/paskah (Lusia)

2. Twitter: https://twitter.com/

Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog online. Penggunanya dimungkinkan untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).
Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet". Di
Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa mem-posting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat
(SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler. Di dalam situs ini terdapat juga fitur "retweet", yaitu mem-posting tulisan orang lain dengan menyertakan informasi penulisnya. Terdapat juga fitur tagar (hashtag), yang mempermudah pengguna menemukan pendapat orang untuk topik tertentu. Mari menjelajah situs ini dan nikmati fitur-fitur yang ada untuk semakin memiliki lebih banyak teman. Di bawah ini adalah beberapa Twitter yang dikelola oleh
SABDA:

- SABDA : http://twitter.com/_SABDA_
- YLSA : http://twitter.com/_YLSA_
- KISAH : http://twitter.com/sabdakisah
- PESTA : http://twitter.com/sabdapesta
- e-Leadership: http://twitter.com/sabdaleadership
- e-Doa : http://twitter.com/sabdadoa
- e-JEMMi : http://twitter.com/sabdamisi
- e-BinaAnak : http://twitter.com/sabdabinaanak
- e-BinaSiswa : http://twitter.com/sabdabinasiswa
- e-Penulis : http://twitter.com/sabdapenulis
- e-Wanita : http://twitter.com/sabdawanita
- e-Humor : http://twitter.com/sabdahumor
- Biblika : http://twitter.com/sabdabiblika
- Bio-Kristi : http://twitter.com/sabdabiokristi
- e-Buku : http://twitter.com/sabdabuku
- e-Konsel : http://twitter.com/sabdakonsel
- e-Reformed : http://twitter.com/sabdareformed
- ICW : http://twitter.com/sabdaicw (Lusia)

3. LinkedIn: http://www.linkedin.com/

LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional dan sedang berkembang dengan pesat.
LinkedIn mampu mempertemukan Anda dengan orang-orang yang Anda percaya dan membantu Anda untuk bertukar wawasan dan mendapatkan jaringan bisnis yang besar.
Melalui LinkedIn ini, informasi tersebut akan senantiasa terbarui. Anda dapat memperbarui informasi lokasi, pekerjaan, bahkan apa yang sedang Anda lakukan di profil online Anda. (Lusia)

4. Tumblr: https://www.tumblr.com/

Tumblr merupakan situs microblog yang didirikan oleh David Karp. Tumblr memiliki tampilan yang sederhana. Untuk mendaftar, Anda tinggal memasukkan alamat email, kata sandi, dan nama pengguna pada halaman awal. Dibandingkan dengan Facebook, konsep Tumblr lebih ke arah blog daripada jejaring sosial. Hanya saja, karena dinamakan "microblogging", di Tumblr Anda bisa mem-posting sebuah blog yang hanya terdiri atas (tetapi tidak terbatas pada) satu kalimat saja. Ada tujuh jenis muatan ("content") yang bisa Anda "posting" di sini, yaitu: teks, foto, kutipan, tautan, "chat", audio, dan video. Sayangnya, tumblr tidak memiliki fitur komentar sehingga para penggunanya tidak dapat berinteraksi langsung untuk membahas suatu topik atau "postingan". Akan tetapi, para pengguna masih bisa saling berinteraksi melalui fitur "message" yang lebih pribadi. Berikut adalah tumblr Kristen yang berhasil kami temukan :

- humorgereja : http://humorgereja.tumblr.com/
- bigmansirait : http://bigmansirait.tumblr.com/
- christgirlproblems : http://christgirlproblems.tumblr.com/
- dailybibleverse365 : http://dailybibleverse365.tumblr.com/
- questionsaboutchristianity : http://questionsaboutchristianity.tumblr.com/ (Yegar)

5. Google+: https://plus.google.com/

Jika Anda seorang penggemar Facebook, mungkin Anda juga akan menyukai Google+.
Jejaring sosial keluaran Google ini memang pantas dicoba. Seperti layaknya jejaring sosial pada umumnya, Anda bisa membagikan pengalaman atau isi hati Anda melalui status Anda. Di Google+, ada 5 hal yang bisa Anda jadikan muatan("content") status Anda, yaitu: teks, foto, tautan, video, dan event.
Google+ menonjolkan sebuah fitur yang diberi nama "circle". Dengan fitur
"circle" ini, pengguna bisa membagi teman-teman yang dimilikinya di Google+ berdasarkan komunitas di dunia nyata. Misalnya, teman kantor, keluarga, sahabat, dan sebagainya. "Circle" ini bisa Anda "custom" sesuai kebutuhan Anda.
Selanjutnya, Anda bisa memilih "circle" mana saja yang dapat melihat isi dari sebuah status yang Anda "posting". Jadi, tidak semua hal yang Anda isikan di status Anda bisa dilihat oleh semua teman Google+ Anda. Berikut ini adalah beberapa Google+ Kristen yang dapat kami lacak:

- Jesus Christ Daily : https://plus.google.com/s/Jesus%20Christ%20Daily
- Christian Teens : https://plus.google.com/s/Christian%20Teens
- Christians in Business : https://plus.google.com/s/Christians%20in%20Business
- Sharing Jesus Christ : https://plus.google.com/s/Sharing%20Jesus%20Christ
- Christian Music : https://plus.google.com/s/Christian%20Music
- Christian Authors : https://plus.google.com/s/Christian%20Authors (Yegar)

6. Plurk: http://www.plurk.com/

Plurk merupakan situs "microblogging" yang cukup unik. Jika dibandingkan dengan
Facebook atau Google+, Plurk tentu bukan saingan yang seimbang. Namun, Plurk memiliki keunikan dalam hal sistem dan isi yang disajikan. Hal ini membuat Plurk memiliki penggemarnya sendiri. Salah satu hal yang menonjol dari Plurk adalah sistem Karma. Saat Anda baru membuat akun Plurk, Anda akan memiliki nilai Karma
0.00. Poin ini akan terus bertambah seiring dengan kemajuan akun Plurk Anda.
Semakin banyak teman yang Anda miliki, seberapa banyak status yang Anda
"posting", seberapa sering Anda mengganti foto, dan masih banyak hal lain dapat memengaruhi bertambah atau berkurangnya poin Karma yang Anda miliki. Poin Karma ini bisa digunakan untuk mendapatkan fitur-fitur tambahan di Plurk, misalnya penambahan emoticon (logo-logo yang mengekspresikan emosi seseorang, Red.) yang bisa Anda gunakan untuk lebih mengekspresikan diri Anda. Sayangnya, kami belum berhasil menemukan Plurk yang bernuansa Kristiani. Mungkin, jika Anda berminat mencoba, Anda bisa memberikan rekomendasi Plurk Kristen kepada kami. Selamat mencoba. (Yegar)


* Catatan Redaksi: Karena dunia internet adalah dunia dinamis yang terus-menerus berubah, informasi ulasan situs, blog, forum, milis, dan Facebook di ICW adalah akurat sesuai dengan yang kami lihat pada saat kami menuliskan ulasannya.


APLIKASI: INSTAPRAY

Instapray merupakan sebuah aplikasi Android yang menghubungkan orang di seluruh dunia melalui doa. Melalui aplikasi ini, Anda bisa menyampaikan pokok-pokok doa yang ingin Anda bagikan kepada orang lain. Anda juga bisa berkomunikasi dengan pengguna yang lain serta berdoa untuk orang lain melalui pokok-pokok doa yang telah dikirimkan. Penggunaan aplikasi Instapray ini sangat mudah sehingga memungkinkan semua orang bisa menggunakannya. Instapray merupakan aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis, tetapi untuk menggunakannya Anda harus terhubung dengan internet. Beberapa fitur juga disediakan dalam aplikasi ini untuk memudahkan pengguna memakainya. Salah satunya, pengguna bisa membuat grup doa sendiri di aplikasi ini sehingga bisa membagikan pokok-pokok doa hanya dalam grup tersebut.

Aplikasi ini bisa Anda dapatkan dengan mengunduhnya melalui alamat di bawah ini.
Selamat berdoa. (Gunung)

==> http://instapray.com/
Tanggal akses: 11 September 2013


MULTIMEDIA: MICROBLOGGING ON TWITTER

Pada edisi kali ini, kami akan membahas presentasi yang diunggah oleh Derek
Moore di slideshare. Presentasi ini berjudul "Microblogging on Twitter" dan sesuai judulnya, topik bahasan utama dalam presentasi ini adalah twitter.
Presentasi ini terdiri atas 26 slide dan dibagi menjadi empat bagian yaitu:
Education & Development, The Manual, The Mobile, dan Power Tips. Bagian Pertama membahas tentang hal-hal umum yang terdapat di Twitter. Bagian kedua memberikan langkah-langkah membuat akun Twitter dan panduan mem-posting kicauan (tweet).
Bagian ketiga memberikan informasi mengenai cara membuka Twitter melalui perangkat mobile. Dan, bagian yang terakhir membahas fitur-fitur yang dimiliki oleh Twitter dan bagaimana cara memanfaatkan fitur tersebut. Silakan melihat-lihat presentasi ini, siapa tahu Anda mendapatkan ilmu baru untuk menggunakan
Twitter. (Yegar)

==> http://www.slideshare.net/weblearning/microblogging-2419870
Tanggal akses: 27 September 2013


TOPIK SELANJUTNYA

Berikut ini adalah tema ICW hingga akhir 2013. November: Layanan Medis dan
Desember: Natal. Apabila Anda memiliki situs yang cocok untuk kami ulas untuk topik-topik tersebut, silakan kirimkan kepada redaksi ICW, dan kami akan mengulasnya untuk diterbitkan pada bulan yang sesuai. Terima kasih.


STOP PRESS: PUBLIKASI E-BINASISWA

Apakah Anda seorang pembimbing bagi pemuda dan remaja? Atau Anda rindu terlibat dalam pelayanan pemuda dan remaja Gereja? Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana membina para pemuda dan remaja dengan lebih baik, inilah saatnya bagi Anda untuk beraksi.

Dapatkan kiat-kiat terbaik dan menarik seputar pembinaan pemuda dan remaja melalui artikel dan bahan pembinaan yang kami sajikan dalam publikasi e-Bina
Siswa.

Bergabunglah dengan mengirimkan e-mail ke: < subscribe-i-kan-untuk-siswa(at)hub.xc.org >

Kunjungi pula situs pelayanan remaja Kristen di: ==> http://remaja.sabda.org/

Ikuti juga komunitas kami di:
Facebook e-BinaSiswa: http://fb.sabda.org/binasiswa
Twitter e-BinaSiswa: https://twitter.com/sabdabinasiswa
Yayasan Lembaga SABDA http://ylsa.org/


Kontak: icw(at)sabda.org
Redaksi: Gunung, Kusuma Negara, dan Lusia
Berlangganan: subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org
Berhenti: unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org
Arsip: http://sabda.org/publikasi/icw/arsip/
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
(c) 2013 Yayasan Lembaga SABDA < http://ylsa.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org