Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383


================= ICW - Indonesian Christian Webwatch ================

Volume: 14/2012/Edisi 1192
Topik: Situs Pendidikan Kristen (I)

DAFTAR ISI
JELAJAH NUSANTARA: SEKOLAH KRISTEN PELITA NUSANTARA KASIH
JELAJAH MANCA: CHRISTIAN EDUCATORS ASSOCIATION INTERNATIONAL
LACAK FACEBOOK: CINTA GURU SEKOLAH MINGGU INDONESIA
ARTIKEL: PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI DUNIA PENDIDIKAN
STOP PRESS: DAPATKAN BUNDEL BULETIN PARAKALEO!

Shalom,

Hari Pendidikan Nasional yang kita peringati setiap tanggal 2 Mei, mengingatkan kita akan jasa Ki Hadjar Dewantara yang berusaha membangkitkan semangat pendidikan melalui semboyannya: "Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani." Untuk itulah, pada bulan Mei ICW akan mengulas situs-situs yang berhubungan dengan dunia pendidikan, terutama pendidikan Kristen. Secara khusus, dalam edisi 1192, ICW akan mengulas situs Sekolah Kristen Pelita
Nusantara Kasih di kolom Jelajah Nusantara, situs Christian Educators
Association International di kolom Jelajah Manca, dan Cinta Guru
Sekolah Minggu Indonesia di kolom lacak Facebook. Selain itu, kami juga telah menyiapkan artikel pendidikan yang berhubungan dengan dunia teknologi. Kiranya sajian kami menjadi berkat bagi Anda. Selamat berselancar.

Pemimpin Redaksi ICW,
Gunung Yudi Pamungkas
< gunung(at)in-christ.net >
< http://icw.sabda.org >

JELAJAH NUSANTARA: SEKOLAH KRISTEN PELITA NUSANTARA KASIH

Situs Sekolah Kristen Pelita Nusantara Kasih (SKPNK) dibuat untuk tujuan promosi pendidikan dan pengenalan sekolah tersebut. Pertama kali masuk dalam situs ini, pengunjung disambut dengan video profil dan informasi tentang SKPNK, yang berdurasi sekitar 7 menit. Sedangkan informasi tertulis lain seputar sekolah ini ada dalam halaman Profil
Sekolah, Agenda Sekolah, Berita Terkini, Buletin. Dalam Galeri Foto, informasi berbentuk foto-foto kegiatan dapat menolong pengunjung melihat aktivitas murid maupun sekolah. Selain halaman-halaman informasi mengenai sekolah, ada pula halaman Artikel yang dapat menambah wawasan pengunjung seputar Parenting, Vitamin for Mind,
Inspirational People, dan Health.

Salah satu halaman yang menarik adalah Kesaksian. Dalam halaman ini, pengunjung akan menemukan kesaksian-kesaksian para murid SKPNK mengenai kasih Tuhan dalam hidup mereka. Sayangnya, sampai ulasan ini diturunkan, update terakhir adalah bulan Februari 2012. Begitu pula dengan halaman-halaman yang lain, terlihat bahwa situs ini tidak terlalu sering mengalami pembaruan isi (update). (JS)

==> http://www.pelitanusantarakasih.sch.id/
Tanggal akses: 27 April 2012

JELAJAH MANCA:CHRISTIAN EDUCATORS ASSOCIATION INTERNATIONAL

Christian Educators Association International (CEAI) adalah sebuah lembaga religius nonprofit, yang didirikan pada tahun 1953, bertujuan untuk mendukung para guru Kristen di Amerika dan dunia internasional untuk menjadi garam dan terang bagi anak didik mereka. Di situs berbahasa Inggris ini, pengunjung dapat mencari bahan-bahan yang berkaitan dengan dunia belajar-mengajar, mulai dari filosofi mengajar sampai dengan hal-hal praktis yang berkaitan dengan kegiatan di kelas.
Situs CEAI juga menawarkan keanggotaan berbayar, yang memungkinkan anggotanya untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas khusus anggota, seperti video-video seminar dan bahan-bahan yang tidak dapat diakses oleh pengunjung yang bukan anggota.

Jadi, jika Anda ingin menambah pengetahuan Anda mengenai dunia belajar-mengajar, tidak ada salahnya Anda mengunjungi situs Christian
Educators Association International ini. Selamat berkunjung dan belajar. Tuhan Yesus memberkati. (YSY)

==> http://www.ceai.org/
Tanggal akses: 27 April 2012

LACAK FACEBOOK: CINTA GURU SEKOLAH MINGGU INDONESIA

Cinta Guru Sekolah Minggu Indonesia adalah komunitas untuk pelayan guru-guru sekolah minggu. Dalam deskripsinya, komunitas ini melayani pelatihan, KKR, Sekolah Injil Liburan (SIL), dan pagelaran panggung boneka. Tujuan dibuatnya halaman ini adalah menjadi wadah bagi para guru sekolah minggu se-Indonesia untuk saling bersekutu dan berbagi.
Aktivitas dalam grup ini masih sedikit karena grup baru terbentuk pada
Maret 2012. Informasi yang tersedia pun masih minim. Saat mengulas halaman ini anggota penyukanya baru ada 102 orang. Jika Anda ingin mendapatkan pelatihan dan informasi yang berkaitan dengan sekolah minggu, silakan bergabung dalam halaman Facebook Cinta Guru Sekolah
Minggu Indonesia. (DR)

==> http://www.facebook.com/pages/CINTA-GURU-SEKOLAH-MINGGU-INDONESIA/
118817584565#!
Tanggal akses: 2 Mei 2012

* Catatan Redaksi: Karena dunia internet adalah dunia dinamis yang terus-menerus berubah, informasi ulasan situs, blog, forum, milis, dan
Facebook di ICW adalah akurat sesuai dengan yang kami lihat pada saat kami menuliskan ulasannya.

ARTIKEL: PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI
BAGI DUNIA PENDIDIKAN
Dirangkum oleh: Gunung Yudi Pamungkas

Perkembangan Teknologi Informasi dalam dunia pendidikan mendapat dampak yang positif. Dengan berkembangnya Teknologi Informasi, dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Ada perubahan-perubahan cara mengajar yang berkembang dalam dunia pendidikan. Sekarang ini, jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk transfer ilmu pengetahuan. Banyak software dan aplikasi yang dibuat untuk memfasilitasi dalam transfer pengetahuan ini.

Salah satu media yang sangat berperan untuk menyebarkan informasi pendidikan terbaru dalam dunia pendidikan adalah internet. Hal ini akan membuat setiap pengajar dapat mengikuti perkembangan atau informasi terbaru di dunia pendidikan yang mereka tekuni. Selain informasi terbaru, keberadaan internet juga memberikan dampak kemajuan di dunia pendidikan. Kemajuan yang dimaksud dalam hal ini adalah sebuah perubahan dari situasi awal menuju situasi baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Seorang yang berkecimpung di dunia pendidikan seharusnya melakukan inovasi dan pembaruan. Inovasi diperlukan bukan hanya untuk kepentingan siswa, sehingga para siswa merasa senang dengan pelajaran yang mereka ikuti, namun juga untuk para pengajar, sehingga para pengajar bisa menambah pengetahuan untuk lebih mematangkan pengalaman, juga meringankan kejenuhan dalam pengajaran.

Penggunaan internet untuk dunia pendidikan memunyai dampak yang positif dan negatif. Dampak positifnya, yaitu:

1. Informasi yang dibutuhkan semakin cepat dan mudah diakses untuk kepentingan pendidikan.

2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-book atau e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.

3. Kemajuan Teknologi dan Informasi juga memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference, yang tidak mengharuskan pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.

4. Sistem administrasi lebih mudah dan lancar karena penerapan Sistem
Teknologi Informasi.

Selain memunyai dampak positif, Teknologi Informasi juga memiliki dampak negatif di antaranya:

1. Mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan
Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya orang dalam mengakses data, sehingga menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.

2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah sistem tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.

3. Mengakibatkan orang untuk berpikir pendek dan bertahan konsentrasi dalam waktu yang singkat, karena tergantung pada alat yang digunakan.

Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi, dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan, perkembangan teknologi informasi memunyai dampak yang positif, karena dengan berkembangnya teknologi informasi, dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Meskipun demikian, kita juga harus tetap memikirkan dampak negatif dari perkembangan
Teknologi Informasi tersebut.

Dirangkum dari:
1. Yahya, Dede. "Perkembangan TIK di bidang Pendidikan Indonesia".
Dalam http://www.dedeyahya.com/2011/10/perkembangan-tik-di-bidang-pendidikan.html
2. Ahira, Anne. "Inovasi Teknologi Informasi di Dunia Pendidikan".
Dalam http://www.anneahira.com/teknologi-informasi-6880.htm

STOP PRESS: DAPATKAN BUNDEL BULETIN PARAKALEO!

Buletin Parakaleo berisi tulisan-tulisan dari penulis dan konselor
Kristen yang telah berpengalaman dalam bidangnya, seperti Yakub
Susabda, Esther Susabda, Paul Gunadi, dan Paul Soetopo. Buletin
Parakaleo ini diterbitkan oleh Departemen Konseling Sekolah Tinggi
Teologi Reformed Injili Indonesia sejak tahun 1984 hingga tahun 2007
[buletin ini sekarang sudah tidak terbit lagi]. Saat ini tersedia bundel Buletin Parakaleo yang berisi 56 edisi (lengkap).

Jika Anda berminat untuk mendapatkan bundel buletin Parakaleo ini, silakan mengisi form pemesanan di bawah ini. Pesanan Bundel Parakaleo akan dikirim lewat pos ke alamat pemesan (mohon tulis alamat yang lengkap).

Sebagai ganti biaya cetak dan ongkos kirim, pemesan bisa memberikan sumbangan sukarela lewat transfer Bank:
Rekening: BCA Pasar Legi Solo
No. 0790266579 a.n. Yulia Oeniyati

----------------> potong di sini <-------------------
FORM PEMESANAN BUNDEL PARAKALEO

Nama Pemesan:
Alamat lengkap:
Kota:
Kode Pos:
No. HP:
Email:

Jumlah yang dipesan: .... bundel (masing-masing berisi 56 edisi -- lengkap)

----------------> potong di sini <-------------------

Kirimkan kembali form ini dan bukti transfer ke:
==> konsel(at)sabda.org

Atau kirimkan data Anda lewat SMS ke: 088-1297-9100

Kontak: < icw(at)sabda.org >
Redaksi: Gunung Yudi Pamungkas, Maryadi, Kusuma Negara, dan
Santi Titik Lestari
Kontributor: Yonathan Sigit, Yosua Setya Yudo, dan Desi Riyanto
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579 a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/icw >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org