Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383



ICW -- Situs Doa
Edisi 1214/April 2013 Vol. 15

DAFTAR ISI
JELAJAH NUSANTARA: DOA
JELAJAH MANCA: OPEN DOORS
LACAK FACEBOOK: LAYANAN DOA
ARTIKEL: ESCHERICHIA COLI UNTUK MENYIMPAN DATA
TIP: MENGHEMAT ENERGI BATERAI LAPTOP

Shalom,

Setiap orang percaya seharusnya tidak bisa lepas dari kehidupan doa.
Oleh karena itu, seharusnya pula hal-hal yang berhubungan dengan topik doa menjadi hal yang menarik bagi orang percaya. Dalam era teknologi ini, materi-materi tentang doa sudah dapat kita temukan dengan lebih mudah melalui media internet.

Tema yang diusung redaksi ICW pada bulan April ini adalah mengenai
Doa. Anda bisa menyimak ulasan situs, artikel, dan tip yang telah kami kemas dalam edisi kali ini. Kami berharap para pembaca bisa menjadi berkat bagi orang lain melalui kehidupan doa Anda.

Kami juga memberitahukan bahwa untuk selanjutnya, Publikasi ICW akan terbit setiap bulan sekali, yaitu pada hari Selasa minggu pertama.
Kiranya, apa yang kami sajikan ini menjadi berkat bagi Anda. Tuhan memberkati.

"Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur." (Filipi 4:6)

Pemimpin Redaksi ICW,
Gunung
< gunung(at)in-christ.net >
< http://icw.sabda.org >


JELAJAH NUSANTARA: DOA

Doa merupakan napas kehidupan setiap orang percaya. Artinya, tanpa berdoa, seorang Kristen akan mati rohnya. Namun ironisnya, ada orang- orang Kristen yang tidak tahu bagaimana cara berdoa. Kali ini, kita akan membahas sebuah situs yang bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan orang-orang percaya seputar doa. Situs Doa yang dikelola oleh Yayasan Lembaga SABDA ini memiliki bahan-bahan yang bisa menopang kehidupan doa orang-orang percaya.

Dalam situs ini, kita bisa menambah wawasan seputar doa melalui artikel-artikel tentang doa. Artikel-artikel tersebut antara lain membahas tentang kisah para tokoh pendoa syafaat, kuasa doa, dan doa- doa yang terdapat dalam Alkitab. Selain menambah wawasan, kita juga dapat memperdalam iman kita melalui artikel kumpulan doa, renungan, ilustrasi, dan doa audio. Bahan-bahan ini bisa memberikan inspirasi untuk kehidupan doa, baik secara pribadi maupun kelompok. Selanjutnya, situs ini juga menyediakan sarana untuk saling berbagi melalui blog.
Dalam blog ini, pengunjung dapat memberikan kesaksian akan jawaban doa, kekuatan dalam pergumulan serta meminta topangan doa untuk masalah-masalah yang sedang dihadapi. Salah satu fitur yang juga menarik dari situs ini adalah kalender doa yang berisi pokok-pokok doa yang bisa didoakan setiap hari. Pokok-pokok doa ini membantu kita untuk menjadi berkat melalui doa-doa kita untuk daerah, suku, maupun bangsa yang membutuhkan topangan doa secara khusus. Silakan berkunjung di situs ini dan Anda akan menjadi berkat bagi orang lain. (Yegar)

==> http://doa.sabda.org/
Tanggal akses: 27 Maret 2013


JELAJAH MANCA: OPEN DOORS

Situs Open Doors merupakan situs dari sebuah organisasi nonprofit yang bekerja di negara-negara yang tertutup untuk Injil. Banyak informasi yang bisa Anda dapat melalui situs ini: berita terbaru tentang hal-hal yang terjadi kepada saudara-saudara seiman di seluruh dunia, liputan- liputan berhubungan dengan kegiatan OpenDoors, dan juga kalender doa yang dapat menuntun Anda berdoa bagi saudara seiman di negara-negara lain yang sedang teraniaya. Anda juga dapat membantu saudara-saudara seiman yang teraniaya, baik dengan dana maupun tenaga. Di samping itu, hal yang menarik adalah adanya World Watch List Countries yang berisi daftar negara-negara yang perlu didoakan karena Injil masih sulit masuk ke sana. Dari 50 negara yang ada dalam daftar itu, Indonesia menempati posisi ke-45.

Situs ini menyediakan kolom Search untuk mencari konten yang ada dalam situs ini secara langsung dan memiliki link ke Facebook, Google+,
Twitter, dan Youtube dengan akun organisasi ini. Bila Anda tertarik untuk mengetahui apa saja yang terjadi dengan saudara-saudara seiman di negara-negara lain, dan ingin ikut ambil bagian di dalam doa ataupun dana, silakan kunjungi URL situs di bawah ini. (Yusak)

=> http://www.opendoorsusa.org/
Tanggal akses: 2 Maret 2013


LACAK FACEBOOK: LAYANAN DOA

Layanan Doa merupakan halaman penggemar di Facebook yang memiliki tujuan untuk membagikan kasih Tuhan Yesus dan saling mendoakan, sehingga nama Tuhan Yesus ditinggikan. Bergabung dengan Facebook pada tahun 2010 dan sampai saat ini telah memiliki penggemar lebih dari
322.000 orang. Admin dalam Facebook ini aktif dalam memberikan postingan berupa ayat-ayat, lirik lagu, maupun puisi. Keaktifan Admin ini juga diimbangi dengan keaktifan para penggemar dalam memberikan komentar maupun tanda suka, sehingga Facebook ini benar-benar hidup dan bisa menjadi berkat bagi penggemarnya. Kita juga bisa melihat catatan-catatan tentang layanan doa. Dalam halaman tersebut, kita bisa menyimak artikel-artikel yang berkaitan dengan pelayanan doa. Jika
Anda tertarik untuk bergabung menjadi penggemar Facebook Layanan Doa, silakan bergabung di Facebook ini. (Gunung)

==> https://www.facebook.com/layanandoa
Tanggal akses: 3 April 2013

* Catatan Redaksi: Karena dunia internet adalah dunia dinamis yang terus-menerus berubah, informasi ulasan situs, blog, forum, milis, dan
Facebook di ICW adalah akurat sesuai dengan yang kami lihat pada saat kami menuliskan ulasannya.


ARTIKEL: ESCHERICHIA COLI UNTUK MENYIMPAN DATA

Biostorage atau sistem penyimpanan data pada makhluk hidup sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Namun, sekarang ini para ahli telah mengintensifkan dan memperluas penggunaan biostorage hingga melibatkan bakteri E. Coli (Escherichia Coli).

Selama ini, diskusi mengenai bakteri E. Coli lebih berkutat pada unsur-unsurnya yang merugikan. Pasalnya, bakteri ini terkenal sebagai penyebab kematian jutaan orang akibat wabah muntaber yang mereka timbulkan. Tak hanya itu, di Indonesia bakteri ini bahkan disebut biang penyebab tercemarnya sumur-sumur warga.

Berbanding terbalik dengan kondisi tersebut, baru-baru ini mahasiswa peneliti dari Chinese University di Hong Kong menemukan fakta lain dari bakteri ini, yaitu dapat digunakan sebagai alat untuk menyimpan data informasi. Tim peneliti tersebut berhasil menemukan cara untuk mengenkripsikan dan menyimpan data dalam DNA bakteri E.Coli.

Satu gram bakteri ini mampu menyimpan informasi hingga. 4.502.000
Gigabyte dalam DNA mereka. Penggunaan bakteri sebagai media penyimpan data terbukti sangat efisien lantaran bakteri relatif sangat mudah untuk dikembangbiakkan.

Di samping itu, bakteri juga terkenal sebagai hewan yang mampu bertahan hidup dalam kondisi ekstrem. Sementara itu, tim peneliti dari
Hong Kong berhasil membuktikan bahwa jenis data yang disimpan dalam
DNA bakteri tidak hanya berupa data teks, juga gambar, musik serta video.

Tim peneliti ini berhasil menyusun peralatan yang dapat mengompres data dan kemudian menyimpannya dalam sejumlah sel, serta memetakan posisi data-data tersebut dalam sel-sel yang digunakan sehingga dapat dimanfaatkan pada saat dibutuhkan. Mereka bahkan mengembangkan sistem pengamanan tiga tingkat terhadap data-data tersebut untuk mencegah hacker mengganggu sistem.

Diambil dari:
Judul koran: Solopos, 30 September 2012
Judul asli artikel: E.Coli untuk Menyimpan Data
Penulis artikel: Ayu Prawitasari
Halaman: 10


TIP: MENGHEMAT ENERGI BATERAI LAPTOP
Dirangkum oleh: Gunung

Kadang, kita tidak memperhatikan hal-hal sederhana tetapi mempunyai dampak yang besar. Misalnya, penggunaan baterai laptop kita. Berikut ini adalah tip yang berguna dalam menghemat penggunaan tenaga baterai laptop.

1. Mengatur energi laptop.

Biasanya, produsen-produsen laptop juga menyertakan feature dan software power management. Software ini sangat berguna sekali bagi para konsumen laptop karena software ini mampu mengatur pemakaian baterai dan daya listrik yang sedang digunakan. Dalam software ini, ada beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk mengetahui beban hard disk dan energi lain yang sedang digunakan oleh laptop. Di antaranya mengetahui kecepatan prosesor atau pencahayaan monitor yang tepat untuk dapat menghemat baterai. Software ini sekaligus dapat menjadi pengawas bagi kita dalam menggunakan laptop.

2. Mengatur pencahayaan dan kontras monitor.

Para pengguna laptop terkadang jarang sekali memperhatikan pengaturan monitor. Pencahayaan dan kontras yang terlalu tinggi akan menghabiskan banyak energi. Sebaliknya, dengan tingkat pencahayaan yang rendah akan menghemat energi.

3. Mematikan perangkat yang tidak terpakai.

Perangkat wireless seperti bluetooth dan wi-fi adalah salah satu dari pengguna energi. Jika mereka tidak digunakan, lebih baik dimatikan saja. Walau tidak digunakan, perangkat yang masih aktif akan terus melakukan pemindaian sehingga dapat menghabiskan energi komputer atau laptop Anda tanpa Anda sadari. Cabut perangkat semacam flashdisk, modem USB, atau perangkat-perangkat lain yang menggunakan port USB agar energi tidak diserap secara sia-sia oleh perangkat tersebut jika memang tidak atau sudah selesai digunakan.

4. Menggunakan "hibernate".

Mode hibernate ini adalah fasilitas untuk melakukan shut down, tetapi tidak menutup atau mematikan aplikasi yang sedang kita buka tadi.
Dengan mode ini, isi memory utama (RAM) akan tersimpan dalam hard disk. Cara melakukan mode hibernate adalah sebagai berikut, pada
"Power Options" klik tab "Hibernate". Lalu, klik kotak dekat "Enable
Hibernation". Klik juga pada tab "Advanced". Dalam bagian "When I
Press the power button" klik tanda panahnya, kemudian klik
"Hibernate". Klik "Apply" dan "Ok". Setelah itu, tekan tombol "Power" pada komputer Anda. Mode hibernate sudah berfungsi, tekan tombol
"Power" sekali lagi, komputer Anda akan menyala dan akan otomatis membuka aplikasi yang telah Anda buka tadi.

5. Membuka program seperlunya.

Jangan membuka program-program yang terlalu banyak dan besar. Tutuplah program-program yang tidak seharusnya Anda gunakan. Pemakaian program yang banyak akan membuat kinerja komputer semakin berat sehingga banyak memakan energi.

Dirangkum dari:
1. Purnomo, Ari. "Menghemat Energi Baterai Laptop". Dalam
http://penggunacerdas.blogspot.com/2012/07/menghemat-energi-baterai-laptop.html
2. Wisnugraha, Adhe. "Tips Cara Menghemat Energi Baterai Pada Laptop
atau Windows 7". Dalam http://symbianoid.blogspot.com/2012/07/tips-cara-menghemat-energi-baterai-pada.html
3. _________. "Artikel komputer terbaru: Tips Menghemat energi PC,
Laptop". Dalam http://www.it-artikel.com/2012/03/artikel-komputer-terbaru.html


REFERENSI: SITUS-SITUS DOA

A. Situs-situs Pujian dalam Bahasa Indonesia
1. Top Berdoa < http://berdoa.com >
2. Jaringan Doa Nasional < http://www.jdn.or.id/ >
3. Sahabat Surgawi < http://www.sahabatsurgawi.net/ >
4. Persekutuan Doa Daniel < http://pddaniel-jimei.blogspot.com/ >

B. Situs-situs Pujian dalam Bahasa Inggris
1. Global Harvest Ministries < http://www.globalharvest.org/ >
2. Prayer Guard < http://prayerguard.net/ >
3. Prayer for All People < http://www.prayerforallpeople.com/ >
4. Missionn Network < http://www.mnnonline.org/ >
5. The International Day of Prayer for The Persecuted Church < http://www.persecutedchurch.org/ >
6. 24-7 Prayer < http://www.24-7prayer.com/ >
7. Faith and Worship < http://www.faithandworship.com/ >
8. The Prayer Guide < http://www.prayerguide.org.uk/ >


Kontak: icw(at)sabda.org
Redaksi: Gunung, Kusuma Negara, dan Lusia
Berlangganan: subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org
Berhenti: unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org
Arsip: http://sabda.org/publikasi/icw/arsip/
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
(c) 2013 -- Yayasan Lembaga SABDA < http://ylsa.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org