Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383


================= ICW - Indonesian Christian Webwatch ================

Volume: 14/2012/Edisi 1202
Topik: Situs Khotbah Kristen (I)

DAFTAR ISI
JELAJAH NUSANTARA 1: KUMPULAN KHOTBAH
JELAJAH NUSANTARA 2: TOP RENUNGAN
JELAJAH MANCA: SERMON CENTRAL
LACAK BLOG: EDUKASI KRISTEN
ARTIKEL: PELAYANAN MOBILE
STOP PRESS: INTERNATIONAL DAY OF PRAYER FOR THE PERSECUTED CHURCH
(IDOP)

Shalom,

Setiap hari Minggu, orang Kristen bisa mendengarkan khotbah di gereja.
Namun, tidak menutup kemungkinan, dan memang masih banyak orang
Kristen yang tetap mencari bahan-bahan khotbah selain yang telah mereka terima di gerejanya masing-masing. Salah satu cara untuk mendapatkan bahan-bahan khotbah yang lain adalah melalui situs-situs kumpulan khotbah.

ICW edisi pertama bulan Oktober ini menghadirkan informasi mengenai situs-situs tersebut. Simak saja ulasan tentang situs Kumpulan
Khotbah, Renungan.CO, SermonCentral.Comm, dan Blog Edukasi Kristen.
Jangan lewatkan pula sebuah artikel menarik mengenai pelayanan mobile yang dapat mulai dikembangkan di gereja. Selamat menyimak, kiranya menjadi berkat bagi Pembaca ICW semua. Tuhan memberkati.

Pemimpin Redaksi ICW,
Gunung Yudi Pamungkas
< gunung(at)in-christ.net >
< http://icw.sabda.org >

JELAJAH NUSANTARA 1: KUMPULAN KHOTBAH

Situs ini merupakan salah satu bentuk pelayanan yang dilakukan oleh
PAV. Seperti namanya, tentunya situs ini berisi kumpulan khotbah. Di samping khotbah, ada juga ratusan artikel dengan tema yang beragam.
Situs ini menyediakan banyak sekali animasi dan gambar-gambar yang menarik untuk ilustrasi khotbah. Situs ini juga memiliki beberapa video, sayangnya fitur video ini tampaknya kurang diperhatikan terlihat dari minimnya video yang ada. Fitur video ini dapat diakses melalui menu yang bernama "Youtube". Nama yang dipilih sebenarnya kurang cocok karena "YouTube" merupakan nama sebuah situs video.

Untuk dapat mendengarkan khotbah secara lengkap, pengunjung harus mendaftarkan diri menjadi "member" dan membayar sejumlah uang sesuai dengan paket yang dipilih. Bila tidak menjadi "member", kita hanya dapat mendengar cuplikan khotbah yang rata-rata berdurasi 3 menit.
Kita dapat melihat foto hamba Tuhan yang khotbahnya sedang kita dengarkan melalui menu "Hamba Tuhan". Melalui menu ini juga, kita dapat mencari khotbah berdasarkan nama hamba Tuhan yang ada.

Situs ini juga memiliki akun Facebook dan Twitter yang digunakan sebagai media promosi. Admin kedua jejaring sosial tersebut akan menginformasikan khotbah yang baru diposting melalui wall post atau tweet. Hingga tulisan ini dibuat, ada 1506 orang yang bergabung di akun Facebook yang beralamat di www.facebook.com/kumpulan.kotbah.
Sedangkan pada akun Twitter, @kumpulankotbah memiliki 373 pengikut.
(RL)

==> http://www.kumpulankotbah.com/directory/index.html
Tanggal akses: 24 Juli 2012

JELAJAH NUSANTARA 2: TOP RENUNGAN

Situs Renungan.Co merupakan situs yang menyediakan berbagai informasi dan bahan renungan yang sangat lengkap dan bermanfaat bagi umat
Kristen. Melalui situs ini, kita dapat mengakses bahan-bahan renungan berkualitas untuk saat teduh dan pelayanan firman dalam persekutuan.
Bahan-bahan yang disajikan mencakup semua kalangan mulai dari kalangan dewasa, pemuda/remaja, dan anak-anak. Situs ini lebih tepatnya berfungsi sebagai "gudangnya" referensi bahan-bahan renungan di dunia maya. Ketika kita berkunjung ke situs ini, kita akan dibawa kepada puluhan situs yang berisi bahan-bahan renungan, di antaranya situs arsip e-Renungan Harian dan e-Santapan Harian. Situs yang dibuat oleh
Yayasan Lembaga SABDA ini memiliki struktur dan navigasi yang sangat baik, sehingga dengan mudahnya kita dapat mencari situs blog penyedia bahan renungan, mencari informasi tentang penerbit-penerbit renungan di Indonesia, komunitas renungan, Facebook renungan yang berisi beberapa aplikasi kekristenan, dan bahan-bahan renungan, sehingga kita tidak kesulitan untuk mencari bahan yang kita inginkan.

Fasilitas lain yang dapat ditemukan dalam situs ini adalah fasilitas pencarian untuk Alkitab SABDA dan Kamus SABDA yang akan memudahkan kita dalam melakukan renungan maupun mempersiapkan pelayanan. Perlu diketahui bahwa situs ini tidak memiliki bahan sendiri karena fungsi dari Renungan.Co hanya menjadi media untuk kita dapat terhubung dengan situs-situs Kristen lain, yang mungkin akan sangat menolong kita.
Selamat berkunjung, Tuhan Yesus memberkati. (DKM)

==> http://renungan.co/
Tanggal akses: 20 Agustus 2012

JELAJAH MANCA: SERMON CENTRAL

SermonCentral.com merupakan situs kumpulan khotbah yang cukup lengkap.
Ada lebih dari 120.000 bahan maupun outline khotbah yang bisa Anda akses melalui situs ini. Topik-topik khotbah yang tersedia bervariasi, seperti aborsi, remaja, iman, penyembahan, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya topik ini, diharapkan pengunjung website dapat dengan mudah mencari sumber khotbah sesuai kebutuhannya. Seluruh bahan dalam situs ini dapat diakses melalui menu All Resources, Sermons, Illustrations,
Video, Powerpoints, dan Online Bible. Ketika Anda masuk ke salah satu menu tersebut, akan muncul fasilitas pencarian untuk masing-masing menu yang sangat memudahkan Anda untuk menemukan bahan yang Anda butuhkan. Anda juga dapat mencari bahan khotbah berdasarkan nama
Alkitab, topik yang tersedia, dan berdasarkan tanggal posting khotbah.

Khotbah yang disediakan dalam situs ini tersedia dalam bentuk naskah lengkap maupun outline, yang dilengkapi dengan kurang lebih 42.000 ilustrasi khotbah dari berbagai kategori. Anda dapat mendownload video ilustrasi secara gratis selama "trial" 15 hari. Sampai dengan ulasan ini diturunkan, situs SermonCentral.com memiliki 6.459 kontributor dan
Anda bisa menjadi salah satu kontributor di website ini melalui panel
Contributor dalam bagian "become a contributor". Anda tertarik mengunjungi situs ini? Silakan akses pranala berikut ini. (YCN)

=> http://www.sermoncentral.com/
Tanggal akses: 21 Agustus 2012

LACAK BLOG: EDUKASI KRISTEN

Blog Edukasi Kristen menyajikan kumpulan renungan dan khotbah dan materi khotbah Kristen. Ada juga bahan-bahan rohani Kristen dalam bentuk audio, video, artikel, dan gambar. Pada halaman utama Anda akan menemukan berbagai kategori bahan, seperti kumpulan renungan Kristen, kumpulan arti nama Kristen, kata-kata motivasi Kristen, dan juga kumpulan lagu-lagu Kristen. Blog ini masih cukup update dilihat dari arsip blog yang diposting pada tahun 2012. Namun, ada beberapa kekurangan dari blog ini, di antaranya adalah tidak adanya deskripsi tentang kami, alamat kontak, FAQ, dan ada beberapa navigasi yang dapat membingungkan pengunjung. Beberapa kategori berjudul "kumpulan", namun ternyata isinya bukan kumpulan karena berisi satu atau dua bahan saja.
Pada dasarnya, bahan-bahan yang disajikan cukup informatif dan update karena blog ini juga terintegrasi dengan sumber-sumber lain. Jadi, bahan-bahan yang disajikan juga berasal dari berbagai sumber.

Terlepas dari segala kelebihan dan kekurangannya, blog ini cukup bagus untuk dikunjungi. Blog ini menyediakan bahan-bahan untuk renungan maupun khotbah dalam bentuk artikel, audio, maupun video. Secara keseluruhan, blog ini cukup menarik perhatian bagi setiap orang yang mengunjunginya. Selamat berkunjung di blog Edukasi Kristen --
Pendidikan dan Renungan Kristen. (JS)

==> http://edukasikristen.blogspot.com/
Tanggal akses: 26 September 2012

* Catatan Redaksi: Karena dunia internet adalah dunia dinamis yang terus-menerus berubah, informasi ulasan situs, blog, forum, milis, dan
Facebook di ICW adalah akurat sesuai dengan yang kami lihat pada saat kami menuliskan ulasannya.

ARTIKEL: PELAYANAN MOBILE

Tim Jore, Direktur Eksekutif "Distant Shores Media", memiliki latar belakang sebagai peneliti linguistik dan penerjemahan Alkitab.
Beberapa tahun yang lalu, beliau beserta istrinya pernah tinggal di negara yang teknologinya belum maju (namun sekarang sudah dibanjiri dengan ponsel). Ketika Tim Jore pindah pelayanan ke Asia Tenggara, dia dikagetkan dengan banyaknya orang yang memiliki ponsel. Bukan hanya ponsel-ponsel biasa, tetapi cukup banyak yang memiliki ponsel yang canggih, yang bisa menyimpan data dan memutar audio maupun video. Dari pengalaman ini, Tuhan menyadarkannya bahwa ponsel telah membuka peluang terbesar bagi kemajuan Injil sejak zaman percetakan
Guttenberg. Dengan pimpinan Tuhan, Tim Jore mulai mengalihkan pelayanannya untuk menggunakan ponsel sebagai alat bagi kemajuan pelayanan Tuhan di gereja-gereja yang dia layani.

Ponsel adalah "teknologi pribumi" yang telah menyebar ke seluruh dunia, artinya bahwa ponsel telah menjadi "milik" hampir semua budaya yang ada di dunia ini. Memiliki ponsel merupakan kebutuhan yang didorong oleh usaha mandiri -- mereka membeli dengan uang mereka sendiri, memperbaikinya sendiri jika ponselnya hilang atau rusak, dan membeli lagi yang baru jika mereka sendiri menginginkannya.
Fakta-fakta ini yang membuat Tim Jore melihat bahwa ponsel akan menjadi alat pelayanan yang efektif. Namun demikian, ada 2 hambatan utama yang ditemui untuk menerapkan pelayanan mobile yang efektif ini.
Pertama, hanya ada sedikit pengembang ponsel yang mau berfokus pada misi. Kedua, kurangnya kesadaran orang Kristen terhadap potensi ponsel bagi pelayanan.

Tim Jore sangat mendorong orang-orang yang tergerak dalam pengembangan pelayanan di bidang `mobile` untuk terus mempelajari HTML5, CSS3,
Javascript karena banyak telepon canggih yang akan memakai teknologi tersebut. Bahkan, telepon yang tidak canggih pun akan memakai teknologi tersebut. Salah satu pelajaran penting yang didapatkan Tim
Jore ketika bergerak dalam pelayanan `mobile` adalah "masa depan gereja global masih terbuka lebar". Namun sejalan bergeraknya pelayanan `mobile`, Tim Jore baru menyadari bahwa masalah hak cipta ternyata menjadi penghambat dalam pengembangan pelayanan mobile. Tim
Jore harus mengganti total sebuah proyek utamanya pelayanan
`mobile`nya karena tidak mendapatkan izin untuk menggunakan sumber bahan yang diinginkan, atau mengaplikasikan hak cipta tersebut untuk diterjemahkan ke ribuan bahasa lain yang dapat menjangkau ratusan juta konsumen. Kesadaran tersebut memotivasinya untuk meluncurkan proyek
Door43 (http://door43.org/), dengan motto: "Sumber bahan pemuridan yang tak terbatas, untuk semua bahasa, untuk semua ponsel".

Tim Jore sangat rindu melihat gereja saling melayani satu dengan lain terutama dalam bidang `mobile`. Ada kesempatan besar untuk membuat software pelayanan `mobile` secara `opensource`, yang memungkinkan orang lain untuk belajar dan menggunakan bahan-bahan yang telah tersedia tanpa hambatan. Tim Jore mengingatkan bahwa pelayanan bukanlah sebuah kompetisi untuk merebut pangsa pasar, tetapi sebuah kompetisi antara Gereja dan musuhnya (iblis) yang akan menghalangi penyebaran Injil. Seperti yang tertulis dalam 1 Korintus 9:12, "kami menanggung segala sesuatu, supaya jangan kami mengadakan rintangan bagi pemberitaan Injil Kristus". Jika kita bekerja bersama-sama, maka kita akan melihat kemajuan pelayanan yang luar biasa bagi Kerajaan
Allah.

Diambil dan disunting dari:
Nama situs: Mobile Advance
Alamat URL: http://www.mobileadvance.org/blog/
112-ten-questions-for-tim-jore-of-distant-shores-media
Judul asli artikel: Ten Questions for Tim Jore of Distant Shores Media
Penulis artikel:
Tanggal akses: 1 September 2012

STOP PRESS: INTERNATIONAL DAY OF PRAYER FOR THE
PERSECUTED CHURCH (IDOP)

Pada bulan kegiatan IDOP, gereja-gereja dan umat Kristen di seluruh dunia berdoa bersama bagi gereja Tuhan yang teraniaya. Tahun ini, kegiatan IDOP akan dilaksanakan secara serempak pada bulan November
2012.

Kami mengajak Anda, para gembala sidang, pengajar, pemimpin, kaum muda, pendoa syafaat, dan semua orang percaya untuk dapat bergabung dalam acara doa bersama ini. Informasi lebih lanjut tentang acara
IDOP, bisa dilihat di < www.persecutedchurch.org >.

Kontak: < icw(at)sabda.org >
Redaksi: Gunung Yudi Pamungkas, Kusuma Negara, Jonathan Maryadi,
dan Santi Titik Lestari
Kontributor: Raymond L, Doni Kukuh Manadiri, Jonathan Sigit, dan
Yusak Charisma Nugraha
Tim Editor: Davida Welni Dana, Novita Yuniarti, dan Santi Titik Lestari
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579 a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/icw >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org