Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383


================= ICW - Indonesian Christian Webwatch ================

Volume: 14/2012/Edisi 1196
Topik: Situs Majalah Kristen (I)

DAFTAR ISI
JELAJAH NUSANTARA: TABLOID REFORMATA ONLINE
JELAJAH MANCA: CHRISTIAN ONLINE MAGAZINE
LACAK FACEBOOK: MAJALAH PEMUDA KRISTEN KINGDOM
ARTIKEL: PUBLIKASI ELEKTRONIK YLSA
STOP PRESS: BERGABUNGLAH DALAM KELAS DASAR-DASAR IMAN KRISTEN (DIK)!

Shalom,

Majalah bisa diartikan sebagai terbitan berkala, yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topik aktual yang patut diketahui pembaca. Majalah bisa dibedakan berdasarkan waktu penerbitannya dan bisa juga dibedakan menurut pengkhususan isinya.
Salah satu jenis majalah yang dibedakan menurut pengkhususan isinya, yaitu majalah Kristen. Majalah ini khusus berisi tentang bahan-bahan kekristenan.

Tema yang diusung oleh ICW pada bulan Juli adalah "Majalah Kristen", khususnya majalah Kristen online. Anda bisa menyimak ulasan situs
Tabloid Reformata Online di kolom Jelajah Nusantara, ulasan situs
Christian Online Magazine di kolom Jelajah Manca, dan di kolom Lacak
Facebook kami menyajikan majalah "Pemuda Kristen Kingdom". Kami juga menyajikan artikel yang menarik mengenai Publikasi Elektronik YLSA.
Semoga Anda diberkati melalui sajian kami dalam edisi ini. Selamat berselancar.

Pemimpin Redaksi ICW,
Gunung Yudi Pamungkas
< gunung(at)in-christ.net >
< http://icw.sabda.org >

JELAJAH NUSANTARA: TABLOID REFORMATA ONLINE

Situs Tabloid Reformata merupakan situs tabloid kristiani online, yang bertujuan untuk menjadi corong suara Kristen dalam mencermati, mengkritisi, dan memotivasi umat, dalam karsa dan karya, berbangsa dan bernegara.

Situs yang selalu diupdate ini memiliki menu-menu yang bisa membantu para pengunjung untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Kekayaan informasi situs ini bisa dilihat dari menu-menu utamanya.
Berita-berita terkini seputar masalah sosial, politik, kehidupan gerejawi dan umat dalam sudut pandang kristiani, bisa diakses dalam menu "News" atau menu "Headline". Selain itu, pengunjung juga bisa mendengar banyak audio khotbah maupun pelajaran rohani dalam menu
Audio. Beberapa tayangan visual, yang terdiri dari kategori Diskusi,
Moment, Seminar, Khotbah Seri, dsb., bisa dilihat dalam menu Video.
Yang menarik, Tabloid Reformata juga memiliki radio maupun televisi streaming. Semuanya bisa diakses melalui menu Radio dan menu RVS-TV.
Semua arsip Tabloid Reformata pun secara lengkap bisa Anda akses melalui menu "EPAPER".

Situs ini menggunakan Bahasa Indonesia, tetapi pengunjung bisa mengganti dengan bahasa yang mereka inginkan dengan menggunakan fasilitas Google translate. Website ini juga terhubung dengan jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook Tabloid Reformata, yang merupakan komunitas dari tabloid tersebut. Selain itu, pengunjung juga disediakan fasilitas untuk terhubung dengan akun Reformata Channel yang ada di situs Youtube, sehingga pengunjung bisa melihat rekaman-rekaman dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Tabloid
Reformata ini.

Situs ini merupakan situs yang ditangani dan dipelihara dengan baik.
Terlihat dari update bahan yang selalu baru dan arsip bahan yang sangat mudah dicari. Secara keseluruhan, situs ini cukup lengkap dalam hal kompetensi sebagai tabloid kristiani online. Jika Anda ingin membaca berita-berita segar dan informasi-informasi seputar kehidupan masyarakat Kristen di Indonesia dan luar negeri, silakan kunjungi situs ini. (JS/GYP)

==> http://reformata.com/page_front
Tanggal akses: 15 Juni 2012

JELAJAH MANCA: THE CHRISTIAN ONLINE MAGAZINE.COM

Salah satu dari sekian banyak majalah Kristen online yang ada di internet adalah The Christian Online Magazine.com, terbitan Darlene
Osborne Publisher. Majalah online ini memuat berbagai artikel kekristenan yang membahas berbagai bidang kehidupan.

Kata "majalah" lebih sering mengarahkan pemikiran seseorang pada
"kertas bergambar dengan sedikit tulisan daripada sebaliknya". Namun saat mengunjungi website ini, terlihat bahwa situs ini dominan dengan teks, yang cukup memberikan gambaran kekayaan bahan di dalamnya.
Bahan-bahan dalam situs ini dibagi ke dalam beberapa topik seperti
Apologetika, Iman, Kehidupan Kristen, dan juga puisi serta prosa
Kristen. Anda tinggal mengeklik setiap judul artikel untuk membaca bahannya lebih jauh.

Untuk "berkomunikasi" dengan para pengunjungnya, website ini menyediakan beberapa menu interaksi. Selain sudah dilengkapi dengan link jejaring sosial Facebook, juga terdapat pilihan menu yang memungkinkan pengunjung berpartisipasi. Menu-menu tersebut antara lain: Subscribe To Our Magazine untuk berlangganan artikel, Submit An
Article untuk Anda yang ingin menyumbangkan artikel, dan Media Kit bagi Anda yang ingin mempromosikan bahan-bahan pelayanan.

Banyaknya artikel dan informasi membuat web ini bermanfaat bagi para pengajar di gereja, termasuk guru-guru sekolah minggu. Berbagai bahan mengajar dalam bentuk video dapat diperoleh melalui situs ini.

Untuk mendapatkan bahan-bahan mengajar bagi anak maupun remaja, Anda bisa mengaksesnya dalam menu YouTube Videos by Youth on the Rock.
Dalam halaman tersebut terdapat tautan ke beberapa video-video kekristenan. (BSM)

==> http://www.christianonlinemagazine.com/
Tanggal akses: 12 Juni 2012

LACAK FACEBOOK: MAJALAH PEMUDA KRISTEN KINGDOM

Halaman Facebook (page) memiliki fasilitas yang sangat membantu dalam memasarkan produk jika dapat memanfaatkannya dengan baik. Salah satu keunggulannya adalah mampu menyebarkan informasi secara cepat ke penggemar halaman Facebook seperti di grup Facebook Kingdom Majalah
Pemuda Kristen. Tujuan dibuatnya halaman ini adalah sebagai media info publikasi majalah Kingdom terbaru. Tidak ada keterangan kapan komunitas ini mulai bergabung dengan Facebook. Selain itu, tidak ada topik yang kita dapatkan dalam halaman ini yang bisa ditemui. Hal yang tampak adalah arsip edisi penerbitan mulai Juni 2009 sampai Mei 2002 yang bisa dilihat di dinding foto.

Halaman yang memiliki anggota mencapai 5.214 saat ini telah full, sehingga pengunjung tidak dapat menambah pertemanan lagi dengan komunitas ini. Sangat disayangkan pula karena sekarang halaman yang memiliki banyak anggota ini tidak terawat dengan baik. Kegiatan di dinding halaman hanya sekadar informasi dan ucapan ulang tahun yang diupdate dari beberapa penggemar. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kelanjutan majalah rohani kawula muda ini, Anda dapat mengunjungi beberapa rujukan alamat situs dan komunitas yang tersedia di dinding info grup ini. (DR)

==> http://www.facebook.com/kingdom.kristen
Tanggal akses: 12 Juni 2012

* Catatan Redaksi: Karena dunia internet adalah dunia dinamis yang terus-menerus berubah, informasi ulasan situs, blog, forum, milis, dan
Facebook di ICW adalah akurat sesuai dengan yang kami lihat pada saat kami menuliskan ulasannya.

ARTIKEL: PUBLIKASI ELEKTRONIK YLSA
Ditulis oleh: Gunung Yudi P dan Kusuma Negara

Kita semua tentu sudah tidak asing lagi dengan buku elektronik atau buku digital, yang bisa kita jumpai dalam format teks, pdf, maupun html. Buku elektronik hanyalah satu dari jenis publikasi elektronik.
Masih banyak jenis publikasi elektronik lainnya yang dapat Anda peroleh secara digital, antara lain majalah elektronik, surat kabar elektronik, jurnal elektronik, artikel elektronik, bahkan edisi ICW yang sedang Anda baca saat ini pun merupakan publikasi elektronik
("e-publication") yang diterbitkan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA).

Menerbitkan publikasi elektronik memang relatif lebih mudah dan murah dibanding penerbitan cetak, karena tidak perlu mengeluarkan biaya cetak dan distribusi, sehingga seluruh publikasi elektronik YLSA dapat diperoleh secara gratis melalui e-mail maupun melalui situs arsip publikasi YLSA (http://sabda.org/publikasi). Sejak 1998 hingga saat ini, YLSA telah menerbitkan 24 publikasi elektronik yang meliputi berbagai bidang pelayanan Kristen, 20 di antaranya masih berjalan, dengan total edisi lebih dari 15.000 edisi. Selain dari segi biaya dan kemudahan distribusi, kelebihan lain dari publikasi elektronik dibanding dengan publikasi cetak adalah dapat digandakan dengan sangat cepat dan praktis, sehingga publikasi-publikasi YLSA dapat mencapai lebih dari jumlah pelanggan resminya yang berjumlah hampir 70.000.
Sebagian atau keseluruhan publikasi YLSA banyak pula yang disebarkan ulang melalui milis-milis, disebarkan dari email ke email, ataupun ke media sosial yang lain, maupun dicetak di dalam warta gereja dan penerbitan Kristen lainnya -- belum terhitung para pengunjung situs-situs YLSA yang membaca langsung melalui web (daftar situs YLSA dapat dilihat di http://sabda.org/katalog). Kelebihan lainnya menerbitkan secara elektronik adalah dengan bantuan teknologi, isi publikasi tersebut dapat dengan mudah dicari isinya, diubah tampilannya, diperbesar hurufnya, diterjemahkan ke dalam bahasa lain, bahkan dibacakan oleh komputer.

Kini, seluruh publikasi elektronik yang diterbitkan oleh YLSA pun sudah dapat dinikmati dalam bentuk buku digital, yang disusun per tahun untuk tiap-tiap publikasi. Format yang digunakan adalah PDF karena keuntungannya antara lain adalah sifatnya yang universal dan dapat dibuka di hampir semua piranti, serta memberikan kelebihan dalam hal format siap cetak. Selain itu, terdapat fitur pencarian, daftar isi, indeks, pranala luar, dan juga multimedia. Untuk mendapatkan publikasi elektronik yang telah dibukukan tersebut, Anda hanya perlu mengunjungi situs publikasi SABDA, kemudian pilih menu "Download".
Setelah itu, akan muncul gambar buku-buku dari publikasi elektronik.
Untuk melakukan download, Anda tinggal klik kanan pada edisi yang Anda inginkan, lalu pilih "Save Link As". Sama halnya dengan publikasi elektronik YLSA, buku digital ini pun bebas dibagikan kepada orang lain maupun digunakan untuk keperluan pelayanan. Satu-satunya hal yang perlu diingat adalah bahwa setiap penggunaannya wajib untuk mencantumkan sumbernya sesuai dengan format pengutipan umum yang berlaku.

STOP PRESS: BERGABUNGLAH DALAM KELAS
DASAR-DASAR IMAN KRISTEN (DIK)!

Yayasan Lembaga SABDA melalui program PESTA (Pendidikan Elektronik
Studi Teologia Awam) < http://pesta.org > kembali membuka kelas
Dasar-Dasar Iman Kristen (DIK) untuk periode Sep/Okt 2012. Jika Anda mendaftarkan diri untuk mengikuti kelas ini, maka Anda akan mendapat modul pelajaran seputar pokok-pokok penting dasar iman Kristen, seperti Penciptaan, Manusia, Dosa, Keselamatan, dan Hidup Baru dalam
Kristus. Setelah menyelesaikan seluruh tugas tertulis dalam modul,
Anda akan masuk menjadi peserta kelas diskusi untuk belajar bersama rekan-rekan yang lain seputar dasar iman Kristen.

Segeralah mendaftar karena kelas diskusi akan dimulai pada 18
September 2012. Cara mendaftarkan diri sangat mudah. Anda tinggal mengirimkan permohonan mengikuti kelas DIK Sep/Okt 2012 ke Admin PESTA di alamat email < kusuma(at)in-christ.net >

Jika Anda ingin mendapatkan modul DIK secara online, silakan akses di:
===> < http://pesta.sabda.org/dik_sil >

Kontak: < icw(at)sabda.org >
Redaksi: Gunung Yudi Pamungkas, Maryadi, Kusuma Negara, dan
Santi Titik Lestari
Kontributor: Berlian Sri Marmadi, Desi Ryanto, dan Jonathan Sigit
Tim Editor: Davida Wenni Dana, Novita Yuniarti, dan Santi Titik Lestari
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579 a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/icw >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org