Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383



================= ICW - Indonesian Christian Webwatch ================

ICW -- Situs Natal (I)
Edisi 1204/November 2012 Vol. 14

DAFTAR ISI
JELAJAH NUSANTARA: SITUS NATAL SABDA
JELAJAH MANCA: CHRISTMAS - ABOUT.COM
LACAK FACEBOOK: NATAL DAMAI DAN PENUH KASIH
ARTIKEL: 10 CARA UNTUK MENEMPATKAN YESUS DALAM NATAL

Shalom,

Masih ingatkah Anda, apa saja yang Anda lakukan ketika merayakan Natal pada tahun kemarin? Edisi ICW kali ini memberi inspirasi baru seputar
Natal, yang tentunya akan menolong Anda membuat Natal tahun ini lebih istimewa. Melalui ulasan situs Natal, dalam dan luar negeri, Anda bisa mengeksplorasi banyak bahan yang bisa dijadikan acuan/sumber ide untuk merayakan Natal. Atau, jika Anda sudah mendapatkan bahan tapi mengalami kesulitan/bimbang dalam mengaplikasikannya pada perayaan
Natal mendatang, Anda bisa bertanya di komunitas -- Facebook Natal.
Jadikan Natal tahun ini lebih berkesan! Selamat menyimak sajian ini,
Tuhan Yesus memberkati.

Selamat berselancar.

Staf Redaksi ICW,
Santi Titik Lestari
< http://icw.sabda.org >


JELAJAH NUSANTARA: SITUS NATAL SABDA

Situs Natal SABDA diluncurkan oleh Yayasan Lembaga SABDA pada tahun
2008. Situs ini merupakan satu-satunya situs berbahasa Indonesia yang secara khusus menyajikan bahan-bahan Natal di dunia internet. Bahan-bahan yang disediakan dalam situs ini, diharapkan dapat menjawab kebutuhan pengunjung seputar perayaan Natal bermakna. Beberapa bahan
Natal dapat Anda akses dalam menu Tulisan Natal, Bahan Natal, dan
Download. Menu Tulisan Natal antara lain menyajikan artikel, kesaksian, renungan, dan khotbah. Sedangkan Bahan Natal berisi bahan mengajar, drama, humor, puisi, syair dan kisah lagu, serta tips.
Berbagai gambar, midi, lagu, cerita, dan bahan Natal untuk sekolah minggu bisa langsung diakses dalam menu Download. Lengkap bukan?

Menariknya lagi, setiap pengunjung bisa mendaftarkan diri sebagai pengguna, untuk turut memosting bahan dalam situs Natal SABDA.
Bagaimana caranya? Silakan buka menu FAQ untuk mendapatkan panduannya.
Pengguna tidak hanya dapat mengirimkan bahan, tapi bisa juga mengirimkan Ucapan Natal. Jika Anda juga aktif di jejaring sosial, ada banyak kesempatan untuk berbagi dengan siapa pun karena situs ini langsung terintegrasi dengan jejaring sosial Facebook. Bagaimana dengan Anda? Apakah masih ada alasan untuk tidak mengunjungi situs ini? Tentu saja tidak! Untuk itu, selamat berselancar di situs Natal
SABDA. Tuhan Yesus memberkati. (DK)

==> http://natal.sabda.org/
Tanggal akses: 15 Oktober 2012


JELAJAH MANCA: CHRISTMAS - ABOUT.COM

Christmas Holiday merupakan bagian khusus dari About.com Christianity yang membahas tentang Natal. Sumber bahan Natal yang disajikan di halaman ini sangat lengkap dan beragam. Artikel Natal yang disajikan di sini merupakan artikel pilihan, sehingga sangat menarik untuk dibaca. Selain untuk menambah wawasan kekristenan kita, artikel ini juga membuat kita semakin mengerti sejarah adanya hari Natal. Selain artikel, situs ini juga menyediakan renungan Natal yang berguna bagi kita semua untuk mempersiapkan hati dalam menyambut Natal. Situs ini dilengkapi dengan kotak pencarian untuk memudahkan pengunjung menemukan bahan-bahan yang ingin dicari dalam situs ini.

Situs ini menggunakan bahasa Inggris dan tidak memiliki fasilitas penerjemah, sehingga apabila pengunjung tidak bisa berbahasa Inggris akan merasa kesulitan. Melalui situs ini, pengunjung juga dapat berlangganan buletin yang berisi informasi-informasi menarik lainnya seputar kekristenan dari situs About.com Christianity. (LTN)

=> http://christianity.about.com/od/christmas/Christmas_Holiday.htm
Tanggal akses: 9 November 2012


LACAK FACEBOOK: NATAL DAMAI DAN PENUH KASIH

Grup Natal Damai dan Penuh Kasih di Facebook ini memiliki 1877 penggemar sampai dengan ulasan ini ditulis. Facebook yang sudah dibuka sejak 1 September 2009 ini, kurang ramai aktivitasnya. Mungkin karena halaman ini hanya bertemakan hari Natal, sehingga pengunjung hanya datang pada hari Natal, untuk menyampaikan ucapan selamat hari Natal untuk penggemar yang lainnya. Admin banyak memosting status seputar hari Natal, seperti pengalaman Natal, pendapat tentang Natal, dan harapan di hari Natal. Selain itu, tidak banyak info lain seputar kegiatan Facebook ini.

Jika Anda ingin memberikan ucapan Natal dan Tahun Baru, atau menuliskan harapan di hari Natal dan Tahun Baru, Anda dapat mengunjungi halaman Facebook di bawah ini. (YCN)

==> http://www.facebook.com/pages/Natal-Damai-dan-Penuh-
Kasih/123419984527
Tanggal akses: 12 Oktober 2012

* Catatan Redaksi: Karena dunia internet adalah dunia dinamis yang terus-menerus berubah, informasi ulasan situs, blog, forum, milis, dan
Facebook di ICW adalah akurat sesuai dengan yang kami lihat pada saat kami menuliskan ulasannya.


ARTIKEL: 10 CARA UNTUK MENEMPATKAN YESUS DALAM NATAL

Cara paling utama untuk menempatkan Yesus di dalam perayaan Natalmu adalah dengan mengundangnya hadir di dalam hidupmu setiap hari. Jika kamu sudah menerima Yesus sebagai Juru Selamatmu dan pusat dalam hidupmu, menempatkan Yesus di dalam Natal artinya lebih kepada apa yang sudah kamu lakukan di dalam hidupmu, daripada apa yang kamu katakan, seperti "Selamat Natal".

Menempatkan Yesus di dalam Natal artinya setiap hari menampakkan karakter, kasih, dan pengorbanan Kristus yang tinggal di dalam dirimu, dengan cara menampilkan sifat-sifat tersebut melalui tindakanmu.
Berikut ini adalah cara-cara mudah untuk menempatkan Kristus sebagai pusat dalam hidupmu pada Natal tahun ini.

1. Berikan Tuhan sebuah hadiah istimewa, darimu kepada-Nya. Jadikan hadiah tersebut hadiah yang pribadi, tidak ada orang lain yang perlu mengetahui hadiah tersebut, dan biarlah hadiah tersebut berupa sebuah pengorbanan. Daud berkata dalam 2 Samuel 24 bahwa ia tidak mau mempersembahkan korban kepada Tuhan dengan tidak membayar apa-apa.

Mungkin hadiahmu untuk Tuhan dapat berupa mengampuni seseorang yang seharusnya kamu ampuni sejak dulu. Kamu akan menemukan bahwa hadiah yang kamu berikan akan diberikan kembali kepadamu.

Mungkin hadiahmu dapat berupa komitmen untuk meluangkan waktu berjalan bersama Allah setiap hari. Atau mungkin ada hal yang Tuhan minta supaya kamu lepaskan. Jadikan ini hadiah yang paling penting yang kamu berikan.

2. Luangkan waktu untuk membaca atau mendengarkan cerita Natal.
Bacalah cerita Natal dari Matius 1:18-25; 2:1-12; dan Lukas 1:26-38;
2:1-20 dengan keluarga Anda, dan diskusikanlah cerita tersebut bersama-sama. Mulai dari kisah pemberitahuan malaikat kepada Zakharia,
Elisabet, Maria, dan Yusuf, perjalanan ke Bethlehem, kelahiran Yesus, kunjungan para gembala, bayi Yesus dibawa ke Bait Allah, kunjungan para Majus, pelarian ke Mesir, hingga kembali dari Mesir.

3. Pasanglah dekorasi kelahiran Yesus di rumahmu.
Anda dapat dengan mudah mencari bahan-bahan kerajinan tangan bertema kelahiran Yesus di internet, seperti berikut ini:
* http://biblekidsfunzone.com/themes/adnativity1.html
* http://familyfun.go.com/crafts/away-in-a-manger-homemade-creche-
668113/
* http://www.squidoo.com/nativity-crafts

4. Rencanakan sebuah proyek sosial untuk Natal kali ini.
Beberapa tahun yang lalu, kami "mengadopsi" seorang ibu yang sudah ditinggal suaminya. Teman saya tersebut kondisinya sangat kekurangan dan tidak dapat membelikan hadiah untuk anaknya yang masih kecil.
Bersama-sama dengan keluarga suami saya, kami membelikan hadiah untuk mereka berdua, dan menggantikan mesin cuci mereka yang rusak pada minggu Natal. Apakah kamu memiliki tetangga yang sudah tua yang rumahnya perlu diperbaiki? Carilah seseorang yang benar-benar membutuhkan bantuan, libatkan seluruh keluarga Anda, dan lihatlah betapa bahagianya orang tersebut pada Natal kali ini.

5. Menyanyikan lagu-lagu Natal di rumah jompo atau rumah sakit anak-anak.
Suatu kali, teman-teman sekantor saya sepakat untuk menyanyikan lagu-lagu Natal di sebuah panti jompo di dekat tempat kami. Kami kemudian melakukan tur keliling panti jompo dari kamar ke kamar sambil menyanyikan lagu-lagu Natal. Itu adalah perayaan Natal staf kantor yang terindah yang pernah saya lakukan.

6. Berikan hadiah kejutan berupa pelayanan kepada setiap anggota keluargamu.
Maksudnya adalah untuk menunjukkan kasih dan pelayanan Kristus. Kamu dapat memijat anggota keluargamu, melakukan tugas saudaramu, membersihkan rumah yang biasanya dilakukan ibumu. Buatlah pelayanan itu sesuatu yang bersifat pribadi dan berarti, dan perhatikanlah berkatnya yang melimpah.

7. Luangkan waktu untuk merenung bersama keluarga pada malam Natal atau pagi Natal.

Sebelum membuka kado Natal, luangkan waktu beberapa menit untuk berkumpul bersama sekeluarga untuk berdoa dan bersaat teduh. Bacalah beberapa ayat Alkitab dan diskusikan bersama keluarga Anda makna Natal yang sesungguhnya.

8. Hadirilah kebaktian Natal bersama dengan keluargamu.
Jika Anda sendirian pada Natal tahun ini, atau tidak punya keluarga yang tinggal dekat dengan Anda, undanglah teman atau tetangga Anda untuk bergabung bersama dengan Anda.

9. Kirimkan kartu Natal yang berisi pesan spiritual.
Ini adalah cara mudah untuk membagikan iman Anda pada waktu Natal.
Jika Anda telah memberi kartu Natal, tulislah ayat Alkitab dan pesan pribadi Anda di setiap kartu Natal yang akan Anda kirimkan.

10. Tuliskan sebuah kartu Natal kepada seorang misionaris.
Banyak misionaris yang tidak dapat pulang pada hari Natal, jadi kadang-kadang pada hari Natal mereka dapat merasa kesepian. Tuliskan surat Natal istimewa kepada misionaris pilihanmu, ucapkan terima kasih karena mereka telah mendedikasikan hidup mereka untuk melayani Tuhan.
Percayalah, hal itu akan sangat berarti bagi mereka, lebih dari yang dapat kamu bayangkan! (tKusuma Negara)

Diterjemahkan dan disunting dari:
Nama situs: About.com Christianity
Alamat URL: http://christianity.about.com/od/holidaytips/p/keepchristmas.htm
Judul asli artikel: 10 Ways to Keep Christ in Christmas
Penulis: Mary Fairchild
Tanggal akses: 8 November 2012


Kontak: < icw(at)sabda.org >
Redaksi: Gunung Yudi Pamungkas, Kusuma Negara, dan Santi Titik Lestari
Kontributor: Lukas Tjipto Nuryadi
Tim Editor: Davida Welni Dana, Novita Yuniarti, dan Santi Titik
Lestari
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579 a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/icw >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org