Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383


ICW -- Lansia
Edisi 1217/Juli 2013 Vol. 15

DAFTAR ISI
ULASAN: DELAPAN SITUS YANG MEMBAHAS TENTANG LANSIA
APLIKASI: SILVERLINE
MULTIMEDIA: ALKITAB AUDIO

Sahabat ICW,

Lansia (lanjut usia) merupakan keadaan di mana seorang telah berumur lebih dari
60 tahun. Ada beberapa jenis permasalahan yang dialami oleh seseorang yang telah lanjut usia. Permasalahan itu bisa secara mental, fisik, sosial, maupun psikologi sehingga mengakibatkan gangguan terhadap pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Untuk itu, ICW edisi ini akan menyajikan hal-hal yang berhubungan dengan lansia. Harapan kami, ulasan situs, aplikasi, dan multimedia yang kami sajikan pada edisi ini bisa menambah wawasan kita dan menjadi berkat bagi orang lain.
Selamat berselancar.

Pemimpin Redaksi ICW,
Gunung
< gunung(at)in-christ.net >
< http://icw.sabda.org >


ULASAN: DELAPAN SITUS YANG MEMBAHAS TENTANG LANSIA

1. TOP Lansia: http://lansia.org/TOP_Lansia

Situs Top Lansia adalah situs yang dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA < http://ylsa.org>, yang menyediakan bahan-bahan seputar lansia. Bahan-bahan yang dapat Anda akses dalam situs tersebut antara lain Memahami Lansia dan Kesehatan
Lansia. Terdapat juga buku-buku dengan tema Lansia, baik buku cetak maupun buku elektronik. Situs ini juga memiliki daftar situs lansia bagi Anda yang ingin menjelajah. Ada banyak tokoh lansia yang dimuat dalam situs ini, baik tokoh
Alkitab maupun tokoh di luar Alkitab. Bagi Anda yang ingin selalu tampak awet muda, situs ini menyediakan humor untuk lansia.

Anda juga bisa menghubungi kami melalui menu Kontak yang ada di situs ini. Jika
Anda ingin mendapatkan banyak bahan tentang lansia, silakan berkunjung ke situs ini. (Lusia)

2. TELAGA: http://www.telaga.org/

Situs TELAGA (Tegur Sapa Gembala Keluarga) merupakan situs yang didesain untuk menyebarluaskan informasi yang disiarkan di radio. Topik yang ditampilkan berkisar pada tema-tema yang berkaitan dengan keluarga dan masalah kejiwaan pada umumnya. Situs ini juga memiliki bahan-bahan yang dibutuhkan oleh para lansia.
Untuk menemukannya, Anda bisa mencarinya melalui kotak pencarian yang telah disediakan dalam situs ini. Anda bisa melihat berbagai artikel yang ditawarkan dalam situs ini, antara lain:

* Memahami Para Lanjut Usia
http://www.telaga.org/transkrip.php?memahami_para_lanjut_usia.htm
* Mempersiapkan Diri Memasuki Masa Lanjut Usia
http://www.telaga.org/audio/mempersiapkan_diri_memasuki_masa_lanjut_usia
* Memahami Orang Tua Lansia
http://telaga.org/audio/memahami_orangtua_lansia
* Mengapa Orang Tua seperti Kanak-Kanak
http://www.telaga.org/audio/mengapa_orang_tua_seperti_kanak_kanak
* Makin Tua Makin Curiga
http://telaga.org/audio/makin_tua_makin_curiga (Gunung)

3. [Inggris] Gerbang Lansia: http://www.gerbanglansia.org/

Situs gerbang lansia menampilkan profil Yayasan Emong Lansia -- sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang penanganan manusia lanjut usia (manula). Meskipun alamat situs ini menggunakan Bahasa Indonesia, bahasa yang digunakan sebagai pengantarnya adalah Bahasa Inggris. Hampir seluruh isi situs berkenaan dengan ulasan berbagai kegiatan yang telah dilakukan yayasan ini. Situs ini bukan merupakan "source-center" untuk hal-hal yang berhubungan dengan penuaan atau usia lanjut, melainkan lebih pada situs profil organisasi. Jadi, Anda tidak akan menemukan artikel maupun tulisan mengenai manula dalam situs ini. (Yegar)

4. Lembaga Lanjut Usia Indonesia, Jawa barat: http://lansiajabar.com/

Situs ini berisi tentang informasi seputar kegiatan dari Lembaga Lanjut Usia
Provinsi Jawa Barat. Selain menampilkan informasi kegiatan, situs ini juga memberikan informasi lain seperti penasihat dan pengurus maupun anggota dari
Lembaga Lanjut Usia ini. Pengunjung situs bisa melihat dokumentasi kegiatan yang telah dilakukan oleh lembaga ini. Selain itu, situs ini juga menampilkan artikel-artikel yang sangat berguna bagi mereka yang telah lanjut usia. (Gunung)

5. Panti Werda Elim (Blog PELKRIS): http://pantiwerdaelim.blogspot.com/

Bagi Anda yang sedang mencari panti werda yang bernapaskan kristiani, situs ini mungkin bisa memberikan alternatif yang bermanfaat. Seperti namanya, situs ini berisi informasi seputar Panti Werda Elim. Informasi yang terdapat dalam situs ini antara lain: persyaratan, fasilitas, pelayanan kesehatan, dan beberapa informasi lainnya. Panti Werda Elim sendiri merupakan Panti Werda Kristen yang berlokasi di Semarang. Untuk lebih jelasnya, silakan mencoba mampir ke situs ini. (Yegar)

6. [Inggris] Young Lansia: http://younglansia.blogspot.com/

Blog ini berisi banyak sekali artikel dalam berbagai topik, mulai dari catatan khotbah, kesehatan, dan terutama juga hal-hal yang berhubungan seputar penuaan.
Gaya penulisannya lebih menyerupai catatan pribadi penulisnya. Artikel atau tulisan yang berhubungan dengan lansia dalam blog contohnya antara lain, "How to
Live to 100", "Neurological Test", "Depresi pada Lansia", dan masih ada yang lainnya. Selain artikel, blog ini juga memiliki beberapa humor segar yang cukup menghibur. Intinya, blog ini berisi tulisan/artikel yang dibuat ataupun dikumpulkan oleh sang pemilik blog, mulai dari tulisan-tulisan yang ringan dan menghibur hingga yang cukup berisi dan menambah wawasan. (Yegar)

7. Bersama Menapak Lanjut Usia: http://bersamamenapaklanjutusia.blogspot.com/

Ini merupakan sebuah blog yang berisi tentang berbagai artikel bermanfaat, baik bagi mereka yang telah lanjut usia maupun mereka yang masih muda. Meskipun artikel yang ditampilkan diperuntukkan untuk orang tua, artikel tersebut juga bisa menambah wawasan bagi orang-orang muda. Melalui artikel yang ditampilkan tersebut, pembaca bisa menambah wawasan dan belajar dari pengalaman, tip, dan pengetahuan seperti yang dituliskan dalam artikel tersebut. (Gunung)

8. Facebook Komnas Lansia: https://www.facebook.com/komnas.lansia

Facebook Komnas Lansia merupakan sebuah komunitas dari situs Komisi Nasional
Lanjut Usia yang beralamat di http://www.komnaslansia.or.id. Facebook ini telah memiliki teman sebanyak 1.679 dan memiliki pengikut sebanyak 46 orang.
Pengunjung bisa mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Komnas Lansia melalui Facebook ini. Sayangnya, Admin Facebook ini kurang aktif dalam memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia orang lanjut usia. (Gunung)

Tanggal akses: 20 Juni 2013

* Catatan Redaksi: Karena dunia internet adalah dunia dinamis yang terus-menerus berubah, informasi ulasan situs, blog, forum, milis, dan Facebook di ICW adalah akurat sesuai dengan yang kami lihat pada saat kami menuliskan ulasannya.


APLIKASI: SILVERLINE

Orang tua terkadang merasa sangat sulit untuk beradaptasi dengan perangkat komunikasi yang semakin canggih. Hal ini mendorong pengembang aplikasi dari perusahaan SingTel untuk menyediakan sebuah aplikasi yang cocok bagi orang tua.
Aplikasi ini dinamakan Silverline, yang diharapkan dapat memudahkan orang tua dalam menjaga komunikasi dengan anggota keluarga, teman, dan menemukan dunia di sekitarnya. Selain itu, Silverline juga bisa berperan sebagai reminder bagi orang tua yang sedang dalam masa perawatan kesehatan dan juga untuk konsumsi obat. Aplikasi yang dipasang di iPhone ini memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif supaya mudah digunakan oleh orang tua. Aplikasi ini mengganti daftar kontak yang ada di iPhone dengan tampilan foto lebih besar untuk setiap kontaknya. Ukuran tombol navigasinya juga dibuat lebih besar agar navigasi lebih mudah untuk dilakukan. Bahkan, aplikasi ini bisa berperan sebagai penghubung kontak kantor polisi atau fasilitas kesehatan hanya dengan satu tombol saja.
(Gunung)

==> http://info.singtel.com/personal/silverline/the-silverline-apps
Tanggal akses: 14 Juni 2013


MULTIMEDIA: ALKITAB AUDIO

Alkitab Audio merupakan teks Alkitab yang disajikan dalam format audio (.mp3) sehingga apabila kita ingin belajar firman Tuhan, kita dapat mendengarkannya.
Belajar firman Tuhan melalui pendengaran ini akan sangat membantu bagi saudara-saudara kita yang sedang terbaring sakit, bagi para lansia yang mengalami kesulitan membaca teks Alkitab, dan saudara kita yang tunanetra. Apabila Anda ingin mendapatkan Alkitab Audio ini, Anda dapat mengunduhnya di http://audio.sabda.org. Alkitab Audio yang disediakan ada dalam banyak versi terjemahan, yaitu Bahasa Indonesia, bahasa asing, dan bahasa suku. (Lusia)


TOPIK SELANJUTNYA

Berikut ini adalah tema ICW hingga akhir 2013. Agustus: Misi, September:
Keluarga, Oktober: Microbloging, November: Layanan Medis, Desember: Natal.
Apabila Anda memiliki situs yang cocok untuk kami ulas sesuai topik-topik tersebut, silakan kirimkan informasi situsnya kepada Redaksi ICW, dan kami akan mengulasnya untuk diterbitkan di bulan yang sesuai. Terima kasih.


STOP PRESS: DAPATKAN POKOK DOA SELAMA BULAN PUASA: "MENGASIHI BANGSA DALAM DOA"!

Apakah Anda terbeban untuk `menanam` lutut Anda bagi bangsa-bangsa yang belum mengenal Kristus? Kami mengajak Anda bersatu hati untuk berdoa bagi saudara-saudara kita, khususnya bagi mereka yang akan melaksanakan ibadah puasa.

Jika Anda rindu untuk turut ambil bagian dalam berdoa bagi bangsa-bangsa, kami akan mengirimkan pokok-pokok doa dalam versi e-mail untuk menjadi pokok doa kita bersama. Untuk berlangganan, silakan kirimkan e-mail ke: ==> < subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org >

Bagi Anda yang ingin teman-teman Anda pun bisa ikut berdoa dengan memakai bahan pokok doa ini, silakan kirimkan alamat e-mail mereka ke Redaksi e-Doa di: < doa(at)sabda.org >

Marilah kita bersama berpuasa dan berdoa untuk Indonesia agar tangan Tuhan yang penuh kuasa memulihkan bangsa kita untuk hormat dan kemuliaan bagi nama-Nya.
Selamat menjadi "penggerak doa" di mana pun Anda berada! Biarlah karya Tuhan terjadi di antara umat-Nya, khususnya Bangsa Indonesia. Selamat berdoa.


Kontak: icw(at)sabda.org
Redaksi: Gunung, Kusuma Negara, dan Lusia
Berlangganan: subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org
Berhenti: unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org
Arsip: http://sabda.org/publikasi/icw/arsip/
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
(c) 2013 -- Yayasan Lembaga SABDA < http://ylsa.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org